Contoh CV Untuk Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik (99% DITERIMA)

Bahasan kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana contoh CV untuk digunakan melamar kerja yang mungkin bisa membantu kamu membuat CV yang lebih menarik dan pasti diterima.

Berbicara soal contoh CV tentu kamu akan membutuhkan referensi untuk melamar kerja, melamar organisasi atau keperluan lainnya.

Buat kamu yang sudah menempuh pendidikan dan lulus maka tentu saja akan mencari kerja. Untuk melamar kerja ke perusahaan maka ada beberapa informasi yang perlu kita cantumkan di dalam CV kita seperti biodata, jenjang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki.

Sehingga CV ini menjadi sebuah berkas yang amat penting dalam melamar pekerjaan atau bisa juga disebut dengan riwayat hidup. Ibaratnya saja bahwa CV ini bisa dijadikan tiket untuk masuk kerja di perusahaan impian Anda bekerja.

Hal ini dikarenakan CV ini hal yang pertama kali mempresentasikan diri Anda di hadapan HRD yang akan melakukan wawancara. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengisi CV.

Hal Yang Harus Dicantumkan Pada CV

Setiap perusahaan atau industri pasti memiliki persyaratan tersendiri dalam merekrut para pekerjanya. Maka sebagai pelamar kamu juga harus memperhatikan apa saja yang dibutuhkan perusahan tersebut.

Walaupun persyaratan yang dibutuhkan perusahan berbeda-beda, sebuah riwayat hidup atau CV perlu dicantumkan berikut adalah hal utama yang perlu dicantumkan.

Informasi Pribadi

Seorang pelamar kerja wajib memberikan informasi pribadi kedalam Cvnya. Data diri merupakan hal yang paling penting untuk dicantumkan agar perusahaan mengetahui latar belakang Anda.

Informasi pribadi ini bisa mencantumkan data diri lengkap seperti nama lengkap, tempat/ tanggal lahir, nomor handphone, alamat email dan akun sosial media lainnya.

Juga Anda perlu memperhatikan bahwa dalam memilih alamat email atau akun sosial media harus memiliki unsur nama yang mewakili nama lengkap dan tidak perlu berbelit-belit.

Hal ini dikarenakan pihak HRD dapat memiliki penilaian tersendiri lewat alamat email atau nama akun sosial media calon pekerja.

Selain itu nomor HP juga harus dicantumkan dan yang aktif digunakan agar perusahaan dapat menghubungi Anda jika Anda diterima.

Deskripsi Singkat

Biasanya pihak HRD tidak membaca terlalu detail isi dari CV tersebut apalagi jika isinya terlalu panjang.

Maka dari itu dibutuhkan deskripsi singkat yang mengenai latar belakang dan juga kemampuan Anda, guna memberitahukan pihak HRD dalam mengetahui kemampuan dari Anda sendiri apakah memenuhi persyaratan atau tidak.

Dibagian ini para pelamar harus pandai untuk mempromosikan diri Anda. Sesuaikan dengan apa yang tertulis dengan deskripsi yang singkat dengan latar belakang perusahaan dan kriteria pekerja yang dibutuhkan pekerjaan tersebut.

Biasanya HRD perusahaan akan langsung mengecek CV secara keseluruhan apabila CV tersebut sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan perusahaan.

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

Riwayat pendidikan dan pelatihan juga perlu dicantumkan guna untuk mengetahui kualifikasi pendidikan tingkat tertentu.

Bahkan perusahaan hanya membutuhkan lulusan dari jurusan-jurusan tertentu yang akan direkrut sebagai pekerja.

Maka dari itu sangat penting untuk mencantumkan riwayat pendidikan pada CV lengkap dengan kapan Anda masuk pendidikan dan kapan Anda lulus.

Selain pendidikan terhadap sekolah maupun perguruan tinggi, terkandung pendidikan berasal dari luar atau non-formal yang berwujud pelatihan yang sekiranya terjalin dengan pekerjaan yang hendak dilamar.

Hal selanjutnya menjadi bonus penilaian berasal dari pihak HRD agar besar mungkin bakal dipanggil untuk interview.

Prestasi

Dalam masa pendidikan jika kamu menerima pencapaian atau prestasi maka hendaknya dicantumkan dalam CV untuk dijadikan sebagai nilai tambah.

Prestasi tidak mesti berasal berasal dari bidang akademik. Prestasi non-akademik terhitung mampu dicantumkan di dalam CV. Penulisan prestasi selanjutnya disempurnakan dengan keterangan tahun, model prestasi, pihak penyelenggara dan seberapa tinggi prestasi tersebut.

Pengalaman Organisasi

Untuk kamu yang baru saja lulus alias “fresh graduate” sudah pasti belum memiliki pengalaman kerja. Dalam hal ini bisa kamu ganti dengan pengalaman berorganisasi yang sudah dilalui.

