Kegunaan Listrik Di Kehidupan Sehari-Hari

Di era modern seperti sekarang listrik merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia dengan Kegunaan Listrik. Kita pasti setuju jika listrik ini merupakan penemuan yang sangat berdampak besar bagi manusia.

Dengan adanya listrik kehidupan manusia tidak bisa lepas dari listrik tersebut. Mungkin kita akan sulit sekali untuk tidak memanfaatkan Kegunaan Listrik saat ini untuk berbagai kebutuhan. Maka dari itu kita perlu berterima kasih terhadap penemu listrik tersebut yakni Michael Faraday.

Listrik di era modern digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari baik itu untuk menyalakan lampu penerangan, menghidupkan lemari es, setrika, mesin cuci, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Manfaat Kegunaan Listrik sangatlah luas sehingga banyak diciptakan energi-energi pembangkit listrik yang bervariasi untuk mengakomodasi kebutuhan listrik untuk banyak orang seperti energi cahaya, suara, gerak, uap, dan masih banyak lagi.

Hampir setiap saat kita merasakan manfaat listrik ini energi listrik sudah banyak berkontribusi dalam berbagai aktivitas, maka dari itu kita akan membahas beberapa manfaat listrik yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa Tempat yang Memerlukan Kegunaan Listrik

Listrik, selain digunakan sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, listrik juga sangat penting untuk beberapa hal pokok seperti dibawah ini.

Kegunaan Listrik Listrik Rumah Tangga

Sebagai salah satu kebutuhan dalam berumah tangga, listrik ini dapat dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan rumah tangga contohnya untuk menyalakan Lampu penerangan. 

Kita sepakat bahwa penerangan di rumah kita sudah menjadi hal yang pokok. Jika tiba malam hari rumah membutuhkan penerangan yakni lampu yang akan membantu kita dalam melihat di dalam rumah dan juga untuk berbagai kegiatan lainnya yang membutuhkan penerangan.

Selain lampu juga listrik dalam rumah tangga digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, setrika, dan untuk mengisi daya baterai pada ponsel Anda.

Kegunaan Listrik Listrik Perkantoran

Kebutuhan listrik pada perkantoran mungkin hampir sama dengan kebutuhan listrik di rumah tangga. Mungkin perbedaannya yakni daya listrik yang digunakan untuk perkantoran jauh lebih besar ketimbang rumah pada umumnya.

Ya hal ini dikarenakan perkantoran terdapat banyak peralatan elektronik untuk operasional kantor seperti misalnya komputer yang lebih dari satu.

Tentu dengan banyaknya komputer ini membutuhkan sekali daya listrik yang sangat banyak dan harus stabil jika tidak maka operasional perkantoran tersebut bisa terganggu.

Kebutuhan Listrik Hotel

Selain perkantoran, ada juga hotel dimana hotel ini sangat membutuhkan pasokan listrik untuk berbagai kebutuhan para karyawan hotel dan juga tamu yang menginap di hotel tersebut.

Seperti halnya rumah kebutuhan listrik pada hotel memang digunakan untuk hal-hal pokok. Namun ada juga beberapa kebutuhan lainnya seperti pengeras suara pada acara-acara tertentu yang diselenggarakan pihak hotel.

Kenapa Listrik Mati ? Dan Bagaimana Mengatasinya

Jika kita melihat dari berbagai jenis kebutuhan listrik sebelumnya. Tentu kita ingin mendapatkan pasokan listrik secara terus menerus dan stabil untuk tetap dapat melakukan aktivitas dengan lancar dan bisnis tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Bayangkan saja jika listrik yang diandalkan untuk operasional kantor mengalami gangguan atau malah terjadi pemadaman dari pusat penyedia listrik seperti PLN. Tentu aktivitas kantor akan menjadi terganggu dan kemungkinan terburuknya operasional kantor berhenti secara total.

