Hikmah Dari Virus Corona yang Perlu Kalian Ketahui

Covid-19 alias virus corona saat ini sudah melanda di seluruh dunia termasuk juga Indonesia, namun terdapat hikmah corona dibalik semua ini. Pandemi ini memaksa berbagai pihak khususnya pemerintah harus bekerja ekstra keras untuk menanggulangi penyebaran virus yang semakin berdampak kepada ekonomi di negaranya.

Berbagai upaya pencegahan penyebaran terus dilakukan seperti kebijakan yang diterapkan baik itu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga larangan mudik lebaran di tahun 2020 ini.

Aktivitas masyarakat juga didorong penuh agar dilakukan dirumah saja baik itu bekerja, sekolah, hingga aktivitas ibadah juga sebaiknya dilakukan didalam rumah.

Sebagai masyarakat yang melaksanakan pembatasan sosial jarak jauh atau Social distancing dan jarak fisik atau physical distancing menjadi jenuh dan mengeluh kapan pandemi ini akan berakhir.

Walaupun pandemi ini merugikan banyak pihak ternyata ada hikmah dibalik pandemi virus corona yang dapat dipetik. Berikut adalah hikmah corona yang bisa dipetik.

Gaya Hidup Lebih Sehat

Mengakulah bahwa Anda pada saat sebelum terjadi pandemi corona ini tidak terlalu memperhatikan kesehatan bukan, tentu dari hikmah virus corona membuat semua orang menjadi lebih memperhatikan kesehatan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Sekjen Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI Husein Habsyi mengatakan bahwa sebagian orang mengabaikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dikarenakan terhimpit beban pekerjaan, ekonomi, atau sekadar tidak punya kesadaran menjaga kesehatan dari hal kecil.

Jika ditelaah bahwa PHBS ini merupakan benteng terdepan dalam melindungi kesehatan tubuh, seperti misalnya mencuci tangan dengan sabun serta menerapkan etika batuk dan bersin.

Husein juga mengatakan bahwa ada hikmah dibalik virus corona ini terjadi. Baru kali ini hampir semua aspek masyarakat dan pemerintah bersama-sama membicarakan masalah kesehatan. Masyarakat juga sadar bahwa hidup sehat merupakan pertahanan diri yang kuat.

Skill Bidang Informasi Dan Teknologi (It) Bertambah

Sejak diberlakukan PSBB sistem pembelajaran juga dialihkan beralih ke pembelajaran daring atau online. 

Prof. Dr. Harun Joko, M.Hum yang merupakan pengamat pendidikan Universita Muhammadiyah Surakarta menilai dampak hikmah adanya virus corona pembelajaran online ini dapat meningkatkan literasi IT.

Kondisi ini memaksa para pengajar untuk berstrategi menyiapkan cara belajar yang lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Sistem belajar online ini juga mendorong para orang tua untuk aktif terlibat putra putrinya mendapatkan materi pelajaran secara efektif.

Walau demikian harus juga menjelaskan beberapa pembelajaran penting yang tidak akan dapat digantikan oleh teknologi canggih sekalipun.

Seperti misalnya literasi pendidikan budi pekerti, kompetensi sosial, literasi pendidikan karakter, dan literasi pendidikan kewarganegaraan.

Skill Memasak Meningkat

Hikmah corona lain adalah mendorong masyarakat mencari referensi kegiatan yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkan kebosanan.

Untuk menghilangkan kebosanan masyarakat melakukan aktivitas memasak. Apalagi untuk mendapatkan resep masakan ataupun tips-tips memasak semakin mudah ditemukan di platform Youtube.

Dengan memasak di rumah juga lebih efektif dalam menghemat dana daripada melakukan pemesanan makanan secara delivery.

Hubungan Keluarga Semakin Baik

Masa physical distancing saat ini juga ternyata ada hikmah dibalik corona khususnya perilaku masyarakat khususnya para Ibu.

Adapun survey dari platform parenting mengungkapkan bahwa selama lebih dari empat pekan di rumah membuat efek dinamika hubungan dengan anak dan juga pasangan.

