Penjelasan Tentang Apa Itu Genset

Kebutuhan akan listrik saat ini memang menjadi hal yang pokok. Banyak yang bertanya tentang apa itu genset. Dimana setiap keluarga di Indonesia pasti akan membutuhkan listrik demi menjalankan aktivitas kesehariannya.

Berbicara soal listrik kita pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya generatora set atau genset ini. Ya benda pembangkit listrik ini sangat bermanfaat sekali apabila listrik dari PLN sedang padam dan menjadi listrik cadangan ke bangunan yang menggunakannya.

Di artikel ini kita akan membahas tentang genset secara lengkap seperti apa itu genset, jenis-jenis genset, dan masih banyak lagi bahasan lainnya.

Baca Juga : Tempat Sewa Genset di Beberapa Kota di Pulau Jawa

Genset Adalah

Mesin Genset atau Generator Set adalah sebuah alat pembangkit listrik yang menggunakan energi kinetik.

Pertama kali genset ini dibuat oleh seorang yang bernama Michael Faraday yang berhasil mengubah energi kinetik menjadi listrik bergerak lurus terhadap medan magnet.

Awalnya mesin genset ini dibuat hanya dengan menggunakan gulungan kawat dan besi berbentuk U.

ATS Genset

ATS genset adalah panel listirk yang berfungsi mengendalikan 2 sumber aliran listrik yang bisa ditangani secara otomatis dan aman tentunya.

Panel genset ATS ini sangat cocok digunakan di pabrik, kantor ataupun dirumah yang ingin memiliki sistem keamanan ketika perpindahan sumber aliran listrik yang utama menuju sumber listrik secara alternatif.

AVR Genset

AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator, dimana AVR berfungsi sebagai penjaga keseimbangan atau stabilitas tegangan listrik dari sebuah genset apabila terjadi beban listrik yang sering naik turun pada saat menyuplai peralatan elektronik lainnya.

SLO Genset

SLO adalah Sertifikat Laik Operasi yang digunakan untuk penggunaan genset, SLO ini ditetapkan pemerintah sebagai standarisasi kelayakan pemakaian genset.

Untuk cara mendapatkan SLO adalah sebagai berikut

  • Pembuatan gambar jaminan instalasi listrik (Jildak), jildak ini didapatkan sehabis pemasangan instalasi sudah selesai di kerjakan. Proses pembuatannya di sarankan instalasi selanjutnya gunakan oleh PT.Kontraktor yang tergabung serta terdaftar di Keanggotaan AKLI, Aklindo, atau Aklinas .
  • Namun seandainya di Mengerjakan oleh perorangan maka hubungi PT.Kontraktor tadi atau orang-orang yang tergabung didalamnya untuk jalankan Supervisi gambar jaminan instalasi listrik selanjutnya sehingga sanggup di terbitkan Gambar jaminan instalasi listrik (jildak). Setelah didapati atau dinyatakan intalasi selanjutnya cocok bersama PUIL 2000/2011 yang sesuaikan tentang tata langkah pemasangan instalasi barulah didapatkan gambar jaminan instalasi listrik ( jildak ).
  • Pendaftaran dan pembuatan Sertifikat Laik Operasi, SLO sanggup diterbitkan melalui Suatu Lembaga inspeksi teknik LIT TR layaknya SERKOLINAS, JASERINDO, JKI, Konsuil, ataupun PPILN. Dengan menyerahkan dokumen Jildak, Nama lengkap yang terdaftar (telah di daftarkan ke PLN ), No registrasi pembayaran PLN.

AMF Genset

Apa sih yang dimaksud apa itu genset ? AMF Genset Adalah panel listrik yang berfungsi untuk mengontrol sistem on atau off pada mesin generator dengan otomatis.

Apabila listrik utama telah mengalami pemutusan pada sumber dayanya dengan begitu panel kontrol menyalakan mesin genset secara otomatis.

Jiak sumber listrik utama sudah menyala kembali maka panel kontrol akan langsung otomatis mematikan mesin genset.

Umumnya panel generator set dikombinasikan dengan panel pada generator set ATS, yang biasa disebut dengan Panel ATS-AMF.

