Cara Merawat Anjing Shih Tzu Puppies

Anjing Shih Tzu

Salah satu dari jenis anjing breeder, karakter anjing shih tzu ialah sangat lincah serta ramah terhadap manusia, dan memiliki watak periang dan bersahabat dalam interaksi sosial dengan makhluk lain. Beberapa orang sering menyebut anjing peliharaan satu ini dengan sebuatan anjing singa dikarenakan nama Shih tzu memiliki arti singa. Salah satu termasuk dari ras anjing yang paling tua, yaitu ‘toy breed’, yang berarti lebih cocok dijadikan hewan peliharaan daripada jadi anjing pemburu karena ukurannya kecil.

Sejarah Anjing Shih Tzu

Sejarah Anjing Shih Tzu

Pada zaman dulu, Shih tzu diperkirakan trah anjing yang la dan tertua dari Tiongkok dan dipelihara sebagai sahabat sekaligus pengawas bagi para biksu. Nama lain dari anjing ini ialah “Chinese Lion Dog” atau “Anjing Singa”. Bahkan sempat menjadi kepercayaan setempat jika anjing ini adalah jiwa-jiwa para biksu yang belum menggapai nirwana, inkarnasi dari dewa yang nakal, atau semacam transendensi dari hasrat orang – orang.

Memiliki nama lain Chrysanthemum Dog, shih tzu puppy merupakan salah satu dari bulu anjing yang sangat panjang, bahkan sampai menutupi kuping serta matanya. Tzu merupakan anjing yang menjadi persembahan pada masa dahulu kepada penguasa Tiongkok sebagai bentuk penghormatan.

Pasca kejatuhan dinasti Manchuria 1911, anjing shih tzu memiliki populasi yang hampir punah. Dikarenakan para manusia pada dahulu sudah merasa enggan dalam meemeliharanya karena mengingatkan pada masa kekaisaran. Fauna jenis ini melambang kekayaan, keistimewaan dan menggunakan banyak sumber daya dalam merawatnya. Dikarenakan Lady Brownrigg dan Jenderal Douglas jenis anjing ini sudah bisa anda temui pada waktu ini. pada pada 1969, American Kennel Club mengakui ras ini dan menjadi hasil keturunan ke 13 hasil kawin silang yang diimpor Inggris, Irlandia, dan negara lainnya.

Sifat Anjing Shih Tzu

Sifat Anjing Shih Tzu

Jenis fauna ini terkenal akan temperamennya yang ceria dan selalu bahagia, semangat, dan juga ramah terhadap makhluk lainnya. Shih tzu cenderung sangat rukun kepada para pemilik anjing dari segala usia dan juga kepada hewan peliharaan lainnya. Jenis hewan satu ini memiliki bulu yang panjang dan terlihat sangat manis.

Dilain sangat ceria, ras anjing ini sangat suka menggigit barang barang disekitar, dan seharunya lebih diajak bermain agar tidak mempengaruhi masalah kesehatan anjing tersebut. Dengan moncong pendek, berat badan sedikit kurus serta rambut yang panjang membuat hewan peliharaan satu ini menjadi favorit sebagai teman bermain. Suka duduk di pangkuan anda atau berjalan – jalan ditaman menjadi kegiatan favorit anjing ini.

Cara Merawat Anjing Shih Tzu

Cara Merawat Anjing Shih Tzu

Perawatan anjing Shih Tzu tidaklah susah, dan tidaklah mudah juga. Untuk perawatan kesehatan nggak terlalu ribet, akan tetapi berbeda halnya dengan perawatan bulu yang harus ada perhatian ekstra. beberapa hal yang diperlu diperhatikan juga ialah sebagai berikut :

Grooming atau Perawatan Bulu Secara Rutin

Grooming atau Perawatan Bulu Secara Rutin

Untuk menghindari dari kerontokan dan bulu yang tidak sehat, anda bisa melakukan grooming sederhana dengan menggunakan electric clipper, gunting, sisir stainless stell dengan gigi asar dan halus, wire pin brush, dll. Dan jangan lupa sisir bulu puppy setiap hari dan memandikannya satu minggu sekali. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk melakun hal tersebut, anda bisa saja membawanya ke pets shop atau ke doktor hewan untuk mengecek kesehatannya.