Pengalaman berorganisasi ini mampu bersifat organisasi di lingkup pendidikan maupun dari luar pendidikan atau masyarakat.

Tuliskan pengalaman organisasi bersama lengkap jadi dari nama organisasi, jabatan, tahun dan tanggung jawab yang diemban selama berorganisasi.

Pengalaman yang didapat dari berorganisasi kebanyakan mampu diterapkan kala kerjasama tim dalam bekerja. Oleh karena itu, pihak HRD bakal mencari calon pekerja yang kalau mampu bekerja bersama sebagai tim bersama lihat pengalaman organisasi.

Keahlian

Kembali lagi soal persyaratan bahwa setiap perusahaan membutuhkan pelamar yang memiliki keahlian tertentu.

Misalnya saja perusahaan yang bergerak dibidang otomotif maka pelamar harus memiliki ilmu yang berhubungan dengan teknik permesinan atau otomotif.

Selain itu bagi pelamar yang memiliki kemampuan yang dibuktikan dengan sertifikasi atau pengalaman kerja dibidang yang sama akan membuat persentase diterima akan semakin tinggi. 

Pengalaman Bekerja dan Referensi

Bagi Anda yang sudah pernah bekerja di perusahaan lainnya maka Anda perlu untuk mencantumkan pengalaman kerja secara lengkap seperti nama perusahaan, posisi, tanggung jawab dan tahun bekerja.

Hal ini bisa menjadi nilai tambah yang dilihat dari pihak HRD karena perusahaan akan menganggap Anda yang sudah pernah bekerja akan bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Selain itu disaat punya pengalaman bekerja pastinya punya tanggung jawab kepada seorang atasan. Kalian sanggup mencantumkan identitas atasan selanjutnya sebagai referensi kebekerjaan kalian atau sanggup termasuk diganti bersama surat referensi atau surat pengalaman kerja yang ditandatangani oleh perusahaan dimana kalian bekerja.

Kesalahan Umum Dalam Membuat CV

Perlu diingat bahwa kesalahan dalam penulisan CV bisa mengakibatkan Anda gagal untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda impikan.;

Maka ada beberapa hal yang perlu Anda hindari dalam menulis CV berikut ini :

Jangan cantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan

Dalam mencantumkan pengalaman kerja hendaknya Anda pilih pekerjaan atau keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

Lalu jika tidak relevan maka tidak perlu dicantumkan? Tidak juga, apabila ada pekerjaan yang dapat menambah keahlian untuk diimplementasikan di pekerjaan yang kamu lamar bisa saja kamu cantumkan.

Jangan cantumkan hobi Anda 

Seringkali para pelamar mencantumkan Hobi di CV nya padahal sebenarnya hobi ini tidak menjadi hal yang penting bagi perusahaan.

Apalagi hobi Anda sama sekali tidak relevan dengan pekerjaan Anda. Maka alangkah baiknya Anda tidak cantumkan hobi di CV Anda.

Jangan berbohong 

Jika HRD melihat CV miliki Anda dengan pengalaman kerja di perusahaan yang besar dan juga pendidikan yang tinggi pasti akan membuat peluang masuk kerja akan semakin tinggi.

Namun jika Anda tidak merasa pernah bekerja di perusahaan besar atau pendidikan Anda tidak setinggi yang Anda katakan di CV alias berbohong maka Anda melakukan kesalahan yang amat fatal.

Apalagi jika Anda mencantumkan keahlian yang sebenarnya Anda tidak kuasai maka Anda akan kerepotan sendiri jika diterima oleh perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut.

Maka hendaknya jangan berbohong dalam mengisi CV ini.

Jangan bertele-tele 

Dalam membuat CV janganlah terlalu bertele-tele, buat CV Anda sebisa mungkin singkat padat dan jelas. Karena CV yang terlalu panjang akan dilewati oleh HRD yang harus melihat CV milik pelamar lainnya.

Hindari inkonsistensi format 

Dalam membuat CV, format adalah hal yang sangat penting untuk membuat CV Anda lebih menarik dan juga enak dibaca.

Misalnya Anda memilih format tertentu maka hendaknya Anda memilih format tersebut hingga akhir CV guna mempermudah pembacaan isi CV Anda.

Jangan cantumkan akun media sosial 

Jika tidak ada kaitannya dengan perusahaan Anda maka sebaiknya jangan pernah mencantumkan sosial media Anda seperti tautan blog, laman Pinterest, Instagram, atau akun media sosial Anda lainnya. 

Jika Anda perlu mencantumkan akun sosial media hendaknya pilih akun yang memang relevan dengan pekerjaan Anda. Misalnya profil LinkedIn atau tautan profesional lainnya yang relevan dan langsung mengincar posisi kerja yang Anda inginkan.

