Frekuensi Eksfoliasi Wajah dalam Seminggu sesuai Jenis Kulit

Frekuensi Eksfoliasi Wajah dalam Seminggu sesuai Jenis Kulit

selerabangsa.com – Eksfoliasi adalah salah satu perawatan wajah yang berguna untuk merontokkan sel-sel kulit mati.

Ada beberapa manfaat eksfoliasi wajah yang akan didapatkan, seperti menghilangkan komedo, jerawat, serta menjadikan wajah lebih cerah.

Sebaliknya, jika tidak dilakukan dengan benar, eksfoliasi wajah bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Untuk mencegahnya, penting untuk mengetahui frekuensi eksfoliasi wajah yang benar untuk mendapatkan manfaatnya dan meminimalisir efek samping yang akan muncul.

Frekuensi eksfoliasi wajah dalam seminggu

Dilansir dari Healthline, frekuensi eksfoliasi wajah akan tergantung pada jenis kulit dan jenis eksfoliasi yang digunakan.

Beberapa jenis eksfoliasi memiliki kandungan yang kuat sehingga tidak cocok digunakan untuk jenis kulit tertentu dan tidak disarankan untuk digunakan lebih sering.

Menurut Women’s Health, berikut ini adalah frekuensi eksfoliasi wajah dalam seminggu yang disarankan berdasarkan jenis kulit yang dimiliki:

  • Kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif cenderung akan mengalami iritasi, kulit kemerahan, dan gatal, ketika menggunakan produk yang tidak sesuai.

Anda yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi wajah sama sekali.

Namun jika memang dirasa perlu, eksfoliasi wajah bisa dilakukan seminggu sekali dengan menggunakan sabun wajah yang memiliki sedikit kandungan glycolic acid atau asam glikolat.

  • Kulit berminyak

Kulit yang berminyak lebih rentan mengalami penyumbatan pori-pori sehingga lebih mudah jerawatan.

Eksfoliasi wajah untuk kulit berminyak bisa dilakukan lebih sering hingga empat kali dalam seminggu.

Untuk jenis eksfoliasi yang digunakan juga lebih bebas sehingga bisa menggunakan jenis eksfoliasi mekanis dan kimia.

Produk eksfoliasi yang disarankan adalah yang mengandung AHA atau alpha-hydroxy acids untuk mencegah munculnya jerawat dan dibarengi dengan penggunaan retinoid setiap hari.

  • Kulit normal dan kombinasi

Frekuensi eksfoliasi wajah yang disarankan untuk pemilik kulit normal dan kombinasi adalah setiap dua kali seminggu menggunakan retinoid, atau pembersih yang mengandung AHA atau BHA (beta-hydroxy acid).

Frekuensi eksfoliasi wajah dalam seminggu ternyata perlu disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki untuk mendapatkan manfaatnya.

Meskipun eksfoliasi bisa mencegah penyumbatan pori-pori yang akan menghindarkan dari jerawat, namun eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan ketika jerawat sedang meradang karena bisa memicu hiperpigmentasi atau noda hitam di wajah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.