Build Windows 11 22581 Sebabkan Bug Pemuatan Video

Build Windows 11 22581 Sebabkan Bug Pemuatan Video

selerabangsa.com – Build pratinjau teranyar Windows 11 telah dikirimkan ke saluran Pengembang dan Beta, yang membawa kita semakin dekat untuk mendapatkan peningkatan yang telah lama dinanti.

Namun rupanya pembaruan itu juga memiliki sebuah bug cukup serius yang harus diselesaikan. Microsoft Defender, antivirus yang dibundel dengan Windows 11, tampaknya menyebabkan bug baru yang membuat pemuatan file video jauh lebih lambat daripada sebelum adanya pembaruan.

Pengguna mengklaim bahwa masalah hanya terjadi pada Windows 11 Build 22581, dan penyebabnya adalah fitur SmartScreen yang seharusnya melindungi perangkat dari unduhan berbahaya.

Masalah ini pertama kali dilaporkan di forum Reddit, dan sementara Microsoft belum mengkonfirmasinya, beberapa pengguna lainnya telah mengkonfirmasi perilaku yang sama di perangkat mereka.

Mematikan fitur pemeriksaan otomatis untuk aplikasi dan file sepertinya mengembalikan semuanya ke normal, memungkinkan file video dimuat dengan benar tanpa waktu tunggu yang lama dan menjengkelkan.

“Sebagai pengguna yang sering mengedit file video bergiga-giga secara rutin, saya tidak tahu mengapa komputer saya seringkali hang hingga beberapa menit, setiap kali saya mencoba membuka file video besar ketika digunakan untuk membuka secara instan. Saya akan membuang Windows 11 sepenuhnya atas masalah ini sampai saya akhirnya menemukan thread ini. Jika ada cara untuk mengeksploitasi kode dalam file mp4 h264 untuk menginfeksi sistem saya dengan virus, kami memiliki masalah yang lebih besar untuk dikhawatirkan berkaitan dengan keamanan sistem operasi,” ungkap salah seorang pengguna yang mencurahkan kekecewaannya di forum Reddit.

Meskipun dari pihak Microsoft belum menyampaikan satu hal pun mengenai masalah ini, diharapkan mereka telah menyadari adanya bug tersebut, dan semoga saja, pengiriman Build berikutnya ke Windows Insider akan menyertakan prioritas perbaikan terkait masalah pemuatan video tersebut.

Versi Build Windows 11 yang baru diperkirakan akan hadir pada pekan ini di saluran Pengembang, jadi pembaruan kumulatif mungkin diperlukan untuk menyelesaikan kesalahan di saluran Beta. Jadi solusi sementara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah pemuatan video itu adalah dengan mematikan fitur SmartScreen di aplikasi Microsoft Defender.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.