Jangan gunakan jenis huruf “jadul” 

Jangan menggunakan huruf seperti Times New Roman karena sudah dianggap jadul atau ketinggalan jaman.

Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan huruf Arial, menggunakan ukuran huruf yang bagus dan rapi agar mudah untuk dibaca.

Jangan cantumkan IPK jika… 

Jika Anda sudah lulus dari pendidikan baik itu SMA hingga kuliah, nilai ini sebenarnya tidak terlalu penting.

Maka dari itu sebaiknya nilai atau IPK ini tidak perlu Anda cantumkan, kecuali Anda memiliki nilai yang sangat baik misalnya saja IPK Anda adalah 3.8 maka boleh dicantumkan.

Contoh CV Lamaran Kerja Berdasarkan Jenis Formatnya

Curriculum Vitae atau CV merupakan tiketnya masuk kerja di sebuah perusahaan. Setiap CV atau riwayat hidup akan berperan untuk kesan pertama Anda kepada HRD atau pimpinan perusahaan tersebut.

Maka dalam pembuatannya, alangkah baiknya kamu menyesuaikan jenis dan desain CV bersama jenis pekerjaan yang dambakan kami raih. Tentu faktor visual dari CV kami juga menentukan ketertarikan dan keyakinan pimpinan perusahaan kepada kualifikasi kita.

Di sini, kita aka jabarkan jenis-jenis CV lamaran kerja berdasarkan format dan modelnya menyesuaikan jenis pekerjaan yang bakal kami lamar. Mari kami ulas satu persatu poin-poin di bawah ini.

Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana

Pada contoh CV pertama ini merupakan model CV dengan desain yang sederhana namun rapi. CV ini bisa Anda buat dengan bantuan software Microsoft Word atau program sejenisnya.

Sebenarnya dalam membuat CV yang sederhana seperti ini adalah hal yang paling umum dan juga tidak terlalu bertele-tele.

Apabila Anda ingin membuat sendiri CV seperti berikut ini maka Anda bisa langsung mengcopy paste ke MS word Anda sendiri lalu dilakukan pengeditan sesuai dengan data diri Anda.

Contoh CV 1

DATA PRIBADI :

Nama Lengkap                 : Andre Taulani

Tempat & tanggal lahir  : Jakarta, 15 Juni 1993

Alamat                                 : Kompleks Melati Permai, Blok K19, Sinduadi, Mlati, Jakarta

Jenis Kelamin                    : Laki-laki

Status Perkawinan          : Belum Menikah

Agama                                 : Islam

No. Telp                              : 08123456

Email                                     : [email protected]

Pendidikan Terakhir        : S1 Ilmu Komputer, Universitas Indonesia

RIWAYAT PENDIDIKAN:

Pendidikan Formal

SD Negeri 2         1999 – 2005

MTs Negeri Jakarta         2005 – 2008

MA Negeri Jakarta          2008 – 2011

Universitas Indonesia        2011 – 2015

Pendidikan Informal

Kursus Komputer, Jakarta        2015

Kursus Bahasa Inggris, Jakarta  2015

PENGALAMAN KERJA:

2015-2018 : Bekerja di PT. Sari Dewi, Jakarta, Sebagai Teknisi Komputer

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan semestinya. Jika apa yang saya tulis di atas terbukti tidak benar, saya siap bertanggung jawab sepenuhnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Jakarta, 17 Februari 2020

Andre Taulani

Contoh CV 2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Baca Juga :   Contoh Proposal Penelitian Beserta Penjelasan Untuk Berbagai Topik

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Andre Taulani
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 21 Maret 1993
Alamat : kindungan, RT.02 RW.09, Pasar Legi, Jakarta
No. HP : 0821 1235 5566
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email : [email protected]

Pendidikan :

  • 2003 – 2009 : SD Negeri Jakarta
  • 2009 – 2012 : SMP 3 Jakarta
  • 2012 – 2015 : SMA 5 Jakarta

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya, untuk digunakan sebagaimana mestinya, cocok dengan keadaan yang tengah terjadi.

Sleman, 21 April 2015

Hormat saya,

Andre Taulani

 

Contoh CV Lamaran Kerja Formal

Contoh CV untuk lamaran kerja formal ini memiliki ciri khas yakni rapi, bersih namun tetap profesional. 

Berbeda dengan contoh CV sederhana sebelumnya yang mana bisa Anda berikan aksen warna tanpa menghilangkan kesan formalnya.

Jenis CV ini untuk Anda yang ingin mendaftar kerja di perusahaan besar dengan jabatan non kreatif seperti manajemen, keuangan, dan administrasi.

