Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Anjing Siberian Husky atau lebih dikenal orang dengan sebutan Anjing Husky. Termasuk dalam jenis anjing ras yang tidak ganas. Ras ini lebih mirip dengan serigala. Banyak yang berasumsi kalau anjing ini adalah persilangan alami antara anjing dan juga serigala. Walau seperti serigala, anjing ini sangatlah lucu dan juga manja.

Aslinya ras ini dikembangkan oleh penduduk Chukchi di tempat Asia timur laut sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban. Tahun 1909, pertama kalinya sejumlah anjing ini dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh seluruh Alaska. Dan disanalah ketahanan tubuh dan kecepatan lari anjing dari Siberia ini dikenal banyak orang dan banyak yang tertarik untuk menjadikannya anjing peliharaannya.

Oke, sekarang ini banyak orang Indonesia yang merupakan pecinta anjing yang memelihara anjing yang lucu dan manja ini. Apakah kamu berminat untuk memeliharanya? Oke, sekarang perhatikan cara merawat anjing Husky agar tumbuh sehat, manja, dan pintar.

Cara Merawat Anjing Husky

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Sebelum membahas cara merawatnya, ada baiknya kamu tahu berbagai jenis dari anjing Husky dan juga jenis-jenisnya apa saja. Berikut ini adalah rincian harga dari setiap jenis anjing salju ini:

Spesifikasi atau Jenis Anjing Harga
Anjing Siberian Husky anakan stamboom Rp4.200.000
Anjing Siberian Husky anakan non stamboom Rp1.500.000
Anjing Siberian Husky import stamboom Rp6.000.000 – Rp7.000.000
Anjing Siberian Husky dewasa stamboom Rp5.100.000
Anjing Siberian Husky dewasa non stamboom Rp2.000.000

Kalau dipikir-pikir, memang harganya mahal. Tapi itu setimpal juga dengan anjing yang sangat cantik ini. Kamu juga mungkin bisa adopsi anjing Siberian di berbagai tempat penampungan anjing atau bertanya-tanya kepada para pecinta anjing. Mungkin mereka mempunyai kolega atau bahkan dia sendiri ingin lepas adopsi atau hibah anjing Husky miliknya.

Setelah tahu harganya, ada baiknya untuk mempelajari cara memelihara anjing Husky terlebih dahulu. Perawatannya memang rumit, tapi itu demi kebaikan dari si anjing agar tumbuh sehat dan penurut kepada majikannya.

Fasilitas

Meski anjing ini cocok untuk dijadikan peliharaan di iklim tropis seperti Indonesia, tapi anjing ini mempunyai bulu yang cukup tebal, maka dari itu, sebisa mungkin tempat tinggal kamu ada pendingin udaranya.

Terlebih lagi, anjing ini terhitung mempunyai karakteristik yang bahagia berlari dan aktif. Jadi memang ruangan rumah kamu harus luas dan juga memiliki arena bermain untuk Husky kesayangan kamu.

Makanan Anjing Husky

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Pastikan kalau kamu berikan tambahan makan yang mengandung protein tinggi serta vitamin E untuk menghindar kerontokan terhadap bulunya, pasti kamu tahu bukan kalau bulu dari anjing Husky sangatlah cantik, maka dari itu harus merawatnya dengan asupan makanan yang bergizi. Kalau masih ragu untuk membuat racikan makanannya, kamu bisa membelinya di Pet Shop yang terpercaya.

Vaksin dan vitamin

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Vaksin ini diberikan sejak usia dini, supaya si anjing terhindar berasal dari serangan berbagai penyakit yang sanggup ditularkan berasal dari bakteri dan jangkitan virus yang dapat membahayakan nyawa dari anjing Husky. Tak hanya itu saja, vaksin ini terhitung terlampau penting untuk menghindar terdapatnya kutu di bulu anjing.

Sementara untuk vitamin, ini juga sangat penting dan berikan kepada anjing salju kesayangan kamu sesering mungkin.

Untuk urusan vitamin kamu bisa datang ke dokter hewan terdekat dan terpercaya untuk mengehtahui asupan gizi apa yang sekiranya dibutuhkan oleh anjing kesayangan kamu agar tumbuh sehat.

Memandikan

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Kamu bisa memandikan sendiri anjing kesayanganmu, karena memang tidak terlalu rewel. Untuk durasi mandinya pun cukup dikerjakan satu hingga dua kali didalam sebulan. Itu sudah sangat cukup untuk memelihara tubuhnya supaya terjaga tetap bersih, sehat serta terhindar dari kutu.

Apabila kalian hendak memandikannya sendiri, maka ada lebih dari satu hal yang mesti kalian perhatikan, yaitu:

  1. Memakai sampo khusus anjing, dikarenakan bulu berasal dari anjing bakal rontok kalau menggunakan shampo sembarangan.
  2. Memakai air dingin mengalir.
  3. Untuk mengeringkan tubuh Siberian Husky gunakan handuk kering serta kemudian bantu keringkan ulang dengan hair dryer.
  4. Menyisir bulunya dengna menggunakan sisir lembut supaya bulunya tidak kusut.

Memotong Kuku Anjing Husky

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Anjing type ini sangatlah aktif, maka dari itu, kamu mesti rajin memotong kukunya. Sebab dengan memotong kuku, dapat menjadikan kamu terluka saat si anjing salju kamu ini lagi manja dengan mencakar-cakar tubuh kamu. Selain itu, memotong kuku juga dapat menambah kecantikan anjing tersebut.

Aksesoris

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Hal selanjutnya adalah memilih aksesoiris untuk makan dan minum, bahkan kandang. Ini bertujuan untuk memelihara kebersihan kandang anjing, kalau menggunakan wadah makan dan minum yang salah malah bisa mengotori kandang.

Sebab anjing type ini cukup peka terhadap suhu, cahaya, serta kebersihan lingkungan. Serta jangan lupa untuk melatih si anjing supaya miliki kebiasaan mengenal area atau teritorinya didalam lakukan aktivitasnya layaknya makan hingga buang air. .

Periksa Mata

Cara Merawat Anjing Husky Agar Sehat

Ini adalah hal yang sangat khusus jika kamu memelihara anjing dari anakan. Rupanya, anakan anjing Husky sangat sering terkena penyakit pada matanya jika perawatannya tidak benar. Sejak dini, selalu check up rutin ke dokter hewan untuk menghindari penyakit pada matanya.

Terdapat lebih dari satu keluhan penyakit mata untuk anjing salju ini, seperti:

  1. Distrofi kornea (terdapat kabut di atas kornea dan kerap dialami oleh anjing betina)
  2. Katarak (terdapat selaput di anggota lensa mata)
  3. Atrofi retina progresif (keadaan dimana mata anjing mengalami degenerasi dan bisa mengakibatkan kebutaan) 

Itu saja untuk merawat anjing Siberian Husky. Semoga bermanfaat untuk anjing kesayangan kamu dan semoga tumbuh sehat!

Baca Juga :   Kucing Persia Medium Cara Merawat dan Harganya

Leave a Comment