Bank Sumut Buka Lowongan Dirut, Minat?

Bank Sumut Buka Lowongan Dirut, Minat?

selerabangsa.com – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Utara (Sumut) atau Bank Sumut tengah mencari direktur utama baru. Hal itu sesuai dengan hasil dari rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) yang diadakan pada Jumat, (20/1/2023) lalu.

“Melakukan seleksi calon Direktur Utama PT Bank Sumut secara terbuka,” jelas Sekretaris Bank Sumut, Agus Condro Wibowo pada keterbukaan informasi yang dirilis BEI pada Rabu (25/1/2023).

Selain itu, hasil rapat lainnya adalah memberhentikan dengan hormat Direktur Utama PT Bank Sumut yaitu Rahmat Fadillah Pohan.

Diketahui, terhitung dari 4 Januari 2023, Rahmat telah mengundurkan diri dari jabatannya. Kemudian pada tanggal 5 Januari 2023, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi telah menonaktifkan Rahmat dari dari jabatannya. Tindakan ini sebagai buntut dari pemeriksaan inspektorat terhadap Rahmat.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bergabung di PT Bank Sumut, serta saya mohon maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan yang mungkin saya pernah lakukan selama bergabung di PT Bank Sumut,” kata Rahmat, dikutip dari keterbukaan informasi Selasa (17/1/2023).

Padahal masa jabatan Rahmat sebagai Dirut belum lama. Ia diangkat sebagai Direktur Utama Bank Sumut berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 10 September 2021. Rahmat menggantikan Muchammad Budi Utomo yang meninggal 15 April 2021.

Kabar nonaktif Rahmat dari jabatan dirut ini terjadi setelah perusahaan baru mengumumkan rencana penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Rencana ini merupakan kebijakan populis yang dihasilkan oleh Rahmat. Perseroan Perseroan menargetkan sebanyak 5 miliar lembar saham dengan total nilai sebesar Rp1 triliun dari IPO Bank Sumut.