Selama menjelang 1 tahun, mayoritas puppy atau anak anjing Shih tzu akan mengalami ganti bulu. Sehingga jika anda melihatnya, maka akan tampak seperti kerontokan pada bulunya. Proses ini bisa berlangsung selama 3 minggu. Setelah melewati masa tersebut, maka bulunya akan lebih mudah dirawat.

Dalam merawat bulu, semua tergantung terhadap tekstur bulunya. Ada yang memerlukan perawatan harian dan ada juga yang cuma satu minggu sekali sudah cukup. Akan tetapi jika anda memiliki waktu luang sangat banyak, alangkah baiknya anda sisir setiap hari. Paling mining sehari sekali, dan jangan lupa lakukan grooming secara rutin seminggu sekali agar bulu – bulunya terjaga dengan baik dan sehat.

Untuk perawatan khusus, ikat ujung bulu Shih Tzu dengan wrapping paper agar tidak rusak karena kena pipisnya atau terinjak saat dia jalan. Akan tetapi saat melakukan wrapping, anda harus sabar serta telaten.

Sebelum memandikan anjing , pastikan sisir terlebih dahulu agar tidak kusut. Setelah memandikannya, alangkah baiknya cepat mengeringkan bulunya agar tidak menggigil. Gunakan pita lateks agar bulu anjing tidak mudah patah. Jangan lupa gunakan waslap lembab untuk membersihkan sudut matanya dan potong kukunya seminggu sekali. Lalu sikat giginya sesuai dengan pasta gigi anjuran dokter hewan kepercayaan anda.

Kesehatan Yang Selalu Dijaga

Kesehatan Yang Selalu Dijaga

Setiap anjing bisa memiliki masalh gangguan kesehatan dari turunannya. Akan lebih baik anda mencari atau membeli anjing jenis ini dengan informasi keturunan yang sehat atau mungkin anda bisa menggunakan jasa breeder yang jujur dan punya reputasi baik.

Jika breeder atau pemilik toko hewan tidak bersedia melakukan tes kesehatan, maka sebaiknya anda berpikir lagi sebelum melanjutkan transaksi. Penjual yang baik serta jujur, akan melakukan tes kesehatan dan terbuka akan informasi latar belakang atau induk sang anjing.

Berbagai macam kesehatan yang mempengaruhi anjing satu ini berupa gigi yang tidak selaras karena mulutnya terlalu kecil, matanya yang menonjol yang rawan terluka, matanya katarak, dll. Dan bebebrapa mini Shih Tzu akan mengalami proses tidak berkembang sama-sekali.

Masalah kesehatan lainnya adalah obesitas, maka jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makan hewan peliharaan anda. Sediakan nutrisi yang cukup serta biarkan teman anda sering berinteraksi. Salah satu hal yang bisa menjaga kesehatan anjing Shih Tzu satu lagi adalah dengan kegiatan maninya.

Kegiatan mandi janganlah dianggap remeh, dikarenakan memiliki bulu tebal dan panjang, maka rentan mengalami kusut hingga tumbuhnya jamur jika kebersihan bulu dan tubuhnya tidak mendapat perhatian. Anda bisa memandikan hewan peliharaan anda seminggu sekali sehingga mencegah gatal dan peradangan terhadap bulu dan kulitnya.

Kebersihhan lainnya yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatannya ialah memperhatikan kebersihan gigi. Perawatan bisa dilakukan seminggu sekali untuk menjaga kesehatan gusi dan kekuatan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel.