CV Bahasa Indonesia

 

Nama : Budi Handoko
Tempat, Tanggal Lahir : Banten, 23 Mei 1992
Alamat : Perumahan Permai No. 05, Banten
No. HP : 0821 2255 5500
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal:

  • 2007 sampai dengan 2011      :  IAIN Jogja IPK 3,8
  • 2003 sampai dengan 2007      :   SMA Negeri Purwodadi;
  • 2000 sampai dengan 2003      :   SLTP Negeri  Purwodadi;
  • 1997 sampai dengan 2000      :   SD Negeri Purwodadi ;

Pendidikan Non Formal:

  • 2011 : Balatker Keahlian Komputer di Jakarta
  • 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta

Pengalaman Organisasi

  • 2005 sampai dengan 2006 : Ketua Karangtaruna Desa Purwodadi
  • 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negeri Purwodadi

Keahlian Tambahan

  • Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
  • Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing

Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

 Budi Handoko

CV Bahasa Inggris

Curriculum Vitae

Alfred Hidayat
(64)12345678
[email protected]

EDUCATION

  • Januari 2012—Sebelas Maret University

Bachelor Degree of Economics.
Major academic courses highlights: Company Property Management; Marketing; Economics; English
Technology Communication; Information Management System; Modern Fabrication System.

  • May 2010, Certified Public Accounting Training (CPA)

OCCUPATION

  • Dec 2011—-present, English Teacher at Aisyiyah ABA Baron kindergarten.
  • February 2011, Internship at PT Asri Perdana as Marketing Staff.
  • 2010—-2011, Freelance at telecom.

COMPETENCIES & INTERESTS

  • English Ability : Band 6 and the intermediate test of interpretation.
  • Germany Ability : 600 hours of German lessons in TongJi University.

Computer Skills:

  • National Computer Lever 3rd Certificate. ( Network Communication )
  • Professional Certificate of Assistant Information Officer (AIO).
  • C++, VBA, Provision, JMP, AutoCAD, 3Dsmax, Photoshop, Solidworks, Aftereffect

Personal Interests:

  • Basketball (Skills); skating (Speed); English (elegant); Snooker (Stable)

Contoh CV Lamaran Kerja Kreatif

Untuk contoh CV lamaran kerja kreatif ini memang berbeda sekali dengan contoh CV formal. Bedanya terletak didesain dari CV ini yang mengandalkan kreatifitas kamu. Kamu bisa menambahkan berbagai akses warna yang dinamis dan kreatif.

Untuk jenis CV kreatif ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif seperti desain grafis, writer, editor, fotografer, ilustrator, atau sejenisnya.

Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Yang perlu diperhatikan dalam penulisan CV lamaran kerja Bahasa Inggris adalah grammar. Karena jika memilih ejaan yang salah maka akan membuat CV menjadi tidak jelas sehingga malah menyebabkan CV Anda ditolak. Maka dari itu, sebisa mungkin jika akan menulis CV dengan menggunakan Bahasa Inggris, pelajari mendalam terlebih dahulu Bahasa Inggris secara mendalam.

Berikut ini adalah contoh CV Bahasa Inggris yang baik dan benar:

Contoh CV 1

CURRICULUM VITAE

Personal Details

Name: Truno Pambudi

Date of Birth: December, 11th, 1997

Gender: Male

Address: Kartini Street, Jepara, Indonesia (59545)

Marital Status: Single

Religion: Islam

Nationality: Indonesian

Phone: (0291)1546554

Cellphone: 0812-5465-7889

Email: [email protected]

Education Details

2000 – 2006 State Elementary School 5, Jepara

2006 – 2009 State Junior High School 1, Jepara

2009 – 2012 State Senior High School 1, Semarang

2013 – 2017 Computer Engineering Department, Universitas Teknologi Yogyakarta

GPA: 3,69 (Scale 4,00)

Predicate: Cumlaude

Job Experiences

April 2017 – June 2018 Computer Engineering at Griya Komputer, Jakarta

August 2018 – Now Programmer at Belanjaapa.com

Skills

Programming (Java, C++, Android, PHP)

Database (SQL)

Microsoft Office

English (Active)

Basic Computer Assembly (BNSP Certification)

Personality

Good attitude, kind, communicative, diligent, tolerant, target oriented, discipline, honest, and responsible. This is to state that the above information is true and provided here by me, all in good faith.

Sincerely,

Contoh CV 2

Curriculum Vitae

Jakarta, July 6, 2020

Mr. Evans

Head of Human Resource Division

  1. Star Lab

Jl. Sudirman No 564

Jakarta, 12046

 

Dear Mr. Evans,

Based on the advertising on Glints, posted on June 28, 2020 about the job as Receptionist in your hotel, I would like to volunteer to fill the position.

I have completed my undergraduate program in the field of telecommunication and tourism at Telkom University Bandung, and I believe I have the perfect skills required for the job.