Survei ini dapat menunjukan kecenderungan bahwa selama dapat meningkatkan kualitas hubungan antara anak dan juga pasangannya. Tentu sebabkan adanya rutinitas yang berubah dan kuantitas pertemuan yang lebih banyak.

Para wanita karier khususnya yang sudah berkeluarga merasakan waktu yang berkualitas serta memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal lain seperti memasak.

Selain memasak quality time bersama dengan pasangan sekaligus merasa senang karena ada yang membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dengan begitu kita dapat mengerti hikmah corona yang dapat diresapi sehingga dapat meningkatkan optimisme bahwa wabah ini akan berlalu. 

Warga Dunia Kompak Saling Membantu

Jika berbicara soal hikmah corona skala global dapat kita lihat bahwa warga dunia saling membantu untuk bersama-sama melawan covid-19. 

Ya dari hikmah corona ini dapat mempersatukan setiap orang di bumi tanpa memandang ras, suku, atau kepercayaan.

Bukan hanya negara Indonesia saja yang mengalami kondisi ekonomi yang tidak stabil, ternyata hampir semua negara mengalami hal ini. 

Maka dari itu banyak orang yang memiliki ekonomi menengah keatas terdorong untuk membantu meringankan beban orang yang menengah kebawah. 

Hikmah Corona yaitu Melakukan Banyak Hal Positif yang Sempat Tertunda

Sebelum terjadinya pandemi corona ini mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia menghabiskan waktu di luar rumah. Sehingga tidak memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuannya di rumah.

Dengan adanya aturan PSBB yang dikeluarkan pemerintah tentu akan membuat waktu luang jadi semakin banyak. 

Dengan hikmah corona dan banyaknya waktu luang ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan yang sempat tertunda, baik itu tidak sempat mengasah kemampuan memasak, membaca buku, belajar bisnis online dan lain sebagainya.

Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang sempat tertunda. Apabila dulu tidak sempat membaca buku favorit, membuat kerajinan tangan, memasak, atau yang lainnya. Kini dengan terus berada di rumah, seseorang dapat mengisi kebosanan selama masa karantina dengan melakukan aktivitas yang disenangi.

Hikmah Corona yaitu Kondisi Lingkungan Membaik

Selama masa karantina hikmah corona adalah jalan raya tentu semakin sepi. Sehingga kemacetan pun jarang terlihat pada saat ini. Selain itu polusi udara akan semakin berkurang, udara akan semakin bersih dan sehat, kemudian langit terlihat sangat cerah tanpa adanya awan kotor.

Tidak hanya hikmah corona dalam segi kemacetan dan polusi udara saja. Sampah-sampah juga semakin berkurang akibat tempat-tempat wisata atau tempat perbelanjaan juga menurun tingkat pengeluaran kantong plastiknya.

Itu artinya sampah plastik yang beredar semakin berkurang dan tentu akan membuat lingkungan hidup menjadi semakin baik.

Hikmah Corona yaitu Menurunnya Konsumsi Bahan Bakar Minyak

Tadi kita sudah membahas tentang hikmah corona dari jalanan yang macet menjadi sepi. Nah hal ini juga berhubungan dengan masyarakat Indonesia yang jarang menggunakan kendaraan mereka ke luar rumah.

Bagi Anda yang melaksanakan kegiatan bekerja atau sekolah dirumah tentu jarang menggunakan kendaraan pribadi lagi. Sehingga Anda bisa menghemat konsumsi bahan bakar minyak yang biasa Anda keluarkan setiap hari untuk berangkat ke kantor atau ke luar rumah.

Selain menghemat uang bensin, ternyata permintaan bahan bakar minyak ini juga semakin menurun yang mana turut membantu mencegah eksploitasi minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui.

Setiap musibah pasti ada hikmahnya termasuk juga hikmah corona yang tidak selalu berdampak negatif bagi kehidupan manusia.

Terlebih lagi kita sebagai manusia yang beradab tentu tidak ingin sakit kan, apalagi memberikan penyakit kepada orang yang kita cintai. Maka dari itu kita harus terbiasa hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan terapkan social distancing. 

Baca Juga :   Perbedaan Rapid Test dan Swab

Leave a Comment