Kenali Broadband Beserta Fungsi Broadband Lengkap Banget!

Fungsi Broadband, istilah ini mungkin sudah semakin dikenal oleh banyak orang saat ini seiring berkembangnya teknologi internet.

Ya memang broadband ini sangat kental sekali akan koneksi internet yang mana istilah ini ada pada internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi.

Broadband sendiri terdiri dari dua jenis yakni DSL dan modem yang dapat mengirimkan data 512 kbps atau lebih sekitar 9 kali lipat dibandingkan dengan modem yang menggunakan kabel telepon standar.

Akses internet broadband ini semakin bertumbuh pesat di berbagai bidang yang mana dimulai dari tahun 2000 an.

Ada sebuah penelitian bahwa penggunaan internet broadband di Amerika Serikat tumbuh hingga 6% dari bulan juni tahun 2000 ke 30% di tahun 2003.

Sedangkan di kehidupan modern broadband ini sudah mencapai 100 Mbps yang mana ratusan kali lipat dari kecepatan internet dulu dengan biaya yang jauh lebih murah.

Hal ini juga tergantung oleh negara yang mana saat ini pemakaian broadband tertinggi di dunia dipegang oleh Korea Selatan yakni sebesar 23.17% menurut data bulan desember 2003. 

Pengertian Fungsi Broadband

Broadband juga sering disebut dengan internet berkecepatan tinggi yang biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi.

Pada umumnya pengguna yang menggunakan internet dengan kecepatan 256 Kbit/s ini sudah disebut dengan internet broadband.

Adapun standarisasi dunia atau International Telecommunication Union Sektor Standarisasi [ITU-T], rekomendasi I.113 mengatakan bahwa broadband harus memiliki kecepatan 1.5 hingga 2 Mbit/s.

Definisi FCC dari broadband sekitar 200 kbit/s untuk satu arah dan juga jalur lebar canggih setidaknya berkecepatan 200 kbit/s pada dua arah.

Sedangkan OECD mengartikan broadband ini berkecepatan 256 kbit/s setidaknya satu arah yang bisa diterima di seluruh dunia.

Dalam dunia nyata jalur broadband yang ditawarkan oleh ISP kepada para pelanggannya tidak selalu tersedia.

ISP seringkali memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang koneksi yang bisa mereka tangani dengan anggapan semua pelanggan tidak online secara bersamaan.

Strategi ini dapat diterima namun seiring berkembangnya teknologi sistem peer to peer file sharing, maka sering menjadi masalah pada ISP yang memiliki pelanggan lebih dari kapasitas perangkat yang mereka miliki. 

Dengan lebar jalur yang disediakan untuk pelanggan terus meningkat, maka pasar bisa mengharapkan jika pelayanan video on demand dapat tersalur lewat internet akan semakin populer walaupun saat ini layanan ini masih memerlukan jaringan yang khusus.

Fungsi Broadband

Pengertian broadband secara harfiah adalah jangkauan frekuensi yang luas untuk digunakan pada pengiriman dan penerimaan data.

Sedangkan istilah bandwidth umumnya diartikan pada kecepatan transfer data dalam jaringan komputer dan koneksi internet.

Dengan kata lain fungsi broadband sendiri adalah untuk menyediakan kecepatan internet dengan kecepatan dan jalur yang lebih lebar agar dapat menampung kapasitas penggunaan internet.

Perbedaan

Untuk perbedaan dalam kinerja dan prediksi koneksi internet dedicated dengan broadband, perbedaan utama dalam kontrak layanan akan muncul.

Berikut adalah perbedaan utama yang akan Anda temukan di perbandingan dedicated dengan fungsi broadband.

BROADBAND BANDWIDTH

Koneksi internet broadband merupakan jaringan koneksi internet bersama atau shared Network, sehingga antara banyak pengguna yang berbeda pada suatu daerah, sehingga koneksi yang dibagi lebih besar.

Tidak seperti layanan internet dedicated bandwidth, yang mana jumlah bandwidth yang ditawarkan hanya hingga kecepatan maksimum yang tersedia atau paket, biasa disebut up to bandwidth.

Kecepatan juga tidak dijamin memiliki kualitas koneksi yang sebenarnya. Kecepatan ini ditentukan oleh lalu lintas dan kemacetan jaringan ISP, yang tergantung pada lokasi dan juga waktu.