I am 25 years old and have worked as a receptionist for 3 years at Hohohihe Hotel.

I can speak 3 foreign languages including English and Chinese.

In addition, I am well adapted to operate any kinds of gadgets in a hotel.

For your consideration, I have attached a curriculum vitae.

I am looking forward to the interview so I can explain my skills and abilities in person with you.

 

Baca Juga :   Tips Resetter EPSON Seri L Terbaru 2020

Best regards,

Truno Pambudi

Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Untuk lamaran kerja tulis tangan ini, tentunya harus dipikir matang-matang terlebih dahulu apa saja yang akan Anda tulis. Karena jika Anda masih bingung, Anda malah akan  memilih kosa kata yang salah.

Kertas lamaran itupun sudah tidak bisa dilanjutkan lagi alias diganti dengan kertas baru. Karena, faktor utama dari CV lamaran kerja tulis tangan adalah kerapihan dari tulisan si penulis.

Contoh CV 1

Contoh CV 1

Contoh CV 2

Contoh CV 2

Contoh CV Lamaran Kerja untuk Berbagai Jenis Instansi

Curriculum Vitae atau daftar Riwayat hidup memang sering kali menjadi salah satu syarat utama dimana akan mendaftar sebuah pekerjaan ataupun sebuah organisasi tertentu. CV sendiri bisa dikatakan adalah sebuah senjata utama jika Anda akan mendaftar sebuah pekerjaan.

Jadi, sudah jelas bukan kalau CV ini sangatlah penting jika ingin melamar pekerjaan agar bisa mendapatkannya? Maka dari itu, tata cara dan penulisan CV yang benar harus selalu diperhatikan agar CV yang Anda buat bisa meyakinkan HRD dimana tempat Anda melamar kerja.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat CV, di postingan ini akan dibahas beberapa contoh CV lamaran kerja untuk berbagai jenis instansi. Contoh CV ini bisa menjadi patokan atau mungkin sekedar contoh cara penulisan CV yang baik dan benar.

Contoh CV Lamaran Kerja Umum

Saat membuat surat lamaran pekerjaan, hendaknya Anda lebih mengetahui posisi yang Anda inginkan. Jadi, surat lamaran kerja bisa menjadi lebih jelas saat dibaca oleh HRD dari sebuah perusahaan.

Sesuaikan setiap surat yang kamu kirim. Misal kalau terdapat lowongan kerja Jakarta atau Loker Jakarta, sebaiknya Anda tidak lupa menulis provinsi tersebut pada surat Anda. Jangan lupa untuk ikut sertakan informasi mengenai keahlian dan pengalaman Anda yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Contoh CV 1

Jakarta, 27 Juni 2019

Kepada Yth.
PIMPINAN PT. CIMB NIAGA Tbk
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama Lengkap: Truno Pambudi Waluyo
Tempat & tanggal lahir: Jakarta, 17 Agustus 1990
Alamat: JL. KH. Mas Mansyur No. 17 Jakarta Pusat, Kebon Pisang, Kec. Tanah Abang.
No Tlp: 081 111 087 666

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan PT. CIMB NIAGA Tbk untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Truno Pambudi Waluyo

Contoh CV 2

Semarang, 15 Agustus 2015

Kepada Yth.
Pimpinan CUTEST BABY SHOP
Denpasar

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama Lengkap                        : Truno Pambudi Waluyo
Tempat & tanggal lahir           : Semarang, 11 Januari 1997
Alamat                                    : Jl. Kenangan, Tembalang
No Tlp                                     : 089 666 111 661

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan HAHAHEHE SHOP  untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Truno Pambudi Waluyo

Contoh CV Untuk Mahasiswa

Banyak yang bertanya-tanya tentang yang satu ini, memangnya mahasiswa ada saatnya untuk membuat CV? Jawabannya adalah “Ada”. CV ini biasanya sangat dibutuhkan jika Anda ingin mendaftar sebuah organisasi kemahasiswaan yang ada di Universitas Anda. Ataupun saat ingin mengajukan sebuah magang pada perusahaan yang ingin Anda gunakan untuk mencari pengalaman kerja.

Biasanya untuk kalangan mahasiswa, yang dibutuhkan adalah sebuah CV dengan jenis Creative CV yang memang style-nya sangat anak muda sekali. Tantangan dari membuat CV kreatif ini adalah kejelasan isi dari CV yang Anda buat. Jangan terlalu ramai design tapi tidak memiliki arti.

Contoh CV 1

Contoh CV Untuk Mahasiswa

Contoh CV 2

Contoh CV Untuk Mahasiswa

Contoh CV Fresh Graduate

Biasanya CV yang satu ini adalah CV yang sangat amat Anda perhatikan penyusunannya. Karena, seperti yang Anda tahu, banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan mencantumkan syarat “Memiliki pengalaman …”, sedangkan Anda sendiri adalah seorang fresh graduate dari sebuah universitas dan tidak memiliki pengalaman kerja.

