Cara Membuat Genset Rakitan

Dalam beberapa kesempatan ada juga orang yang ingin membuat gensetnya sendiri yakni dengan genset rakitan, lalu bagaimana cara membuat genset rakitan dan apa saja jenisnya? Simak penjelasan berikut ini:

Genset Tanpa Bbm

Yang pertama adalah genset rakitan tanpa bbm, langkah yang pertama adalah mempersiapkan komponen yang diperlukan.

    1. Tuas untuk memutar
    2. 1 buah monitor listrik arus DC
    3. Baterai jenis Recharger
    4. Kawat secukupnya
    5. Lampu LED

Yang kedua adalah menyiapkan motor listrik DC yang dapat diperoleh dari bekas motor listrik DC. Listrik DC tersebut diambil dari DVD Drive bekas dan juga Anda pastikan tenaganya mencapai 12 volt.

Ketiga, kaitkan bagian poros motor listirk dengna bagian tuas pemutar sehingga pada bagian motor listrik bisa diputar dengan tangan secara manual.

Selanjutnya Anda bisa siapkan baterai jenis isi ulang, baterai ini minimal harus memiliki tegangan 12 volt.

Yang keempat adalah gunakan kabel, silahkan Anda hubungkan baterai isi ulang ke motor listrik DC.

Jika Anda tidak memiliki baterai isi ulang maka Anda bisa menghubungkan langsung ke bagian lampu LED kebagian motor listrik DC.

Ituilah cara membuat genset rakitan tanpa bbm yang mungkin bisa menjadi salah satu percobaan yang nantinya bisa Anda kembangkan menjadi jenis genset rakitan sendiri.

Genset Dari Mesin Sepeda Motor

Ada juga jenis genset yang dibuat dari mesin sepeda motor, caranya mungkin tidak saya jabarkan secara rinci namun akan saya gambarkan sedikit tentang cara membuat genset secara sederhana:

Setiap sepeda motor pasti memiliki pembangkit arus listrik AC yang ditaruh dalam mesin sepeda motor biasanya terletak dibagian kiri.

Generator mini ini dipergunakan untuk menghidupkan lampu depan dan belakang.

Dan generator ini juga dipergunakan untuk mengisi baterai atau aki setelah melalui penyelarasan tegangan yang dihasil jenis genset mini sepeda motor berbeda-beda tergantung dengan jenis sepeda motornya : 15 Volt, 20 Volt dan 40 Volt tergantung dari brand motor tersebut.

Sedangkan beda potensial atau tegangan listrik yang dihasilkan coil sepeda motor tersebut bila dinaikan menjadi 220 volt sudah dapat berfungsi menjadi genset.

Baca Juga :   Paket Internet Rumahan Paling Murah

Untuk menaikan tegangan listrik dari 15 volt menjadi 220 volt bisa menggunakan transformator step up.

Generator Listrik Tanpa Bbm Dari Dc12v Ke Ac 220v 2000w

Momen Inersia merupakan sifat yang dimiliki oleh sebuah benda untuk mempertahankan posisinya dari gerak dan ukuran resistansi/kelembapan sebuah benda pada pergantian dalam gerak rotasi, peristiwa Inersia pada benda yang berbentuk cakram adalah sebagai berikut:

Dengan manfaatkan peristiwa tersebut kita dapat mengarahkan daya dari flywheel ke generator listrik.

Dengan manfaatkan system ini memungkinkan untuk merawat kecepatan dan peristiwa putar yang dihasilkan oleh motor listrik . tinggal kita menyusun sistem pengkabelan yang simpel layaknya gambar di bawah ini:

Dapat memungkinkan motor dapat bekerja sendiri memalui listrik yang dihasilkan oleh generator,

Cara ini telah banyak yang mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. bukan saja di luar negri, di indonesia pun telah banyak yang menggunakannya, tapi keterbatasan expose dari fasilitas dan bantuan dari pemerintah, sistem ini tidak dapat direalisasikan.

Semoga saja bersama pemerintahan yang baru ini, dapat merealisasikan untuk membantu produktifitas di desa-desa yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik, dan dapat mengapresiasi kita untuk lebih kreatif manfaatkan sumber daya yang ada tanpa harus bertergantungan pada bahan bakar fosil.

Generator Listrik Dari Dinamo Pompa Air

Generator listrik dari dinamo pompa air ternyata juga bisa kita buat, dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

  1. kita bongkar dulu  pompa air bekas yang telah kami sedia kan  dan bersihkan membuang kawat e-mail bekas pompa air sampai bersih ( jika tersedia isolator yang rusak silakan diganti dulu).
  2. Setelah kawat e-mail telah dibongkar  silahkan  keluarkan kern/inti besi dinamo pompa airnya  layaknya misal gambar di bawah ini membawa dampak sendiri generator mini  yang power full bersama memamfaatkan pompa air bekas.
  3. setelah isolator diganti yang rusak  mulailah menggulung lagi coil dinamonya. Bersama dengan langkah seperti gambar di bawah ini. perlubang dililit sebanyak 60 lilitan dan arah lilitannya bolak balik .

misalnya saja pada lubang 1 arah lilitannya kekanan maka lobang 2 arah lilitannya ke kiri. Begitu seterusnya.

Ukuran kawat email 0,30 tergantung yang akan kita kerjakan atau tergantung bahan yang akan digunakan karena setiap brand pompa air memiliki soket yang berbeda-beda.

Setelah selesai digulung semua lubang Anda juga bisa membuat 8 kutub dan magnet sebanyak 8 buah.

Baca Juga :   Paket Internet Murah Unlimited Tanpa FUP

Untuk membuat 8 kutub / 8 lingkar lilitan pada stator 24 slot/lubang yang bisa dililit pada jarak 2 lubang x 8 dengan demikian maka generator bisa kita gunakan sebagai jenis genset 3 phase.

