Beberapa Jenis Genset yang Wajib Kalian Ketahui

Jenis Genset

Genset dibagi menjadi beberapa jenis, berikut ini beberapa informasi dari jenis-jenis genset :

Genset Gas

Genset yang menggunakan bahan bakar gas ini menggunakan gas seperti LPG (liquid Petroleum Gas) ,CNG ( Compressed Natural Gas).

Diindustri bersama mengfungsikan CNG , Gas CNG sendiri kudu mengfungsikan infrastruktur dari pipa gas yang segera mendistribusikan CNG berikut sebagai bahan bakar genset tersebut. Penggunaan gas CNG pun kudu dipertimbangkan gara-gara pembiayaannya benar-benar mahal.

Genset Diesel

Mesin genset yang menggunakan diesel ini adalah jenis yang paling banyak kita jumpai. Mesin genset ini memiliki kapasitas dari 5kw/5000 watt hingga 2MW/2000000 watt, mesin genset ini memiliki silinder dari 2 silinder hingga 16 silinder.

Genset Bensin

Mesin genset dengan menggunakan bahan bakar bensin memiliki kapasitas yang tidak terlalu tinggi ketimbang mesin diesel yakni 10kw (10.000 watt). Mesin genset bensin ini juga mudah ditemukan karena banyak yang menggunakannya.

Genset Mini Atau Portable

Mesin genset mini memiliki ukuran yang kecil dan juga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kompak.

Biasanya genset portabel ini digunakan untuk menyalakan listrik di lapangan atau juga perkemahan.

Genset Turbin

Mesin genset turbin ini memiliki kapasitas listrik paling besar dari genset lainnya hingga 2MW2MW (2.000.000 watt), genset ini bisa menyalakan lampu hampir dikota kecil dengan cara menggabungkan beberapa turbin.

Untuk membangun turbin membutuhkan hitungan yang sangat cermat sesuai dengan kondisi yang disekitarnya.

Genset Urine

Ya benar genset urine ini adalah salah satu inovasi dari 4 pelajar Afrika yakni Duro-Aina Adebola (14 tahun), Akindele Abiola (14 tahun), Faleke Oluwatoyin (14 tahun) dan Bello Eniola (15 tahun).

Baca Juga :   Izin - Izin Operasi Genset yang Wajib Kalian Ketahui

4 sekawan ini mampu membuat genset hanya dengan menggunakan 1 liter urine bisa menghasilkan listrik hingga 6 jam lamanya.

Ukuran Kapasitas Genset

Ukuran kapsitas genset ini di ukur dengan besaran KW dan juga kVA yang akan kita bahas dibawah ini.

Kw Genset

kW adalah singkatan dari kilo watt, kita mengetahui bahwa satuan ini sering kita lihat di beberapa perangkat listrk di rumah atau di toko tak terkecuali di genset.

Satuan kW ini merupakan satuan yang paling umum digunakan untuk mengetahui jumlah batas watt yang bisa ditampung oleh jenis genset tersebut.

Dalam istilah di dunia listrik kW juga menjadi satuan daya yang dihasilkan mesin generator. Sehingga bisa dikatakan bahwa satuan kW merupakan satuan asli yang menunjukan banyaknya arus listrik yang digunakan oleh barang elektronik di sebuah tempat.

Kva Genset

kVA memang merupakan satuan listrik yang berhubungan dengan kW yang mendapatkan perhitungan power factor yang tepat.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa jika melihat kolom kVA yang menganggap bahwa kVA menunjukan hasil angka kolom yang sama dengan satuan kW.

Padahal kedua satuan ini jelas sangat berbeda, kVa sendiri mengukur seberapa besar daya yang telah digunakan oleh barang elektronik untuk bisa menyala.

Kedua hal ini tentunya akan memberikan perhitungan pada power factor yang mana untuk mendapatkan angka yang sesuai dengan tingkat besaran tenaga listrik yang dikeluarkan oleh sebuah genset.

Menghitung Kapasitas Genset

Dalam perhitungan kapasitas genset dibedakan menurut satuannya misalnya saja kVa atau kilo volt ampere, dan kW atau kilo watt yang digunakan oleh PLN.

Dalam menghitung kapasitas dalam kW, menghitung kW ke kVa dapat mengenalinya dengna perbandingan : 0.8

Baca Juga :   Cara Pasang Wifi dirumah Tanpa Kabel dan Telepon Rumah

Cara menghitung kW ke kVa kapasitas genset, untuk menentukan kW dan kVa rasio menggunakan rumus dibawah:

Perhitungan genset menggunakan kVa dengna perhitungan perbandingan adalah 1 kVa = 0.8 kWatau 800 watt.

Perhitungan genset : contoh 1 kVa adalah 800 Watt

Maka genset dengan 100 kVa memiliki kapasitas sekitar 80 kW atau 80.000 watt. Atau 100 kW sama dengan 125 kVa.

Semua Genset sendiri bisa kok kamu pakai dengan cara linnya, misalnya dengan cara sewa genset.

Leave a Comment