Santai saja, ada beberapa cara untuk tetap bisa memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan bagi Anda yang merupakan fresh graduate dan belum memiliki pengalaman bekerja. Adalah dengan menggunakan CV kreatif.

Yang Anda ingat adalah Anda harus mengunggulkan diri Anda sejujur-jujurnya. Walaupun belum pengalaman, tapi tidak ada salahnya bukan. Berikut ini adalah contoh CV untuk fresh graduate:

Contoh CV 1

Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV 2

Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV untuk PNS

PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah adalah pegawai yang sudah mencukupi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas di dalam suatu jabatan negeri, atau diserah tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sudah bukan menjadi rahasia jika PNS adalah sebuah pekerjaan yang sangat banyak peminatnya, pembukaan pendaftaran PNS saja sangat membludak sampai ratusan ribu orang, sedangkan yang diterima hanya ratusan atau ribuan orang saja.

Jadi, kembali lagi, menulis CV yang baik dan benar bisa menjadi sebuah senjata utama untuk diterimanya Anda menjadi seorang PNS.

Berikut ini adalah contoh CV untuk PNS yang baik dan benar:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Pas foto hitam putih

ukuran 3×4 cm

 

KETERANGAN PERORANGAN

  1. Nama Lengkap : ……………………………………………………….
  2. NIP : ……………………………………………………….
  3. Pangkat dan golongan ruang : ……………………………………………………….
  4. Tempat / Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
  5. Jenis Kelamin : Pria / Wanita *)
  6. Agama : ……………………………………………………….
  7. Status Perkawinan : Belum Kawin / Kawin / Janda / Duda *)
  8. Alamat Rumah :
  9. Jalan : ……………………………………………………….
  10. Kelurahan / Desa : ……………………………………………………….
  11. Kecamatan                      : ……………………………………………………….
  12. Kabupaten / Kota : ……………………………………………………….
  13. Provinsi : ……………………………………………………….
  14. Keterangan Badan :
  15. Tinggi (cm) : ……………………………………………………….
  16. Berat Badan (kg) : ……………………………………………………….
  17. Rambut : ……………………………………………………….
  18. Bentuk Muka : ……………………………………………………….
  19. Warna Kulit                 : ……………………………………………………….
  20. Ciri – ciri Khas : ……………………………………………………….
  21. Cacat Tubuh : ……………………………………………………….
  22. Kegemaran (Hobby) : ……………………………………………………….

Daftar riwayat hidup ini dibuat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagai bukti pemenuhan syarat Calon Pegawai Negeri Sipil.

*) Coret yang tidak perlu

Contoh CV untuk Profesional

Penulisan CV untuk profesional ini sangat diperlukan bila Anda mengincar posisi pekerjaan yang tinggi. biasanya CV professional ini bukan hanya digunakan untuk para pekerja yang sudah berpengalaman saja, tapi bisa juga untuk Anda yang baru saja lulus dari kuliah atau ingin mencari kerja baru, tidak ada salahnya menggunakan CV professional.

Contoh CV 1

Contoh CV untuk Profesional

Contoh CV 2

Contoh CV untuk Profesional

Contoh CV Lamaran Kerja di Bank

Bekerja di bank merupakan sebuah pekerjaan yang banyak orang mengincarnya juga. Maka dari itu, tidak heran jika sebuah bank negeri atau swasta saat melakukan pembukaan karyawan sangat banyak yang mendaftar.

Dengan banyaknya calon karyawan yang mendaftar, maka sudah pasti Anda harus membuat CV lamaran kerja di bank yang bagus dan lebih sangat jelas.

Contoh CV 1

Semarang, 18 Juli 2020

Kepada Yth,
Bpk/Ibu Pemimpin Cabang
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Kantor Cabang Jambi
Jl. Burung Kenari No.666
di
SEMARANG

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Jambi Pos tanggal 15 Juli 2020 bahwa PT. Bank BRI Cabang Semarang sedang membutuhkan petugas AO (Account Officer) yang sudah berpengalaman minimal 2 tahun, dengan ini saya :

  • Nama : Truno Pambudi
  • Tempat/Tanggal Lahir : Semarang, 11 Januari 1986
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Pendidikan Terakhir : S1- Akuntansi
  • Alamat : Jl. Bintang Kejora No.11
  • Bulan Purnama, Kota Jambi
  • HP : 08987654321
  • Email : [email protected]

Mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai petugas AO di perusahaan yang Bapak pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan dokumen-dokumen berikut :

  1. Pas foto warna 3 x 4
  2. Pas foto warna 4 x 6 (Full Body)
  3. Foto copy KTP
  4. Foto copy Ijazah SMP, SMA dan S1
  5. Curriculum Vitae(CV)
  6. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian
  7. Surat Keterangan Belum Menikah
  8. Sertifikat Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris

Sebelumnya saya sudah pernah bekerja pada bidang yang sama di PT. XXX selama kurang lebih 3 (tiga) tahun. Selama bekerja, setiap tahun saya mendapatkan penghargaan dan reward karena mampu melampaui target penyaluran kredit yang ditetapkan perusahaan.

