Ikan Hias Molly atau Balon yang Cocok Untuk Aquascape

Ikan Molly

Hai para pecinta ikan hias, disini aku akan sedikit memberikan informasi dari salah satu ikan yang memiliki warna – warna menarik, yaitu ikan molly. Di Indonesia sendiri, ikan hias air tawar ini sering disebut dengan ikan balon yang berpenampilan imut dan menggemaskan bila dipandang mata.

Pada dahulu kala, ikan ini berasal dari daerah negara Meksiko. Dahulu kala ikan ini sering dijadikan santapan, akan tetapi dikarenakan corak serta bentuk tubuhnya yang  sangat indah maka sekarang sering dijadikan peliharaan dan sebagai cinderamata rumah.

Tidak diperlukannya aquarium yang sangat besar untuk memelihara ikan ini, hanya diperlukan aquarium dengan ukuran yang kecil sudah bisa memelihara ikan molly ini. Ciri utama dari ikan ini ialah tubuhnya yang kecil dan ikan molly betina meiliki tubuh lebih besar dari ikan molly jantan.

Inilah beberapa informasi menegenai ikan hias molly atau ikan hias balon yang bisa anda pelihara di Aquascape.

Jenis Ikan Hias Molly

Ikan Molly Balon

Balon Molly
Harga Ikan Balon Molly : Rp2.000 – 3.000

Ikan satu ini memiliki bentuk seperti namanya, perut buncit yangseperti balon menjadi ciri khasnya. Membudidayakannnya sangatlah mudah, jika ikan ini sedang mengandung maka perutnya kan semakin besar, dan dengan waktu 6 sampai 8 minggu dia akan melahirkan puluhan anakan ikan. Warna ini memiliki beberapa macam warna yaitu warna merah, kuning, jingga, dan masih banyak lagi.

Ikan Molly Black

Black Molly
Harga Ikan Black Molly : Rp2.000 – 10.000

Ikan Molly satu ini memiliki jenis “melanistic” yaitu munculnya pigmen gelap pada tubuh atau kebalikan dari albino. Ikan ini memiliki memiliki warna sisik yang hitam di sekujur tubuhnya hingga ekor dan sirip.

Ikan Molly Black Sailfin

Black Sailfin Molly
Harga Ikan Black Sailfin Molly : Rp2.000 – 10.000

Jenis yang satu ini memiliki sirip yang indah dan panjang. Jika anda melihat sekilas ikan ini maka akan terlihat seperti ikan cupang. Jenis ini sangat mudah untuk dibudidayakan, dan ikan ini sangat cocok bagi anda yang baru ingin memelihara ikan hias.

Ikan Molly Golden Black

Golden Black Molly
Harga Ikan Golden Black Molly : Rp10.000 – 25.000

Salah satu keunikan dari ikan ini berupa corak bintik-bintik hitam di bagian perut hingga ekornya. Dengan warna emasnya yang membalut tubuhnya dari kepala sampai perut menjadi sesuatu yang selalu dicari oleh kolektor ikan hias.

Ikan Molly Golden

Golden Molly
Harga Ikan Golden Molly : Rp10.000 – 25.000

Jenis yang satu ini termasuk jenis molly yang cukup langka. dengan corak keemasan yang sangat indah menjadi ciri khasnya.

Ikan Molly Hybrids

Hybrid Molly
Harga Ikan Hybrids Molly : Rp10.000 – Rp50.000

Salah satu jenis ikan molly yang terbentuk dari hasil perkawinan silang atau crossbreed antara spesies dari molly satu dengan molly yang lainnya dan akan menghasilkan corak yang lebih menarik.

Ikan Molly Liberty

Liberty Molly
Harga Ikan Liberty Molly : Rp10.000 – 20.000

Ikan molly ini memiliki nama latin Poecilia salvatoris, dan merupakan salah satu jenis molly yang tergolong dengan sirip pendek. Ikan ini termasuk memiliki sifat agresif, yang akan menggigt sirip ikan lainnya. Ikan yang berasal dari El Savador ini memiliki ukuran tubuh maksimal hanya sekitar 8 cm.

Ikan Molly Lyretail

Lyretail Molly
Harga Ikan Lyretail Molly : Rp25.000 – 50.000

Jenis ikan molly satu ini memiliki bentuk ekor yang meruncing dan membentuk huruf “U”. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan molly yang langka.

Ikan Molly Marble

Marble Molly
Harga Ikan Marble Molly : Rp2.000

Ikan molly ini mempunyai corak yang sangat menarik, yaitu warna dominan putih dengan bercak warna hitam di dalamnya. Ikan ini juga sangat banyak peminatnya.

Ikan Molly Platinum Lyretail

Platinum Lyretail
Harga Ikan Platinum Lyretail Molly : Rp2.500 – 10.000

Jenis satu ini memiliki tubuh platinum atau emas dan sirip punggung tinggi yang hanya akan berkibar dengan indah.

Ikan Molly Sailfin

Sailfin Molly
Harga Ikan Sailfin Molly : Rp5.000 – 50.000

Jenis ini memiliki jangka umur sampai dengan 3 tahun. Memiliki ciri khas yang membentuk sirip dibagian atas punggungnya besar dan lebar dengan ujungnya yang memiliki warna.

Ikan Molly Silver

Silver Molly
Harga Ikan Silver Molly : Rp2.500 – 10.000

Dengan ciri khas memiliki warna perak di seluruh tubuhnya. jenis satu ini sangat cocok di pelihara di dalam aquarium anda

Ikan Molly White Pot Belly

White Pot Belly Molly
Harga Ikan White Pot Belly Molly : Rp25.000 – 50.000

Salah satu jenis dari ikan molly ini, memiliki bentuk yang sangat berbeda dari lainnya yaitu berbentuk bulat dan ukurannya yang lebih mungil daripada jenis molly yang lainnya.

Ikan Molly Wild Green Sailfin

Wild Green Sailfin Molly
Harga Ikan Wild Green Sailfin Molly : Rp5.000 – 15.000

Jenis ini berasal dari Amerika tengah dan bernama latin Poecilia petenensis. Ikan ini merupakan salah satu spesies ikan molly terbesar yang terdapat di Danau Peten Guatemala. Warna dari ikan ini memiliki berbagai macam warna yaitu, ada yang abu-abu saja dan kombinasi abu serta hijau, dengan ujung sirip yang berwarna oranye.

Give a Comment