3 Restoran Favorit Jokowi di Jakarta, Cocok Buat Bukber Nih!

3 Restoran Favorit Jokowi di Jakarta, Cocok Buat Bukber Nih!

selerabangsa.comJakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkenal sebagai pencinta kuliner. Dalam setiap kunjungan kerja ke berbagai daerah di Indonesia, Jokowi kerap mengunjungi rumah makan legendaris di setiap kota.

Ini bukan kebiasaan baru Presiden. Faktanya, dia sudah hobi kulineran sejak masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta pada 2012-2014.

Ada banyak restoran di Jakarta yang pernah dikunjungi Presiden dan semuanya adalah masakan khas Indonesia. Berikut ulasannya yang dirangkum CNBC Indoesia.

Rumah makan ini menyajikan kuliner khas Melayu yang memiliki kemiripan dengan masakan Padang. Menu andalan dari RM Medan Baru adalah gulai kepala kakap yang disebut-sebut sebagai gulai kakap terbaik di Jakarta.

Wajar kalau harganya pun cukup premium, yaitu Rp160 ribu untuk ukuran kecil dan Rp350 ribu untuk ukuran besar.

Selain gulai kepala kakap yang terkenal, menu andalan lain dari RM Medan Baru yang selalu dipesan Jokowi adalah burung punai goreng yang rasanya gurih, nikmat dicocol dengan sambal hijau dan sambal merah.

RM Medan Baru memiliki tiga outlet di Jakarta, yakni di Pasar Baru, Sunter, dan Kembangan Selatan.

Alamat RM Medan Baru cabang Sunter:

Jalan Griya Agung Elok Blok N 3/18 No.62, RT.2/RW.20, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Seafood 212 Wiro Sableng yang berlokasi di area Kelapa Gading ini merupakan restoran yang rajin dikunjungi Jokowi setiap kali ia blusukan di Jakarta Utara.

Menempati ruko tiga lantai, Seafood 212 Wiro Sableng mampu menampung ratusan tamu sekaligus yang duduk di meja-meja panjang. Menu andalan mereka yang jarang ada di restoran lain adalah tumis daun dewa yang sangat cocok dinikmati bersama hidangan laut lainnya.

Adapun salah satu menu favorit Jokowi di sini adalah kerang bambu lada hitam serta kepiting asap yang dibungkus daun pisang. Keduanya mantap disantap dengan nasi hangat.

Alamat Seafood 212 Wiro Sableng

Jl. Boulevard Raya Blok QA 3 No.2, RT.1/RW.6, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Restoran ini menyajikan makanan khas Manado, mulai dari bubur tinutuan, ikan cakalang rica, mie kuah cakalang, sup ikan khas Manado, bobar woku, bakwan jagung cripsy, dan beragam ikan bakar lengkap dengan cocolan sambal dabu-dabu.

Restoran Ikan Tude memiliki dua cabang di Jakarta. Salah satu yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi adalah cabang di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Restoran Ikan Tude Manado

Jl. Boulevard Raya Blok TA2 No. 31 – 32, Kelapa Gading, Jakarta Utara · Buka – Minggu (08:00 – 22:00) 021 4526561,