Baca Juga :   Tips Cara Mencuci Sepatu di Masa Pandemi

Besar harapan saya agar Bapak bisa memberikan kesempatan untuk mengikuti tes wawancara dan menjelaskan tentang diri saya secara terperinci.

Atas perkenalan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Truno Pambudi

Contoh CV 2

Surabaya , 1 April 2020

Kepada Yth,
HRD PT. Bank Mandiri Syariah
Cabang Manukan Surabaya
Jl. Diponegoro No. 6, Manukan, Surabaya

Lampiran : 5 (Lima) Lembar
Hal : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Truno Pambudi Waluyo
  • Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 22 Juni 1993
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Pendidikan : S-1 Manajemen, Universitas Wijaya Kusuma
  • Alamat : Jl. Sikatatan VII, Manukan Surabaya
  • Agama : Islam
  • No Telepon : 0856-5555-6661
  • E-mail : [email protected]

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di berita harian di Koran Sindo terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Bank Mandiri Syariah Manukan untuk ditempatkan di bagian TELLER, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

Bersama dengan surat ini, berikut saya lampirkan foto copy dokumen administratif:

  1. Foto Copy Ijazah
  2. Foto Copy Nilai Akademik
  3. Foto CopyDaftar Riwayat Hidup
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto Copy Surat Pengalaman Kerja
  6. Pas foto 4 x 6, 4 (empat) buah foto

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi yang sebenarnya. Apabila di kemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

Surabaya, 1 April 2020

Hormat saya,

Truno Pambudi Waluyo

Contoh CV Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Membuat surat lamaran di rumah sakit pada dasarnya sama saja dengan membuat CV untuk berbagai instansi yang lain. Yang perlu Anda ketahui adalah Anda harus tahu posisi yang mana yang ingin Anda daftarkan.

Contoh CV 1

Jakarta, 21 Januari 2020
Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
HR Rumah Sakit Pusat Pertamina
Jl. Kyai Maja No.43
Jakarta

Dengan Hormat,
Berdasarkan publikasi di situs resmi Rumah Sakit Pusat Pertamina tanggal 5 Januari 2020 tentang adanya lowongan pekerjaan sebagai Tenaga Perawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Maka saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Truno Pambudi
Tempat, Tgl. Lahir : Medan, 20 Januari 1994
Pendidikan : S-1 Keperawatan
Status Perkawinan : Belum Menikah
Telp. : 0813 3162 7317

Bermaksud mengajukan permohonan kerja pada posisi Tenaga Perawat tersebut. Saya memiliki pengalaman bekerja pada posisi yang sama di salah satu klinik di Jakarta Barat.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang berikut ini:

  1. Fotokopi Ijazah S1 Keperawatan (Legalisir)
  2. Fotokopi Transkrip Nilai (Legalisir)
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR)
  5. Fotokopi Surat Keterangan Kerja (Paklaring)
  6. Fotokopi SKCK (Legalisir)
  7. Fotokopi KTP
  8. Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  9. Pas Foto Terbaru 4×6 1 lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Truno Pambudi

 

Contoh CV 2

Aceh, 21 Januari 2020

Kepada Yth,
HR Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati

Dengan Hormat,
Sehubung dengan adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati yang Bapak/Ibu pimpin, Saya bermaksud ingin mengajukan lamaran pekerjaan Tenaga Gizi, sebagai bahan pertimbangan Saya lampirkan:

Nama : Truno Pambudi Waluyo
Tempat/Tgl. Lahir : Banda Aceh, 22 Mei 1992
Jenis Kelamin : Pria
Agama : Islam
No. HP: 081323210019
Alamat : Jl. Timor Gg. Amal No.44, Banda Aceh
Pendidikan : D3 Gizi
IPK : 3,79
Pekerjaan yang dilamar : Tenaga Gizi

Bersama ini Saya mengajukan permohonan untuk dapatnya diangkat menjadi Tenaga Gizi. Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini Saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut

  1. Fotokopi Ijazah (Legalisir)
  2. Fotokopi Transkrip Nilai (Legalisir)
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR)
  5. Fotokopi Surat Kuning (Legalisir)
  6. Fotokopi SKCK (Legalisir)
  7. Fotokopi KTP
  8. Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  9. Pas Foto Terbaru

Demikian permohonan ini Saya buat, selanjutnya besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja sebagai Tenaga Gizi di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati. Bila dibutuhkan informasi lebih lanjut, saya bersedia dipanggil untuk wawancara maupun melakukan tes. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Truno Pambudi Waluyo

Contoh CV Lamaran Kerja Satpam

Bekerja menjadi satpam memang merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang besar. Maka dari itu, sebelum Anda yakin untuk mendaftarkan diri Anda untuk menjadi seorang satpam pada sebuah perusahaan, pastikan Anda memiliki pengalaman yang cukup dan juga pastinya dengan CV yang bagus.