Genset 1 Phase Dan 3 Phase

  1. Generator 1 phase

Generator 1 phase ini disebut juga generator listrik fase tunggal. Alternator atau generator listrik AC satu phase ini memiliki dua kabel output yakni kabel phase dan kabel netral.

Genset 1 phase memiliki satu kumparan phase yang artinya beberapa kumparan yang terhubung secara seri.

Tegangan output atau output voltage yang dihasilkan genset AC 1 phase memiliki tegangan 220 volt.

Nilai tegangan 220 volt pada generator AC 1 phase bukan berarti bahwa netral memiliki nilai 0 volt, dan fase memiliki nilai 220 volt.

  1. Alternator 3 phase

Alternator atau Generator 3 phase mempunyai empat kabel keluaran, yakni Kabel phase 1 (Phase R) Kabel Phase 2 (Phase S),Kable Phase 3 (Phase T) dan  Kabel Nol (Netral).

Alternator atau pembangkit listrik arus bolak – balik 3 phase mempunyai 3 kumparan Phase yang membuahkan tegangan keluaran (Output voltage) 380 Volt, diukur pada phase bersama phase yang berbeda, dan tegangan keluaran 220 Volt diukur pada tidak benar satu phase bersama Netral.

Ketiga phase terhadap Alternator ini biasa diberi simbol Phase R, S, T. Dan N untuk kabel keluaran Netral.

Fungsi Genset

Fungsi genset di bagi menjadi empat berikut ini :

  • Segi ekonomi

Dalam segi ekonomi, ekonomi tentu berhubungan dengan yang namanya usaha atau bisnis. Pasti semua orang setuju bahwa genset sebagai penunjang aktivitas produksi pada saat listrik dari PLN sedang padam.

Contohnya pada pabrik konveksi yang sangat membutuhkan listrik yang besar, apabila listrik dari PLN padam maka genset akan menjadi pembangkit listrik cadangna untuk meneruskan aktivitas produksi.

  • Segi kelistrikan

Dalam segi kelistrikan, genset ini mampu merubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik.

Genset juga mampu mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan listrik yang digunakan pada sebuah bangunan.

  • Segi kebutuhan

Segi kebutuhan tentu genset ini digunakan jika dibutuhkan saja. Misalnya saja pada sebuah acara diarea terbuka atau diacara desa tentu akan membutuhkan pasokan listrik yang besar.

Maka bisa menggunakan genset dengan kapasitas daya antara 220 hingga 300 volt, semakin besar kebutuhan maka semakin besar kapasitas genset yang dibutuhkan.

  • Segi fisika

Berbicara segi fisika maka jawabannya terletak pada fungsinya yang dapat mengubah bahan bakar menjadi tegangan listrik.

Berhubungan dengan kapasitas tegangan genset yang tersedia, kitab isa menggunakan genset 1 phase dan genset 3 phase yang sudah dijelaskan diatas.

Setelah Anda jelas beberapa faedah genset yang dicermati berasal dari bermacam segi, terkecuali Anda mendambakan membelinya, tersedia beberapa hal yang wajib Anda pikirkan, seperti:

  • Daya

Ketika Anda mengidamkan belanja genset, Anda perlu menegaskan betul energi genset yang mengidamkan Anda dapatkan untuk menunjang kebutuhan. Jika Anda memerlukan alat tersebut untuk keperluan industri pastinya energi yang dipenuhi perlu minimal 10% lebih besar berasal dari energi keseluruhan yang tetap digunakan waktu produksi.

  • Bentuk

Ketika Anda membeli alat yang satu ini, akan lebih baik kalau Anda memperhitungkan bentuk yang Anda untuk mendukung kegiatan kelistrikan. Bentuk yang dimaksud disini berkaitan apakah Anda mengidamkan membeli alat alternatif penambah kekuatan yang hanya akan di tempatkan diluar atau didalam  ruangan. Karena umumnya genset yang di tempatkan didalam ruangan punyai kapasitas maupun bentuk yang lebih besar daripada genset yang di tempatkan diluar ruangan.

Leave a Comment