Sehingga banyak kasus dimana pengguna menemukan kecepatan internet mereka lebih lambat di waktu siang hari ketimbang di malam hari.

Kecepatan bandwidth ini cenderung tidak dapat diprediksi dan kinerja sangat bervariasi, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada aplikasi serta dapat meningkatkan stress pada para penggunanya.

Kurangnya kinerja dan keandalan koneksi yang dapat diprediksi adalah perbedaan utama antara layanan Internet Dedicated Bandwidth vs Internet Broadband Bandwidth.

Adapun jenis koneksi broadband adalah :

  • Shared Fiber
  • DSL
  • Cable
  • Wireless
  • Satellite

Kecepatan bandwidth adalah broadband asimetris, yang baik untuk unduhan namun tidak terlalu baik pada kecepatan unggah atau upload.

Kecepatan unggah sendiri biasanya ditujukan untuk bisnis yang mendorong data ke aplikasi dan pengguna. 

Ketersediaan fungsi broadband juga bisa bervariasi tergantung lokasi, jarak dan juga penyedia yang tersedia.

Di luar biaya layanan yang lebih rendah pembeli juga harus mempertimbangkan masalah seperti kurangnya kinerja dan juga waktu operasional yang dapat mempengaruhi bisnis mereka.

DEDICATED BANDWIDTH

Sedangkan koneksi internet dedicated bandwidth adalah layanan oleh ISP yang mendedikasikan jumlah bandwidth tertentu untuk koneksi tertentu.

Bandwidth internet ini tidak dibagi oleh pengguna lainnya selain pengguna sirkuit fisik tersebut. Sebagai koneksi yang khusus kinerja internet ini akan selalu konsisten dan juga memiliki keandalan yang tinggi.

Koneksi internet dedicated bandwidth yang juga dikenal dengan DIA dan beberapa jenis koneksi dibawah ini:

  • Dedicated Fiber
  • Ethernet over Copper – EoC
  • T1 – DS1
  • T3 – DS3
  • Dedicated Fixed Wireless

Internet Dedicated bandwidth ini di setiap lokasi memiliki ketersediaan yang berbeda tergantung akomodasi di lokasi tersebut.

Setiap jenis rangkaian diberi harga sesuai dengan tingkat kecepatan bandwidth dengan panjang kontrak dari 1 tahun hingga 3 tahun.

Disaat Anda memesan koneksi internet dedicated bandwidth jumlah bandwidth yang Anda terima juga dijamin.

Dan juga metrik kinerja baik itu latensi jaringan, loss packet, waktu aktif, dan jangka waktu perbaikan juga dijamin dalam dokumen yang disebut dengan perjanjian tingkat layanan atau SLA.

Dengan SLA ini akan memastikan internet Anda bekerja dengan konsisten atau QoS tinggi terlepas dari waktu atau jumlah pengguna online di area tersebut.

Contoh Internet Broadband

Dengan perbedaan internet broadband diatas maka Anda bisa menilai sendiri kebutuhan internet yang Anda butuhkan.

Apabila Anda seorang yang menginginkan koneksi internet dirumah baik untuk kebutuhan media hiburan hingga untuk kebutuhan pekerjaan maka Anda pastikan untuk memilih internet broadband bandwidth sudah cukup.

Fiber Stream menyediakan layanan internet broadband unlimited yang hadir untuk Anda yang membutuhkan internet rumahan dengan kecepatan yang konsisten dan andal.

FiberStream ini menyediakan kecepatan internet hingga 100 mbps dengan kecepatan download dan upload setara atau simetris.

Untuk harga yang ditawarkan tentu cukup terjangkau mulai dari 365 ribu perbulan Anda sudah bisa menikmati internet berkecepatan tinggi dan stabil untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari.

Layanan teknis 24 jam juga diberikan untuk pelanggan yang mengalami kesulitan ataupun internetnya mengalami gangguan.

Jangan ragu lagi untuk pasang internet broadband Fiber Stream untuk kebutuhan internet rumahan dengan menggunakan media fiber optic generasi terbaru untuk kenyamanan berinternet unlimited tanpa FUP Anda.

Baca Juga :   Biaya Pasang Wifi Menurut Internet Provider Indonesia

Leave a Comment