  • Selanjutnya kita bisa menyiapkan rotornya, rotor lama yang menggunakan inti besi karena pompa air menggunakan arus AC.

Dengan demikian kita perlu melakukan perubahan dengan cara menempelkan neodymium pada rotor tersebut.

Contoh disini kita menggunakan 8 buah magnet dengan ukuran 12×5 yang bulat dan yang persegi ukuran 5x10mm.

Untuk jenis magnet sebaiknya gunakan magnet yang terbaik dengan daya tarik yang kuat minimal sediakan 24 buah magnet.

Kemudian buat lubang pada rotor tersebut yang pas dengan ukuran magnetnya, tujuannya agar membuat magnet kuat pada saat dilem. Gunakan magnet kotak dan buatlah lubang persegi 4 sesuai ukuran magnetnya.

Anda bisa menggunakan bor untuk membuat lubang, sebelum itu membuat lubang ditulis terlebih dahulu menggunakan marker atau spidol.

Oia perlu diketahui bahwa memasang kutub magnet harus dipasang secara berlawanan satu sama lain.

  • Jika semua magnet sudah terpasang maka dilem agar rekat. Setelah dipasang maka waktunya dites dengan menggunakan bor untuk menggerakan dinamo.

Generator Listrik Tenaga Magnet

Generator listrik tenaga magnet, inovasi ini dicetuskan oleh para peneliti di Amerika dan Eropa dimana alat ini akan digunakan sebagai free energy generator karena tidak memerlukan energi atau biaya untuk menghasilkan listrik serta dapat berlangsung untuk waktu yang lama.

Prinsip kerjannya cukup sederhana yakni memanfaatkan gaya dari arah flux magnetik yang berlawanan sebagai sumber energi yang bisa membuat magnet lainnya bergerak.

Jika flux magnet yang berlawanan setelah itu disusun berasal dari beberapa buah magnet sedemikian rupa sehingga magnet-magnet yang berguna sebagai stator membawa dampak pergerakan berasal dari magnet-magnet lainnya yang berguna sebagai rotor.

Kemudian berasal dari bagian rotor ini dapat disambungkan dengan dengan bagian berasal dari magnet lainnya yang berguna sebagai generator walau memang magnet rotor setelah itu termasuk dapat sekaligus sebagai generator.

Generator Listrik Dari Dinamo Sepeda

Dinamo sepeda intinya adalah sebuah magnet yang mampu berputar dan sebuah kumparan selamanya seandainya roda sepeda diputar dan dinamo akan berputar sehingga roda akan memutar magnet, biasanya dinamo mampu menghasilkan tegangan 6 hingga 12 Volt dan menghasilkan arus lebih kurang 450 mA.

Dinamo terdiri atas banyak kumparan gulungan kawat dinamo yang mampu berotasi terhadap sebuah medan magnet. Poros dinamo mampu dibangkitkan oleh sebagian langkah mekanis. GGL terhadap dinamo menyebabakan rotasi di didalam gulungan sehingga arus listrik muncul berasal dari sebuah generator.

Baca Juga :   Beberapa Jenis Genset yang Wajib Kalian Ketahui

Selama 1/2 putaran ab memotong garis berasal dari atas ke bawah didalam arah yang berlawanan. Demikian terjadi style gerak listrik dan arus listrik sewaktu melalui garis netral dan berbalik arah. Arus listrikakan mengalir selama lingkaran kawat diputar.

Generator Listrik Mini

Generator pembangkit listrik tenaga air ultra mini temuan Masaya Sumino bersifat selubung kotak seberat 18 kilogram yang di dalamnya memuat turbin spiral. Panjangnya generator ini 1 mtr. dengan lebar 28 cm.

Ukuran dan berat berikut amat mungkin generator amat mungkin untuk digotong satu orang.

Melalui posisi bilah spriral yang dibuat miring. Generator Masaya Sumini bekerja dengan langkah bagian yang tinggi ditaruh di segi hulu sungai, sedang bagian yang rendah di segi hilir sungai.

Aliran air di hulu sungai yang terhalangi oleh plat logam setinggi 15cm naik selanjutnya turun lewat turbin spiral. Kekuatan air terhadap pilah menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik.

Oleh dikarenakan itu, generator ini mampu bekerja sekalipun berada terhadap aliran sungai yang benar-benar dangkal.

Keefisienan ini membuat generator listrik Mayasa Sumino amat mungkin menjadi solusi terhadap pas terjadi kondisi darurat dan diterapkan di tempat terpencil di seluruh dunia.

Generator Listrik Tenaga Angin

Generator listrik tenaga angin memang merupakan jenis generator yang memang banyak digunakan di negara belanda makanya disebut sebagai negeri kincir angin.

Berbicara soal kincir angin atau generator dengan tenaga angin memiliki prinsip yang sama dengan generator tanpa bbm sebelumnya bedanya terletak di sumber penggeraknya yang menggunakan baling-baling.

Berikut cara kerja dari generator tenaga angin:

  • Angin yang kencang akan memutar turbin/baling-baling.
  • Putaran turbin akan memutar generator.
  • Generator menghasilkan listrik.
  • Listrik dialirkan akan disimpan kedalam sebuah baterai atau disalurkan langsung ke pengguna.

Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan jenis genset yang mungkin bisa membantu Anda dalam memahami cara kerja dan juga jenis-jenis genset rakitan. Jika Anda sedang ingin mencari jasa sewa genset maka Anda bisa mengehubungi Genset Mania yang menawarkan berbagai jenis genset dengan harga yang terjangkau. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

Leave a Comment