Selanjutnya ialah kuku, anda bisa melakukan trim nails atau potong kuku sebulan sekali supaya kuku hewan tidak tajam dan memudahkan mereka untuk beraktivitas dengan nyaman.

Makanan Kesukaan Anjing Shih Tzu Beserta Nutrisinya

Makanan Kesukaan Beserta Nutrisinya

Anjing satu ini dengan kondisi normal alangkah baiknya diberi makan sehari dua kali. Salah satu makanan kesukaan anjing Shih tzu ialah daging ayam, dading sapi, ikan, domba dan jenis sayuran tertentu. Akan tetapi untuk jatah makan  yang sudah dewasa akan lebih baik gunakan satu cangkir makanan kering dengan bahan kualitas tinggi, agar menjamin kesehatan bulu dan kebutuhan kalorinya terjamin.

Walalupun Shih tzu memiliki badan yang sangat kecil dibandingkan anjing lainnya, kebutuhan energinya sangatlah tinggi. Jadi dalam hal nutrisi harus secara lengkap terpenuhi serta bentuk kibble-nya pun menyesuaikan.

Melatih dan Berinterkasi Anjing Shih Tzu

Melatih dan Berinterkasi

Melatih jenis anjing ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih susah dibandingkan dengan jenis ras anjing kecil lainnya seperti minipom. Dan diperlukannya waktu serta kesabaran yang sangat besar agar dapat membentuk kecerdasan anjing agar mengerti perintah pemiliknya dan beberapa kepintaran dasar lainnya. Jika anda berhasil meluangkan waktu serta kesabaran maka paling tidak anda akan mendapatkan anjing dengan cara makan sesuai yang anda ajarkan, hingga beberapa keterampilan lain yang mungkin diperolehnya, seperti menjaga kebersihan dengan buang air kecil serta besar di tempat yang sudah anda tentukan.

Jika anda merasa kurang waktu serta kesabaran, alangkah baiknya beli atau rawat anjing Shih tzu yang sudah terlatih di pet shop maupun pemilik sebelumnya. Dan jangan lupa untuk selalu mengajak interaksi hewan peliharaan kesayangan anda uintuk bermain paling tidak setengah jam setiap hari untuk menyalurkan aspirasi puppy sebagai anjing yang aktif agar tidak merusak benda dalam rumah, sekaligus mencegah mereka stres walalupun waktu anda tidak banyak karena termakan oleh pekerjaan dan hal lainnya.

Timpat Tinggal

Timpat Tinggal anjing shih tzu

Tempat tinggal anjing Shih Tzu sangat cocok dengan tempat yang tidak begitu besar dan luas, anjing ini kurang cocok di luar rumah untuk waktu lama karena pengaruh suhu panas dan dingin, karena merupakan jenis ras hewan peliharaan rumahan. Sifat manja menjadi nilai tambah anjing Shih tzu serta interaksi sosial yang cukup tinggi terhadap manusia.

Harga Anjing Shih Tzu

Harga Anjing Shih Tzu

Harga anakan mini shih tzu murni di Indonesia tidaklah terlalu tinggi, sekitar 1-2 juta per anak anjing. Akan tetapi berbeda dengan anak – anak anjing yang diimport dari Thailand sekitar 2-3 juta. Akan lebih mahal lagi jika hasil importnya dari wilayah barat, sekitar 5-8 kali dari harga Shih Tzu yang lahir di Indonesia sekitar $ 1500 per anak anjing. Dikarenakan Eropa sangat menyukai jenis anjing satu ini, menyebabkan budidaya dan juga kualitas anjing yang dari Eropa memiliki kualitas dan kesehatan yang baik.

Atau jika anda tidak ingin memiliki anjing ini dengan cara membelinya, anda bisa mencari hibah dari seserorang, atau anda melakukan kawin silang anjing Shih tzu milik orang lain dengan anjing anda, dan anakannya bisa anda rawat sejak dini.

Give a Comment