Contoh CV

Kepada :

Yth. Bapak / Ibu Pimpinan

  1. Jaya Genta Pratama

Di tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                    : Budi Waluyo

Usia                                       : 26 tahun

Tempat, tanggal lahir            : Bandung, 13 April 1989

Alamat                                   : Jl. Gatot Subroto Bandung

Telepon                                 : +6281122334455

Pendidikan terakhir               : SMA

 

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja dengan posisi sebagai satpam di perusahaan yang ibu/bapak pimpin. Berikut ini saya lampirkan beberapa berkas penting yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi bapak/ibu pimpinan :

 

Foto copy KTP

Foto copy sertifikat pelatihan satpam

Foto copy Ijazah SMA

Curriculum Vitae (CV)

Foto copy SKCK

Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat, semoga bapak/ibu pimpinan mempertimbangkan dengan baik dan harapan besar saya untuk bisa diterima di perusahaan ini. Dan atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan saya ucapkan terima kasih.

 

Bekasi, 24 Oktober 2019

 

Hormat saya,

 

Budi Waluyo

Contoh CV untuk Presentasi Seminar

Untuk CV dalam sebuah seminar, mungkin ini akan sangat berguna bagi Anda yang akan melakukan presentasi di depan client atau di depan para audiens untuk menjelaskan siapa diri Anda. dalam membuat CV untuk presentasi seminar, biasanya Anda tidak perlu susah-susah membuatnya sendiri dari 0, karena ada banyak template yang ada di internet.

Seperti ini contohnya:

Contoh CV Lamaran Kerja Marketing

Surat lamaran kerja marketing yang Anda kirim ke perusahaan yang ingin Anda lamar, tentunya harus dibuat dengan sejujurnya yang menyatakan mengenai profil Anda, supaya sanggup memenuhi syarat untuk posisi marketing tersebut dan sanggup jalankan wawancara kerja. Nah, berikut ini sebagian contoh surat lamaran kerja marketing yang baik dan benar di berbagai perusahaan sebagai referensi untuk Anda.

Contoh CV 1

Semarang, 28 November 2019

Yang terhormat,
HRD PT. Telkom Semarang
Jl. Balai Kota No.2, Kesawan
Medan
Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi PT. Telkom Indonesia dan informasi dari LinkedIn, bahwa perusahaan Telkom Indonesia cabang Semarang sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi Staf Marketing.

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi marketing PT. Telkom Semarang. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama : Truno Pambudi
Tempat, Tanggal Lahir : Demak, 21 April 1996
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jalan Ayahanda No.44B, Demak
Pendidikan Terakhir : Sarjana Manajemen Pemasaran – UMSU
Telepon : 081394496661

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Pas foto 3×4 (berwarna 1 lembar)
  3. Fotokopi Ijazah
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya untuk dapat menempati posisi Staff Marketing di perusahaan Telkom Semarang. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Truno Pambudi

Contoh CV 2

Semarang, 25 November 2019

Yang terhormat,
HRD PT. Indosat Demak
Jalan Perintis Kemerdekaan No.39
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Budi Hahahehe
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 21 Juli 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jalan Ayahanda No.44B
Pendidikan Terakhir : Sarjana Manajemen Pemasaran, UMSU
Telepon : 081322191122
E-mail : [email protected]

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT. Indosat Indonesia pada posisi Staf Marketing. Sebagai informasi tambahan, saya telah memiliki pengalaman bekerja sebagai Staf Marketing di PT. Anugrah Asia Pasifik yang cukup terkenal di Demak. Oleh karena itu, saya siap untuk menyumbangkan pengalaman yang saya miliki pada perusahaan Indosat.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen penting sebagai bahan pertimbangan :

    1. Fotokopi Ijazah
    2. Daftar Riwayat Hidup
    3. Fotokopi SKCK
    4. Fotokopi KTP
    5. Pas foto 3×4 (1 lembar)
    6. Fotokopi Sertifikat Keahlian dan Penghargaan

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Semoga Bapak/Ibu HRD PT Indosat Demak berkenan mempertimbangkan saya untuk menjadi bagian dari perusahaan. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budi Hahahehe

Leave a Comment