Tentu hal ini tidak ingin terjadi, maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kita ketahui penyebab listrik yang mati atau padam itu sendiri. 

Penyebab Listrik Mati

  • Korsleting listrik

Korsleting listrik atau biasa disebut dengan hubungan pendek bisa menjadi penyebab utama dari padamnya listrik.

Korsleting listrik ini bisa terjadi akibat dua jalur kabel yakni positif dan negatif saling bertemu baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dua kabel yang saling bersentuhan secara langsung ini terjadi jika lapisan luar dari kabel terkelupas dan saling bersentuhan. 

Sedangkan untuk kabel yang bersentuhan secara tidak langsung bisa terjadi karena kabel atau terminal tergenang air sehingga aliran Kegunaan Listrik bisa mengalir lewat air tersebut.

  • Gangguan Alam

Listrik alami sendiri bisa terjadi akibat dari hujan yang lebat dan awan yang berkumpul di atas. Hal ini ada penjelasannya ilmiahnya sendiri dimana awan tersebut dapat mengeluarkan petir yang dapat menyambar tiang listrik atau trafo yang menyebabkan padamnya listrik dirumah Anda.

Selain itu hujan yang lebat disertai badai dapat menyebabkan pohon-pohon rubuh yang menimpa kabel listrik yang ada sehingga aliran listrik bisa terputus.

  • Beban listrik yang berlebihan

Beban listrik yang berlebihan ini dapat diakibatkan karena pasokan daya listrik yang secara tiba-tiba mengalami lonjakan.

Biasanya lonjakan ini diakibatkan ada salah satu perangkat elektronik yang membutuhkan asupan listrik yang sangat besar namun daya tampung listrik dirumah Anda tidak mencukupi sehingga bisa menyebabkan matinya listrik.

Solusi Untuk Pasokan Listrik Saat Mati Lampu

Apakah ada solusi jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba? Jawabannya ada yakni menyediakan pasokan listrik cadangan secara mandiri saat listrik padam. Apa saja macamnya, berikut penjelasan yang lebih lengkap.

Alat Penyimpan Listrik Saat Mati Lampu

Untuk mendapatkan pasokan Kegunaan Listrik cadangan saat listrik kita membutuhkan alat khusus untuk menyimpan listrik seperti layaknya baterai cadangan.

Contohnya saja UPS atau Uninterruptible Power Supply, UPS ini merupakan baterai cadangan bagi perangkat elektronik yang sering digunakan untuk komputer.

Meskipun UPS Ini dapat menjadi pasokan listrik cadangan bagi satu perangkat komputer, UPS ini tidak cukup efektif bagi kebutuhan perkantoran yang mana membutuhkan lebih dari satu UPS yang harganya juga tidak murah dan hanya dapat memasok listrik beberapa menit saja sebelum baterai cadangan ini habis.

Pengganti Listrik Saat Mati Lampu

Memang ada beberapa peralatan yang dapat menggantikan listrik pada saat mati lampu namun satu yang cukup efektif yakni penggunaan genset.

Genset Sebagai Pengganti

Seperti yang kita bahas sebelumnya genset ini memang dapat memasok listrik cadangan dengan daya yang besar dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan genset ini digunakan pada bangunan pabrik yang mana membutuhkan pasokan daya listrik yang sangat besar. Yang mana pada suatu pabrik di dalamnya terdapat mesin-mesin produksi yang sangat membutuhkan pasokan listrik yang besar untuk dapat beroperasi.

Maka dari itu adanya genset pada sebuah bisnis khususnya bisnis menengah ke atas sangatlah dibutuhkan.

Untuk jenis genset sendiri ada bermacam-macam tergantung dari bahan bakarnya hingga kapasitas daya yang bisa dihasilkan genset tersebut.

Cara Memilih Genset

Lalu bagaimana cara memilih genset atau generator set yang bagus?. Jawabannya tergantung dari kebutuhan Anda.

  • Sesuaikan genset dengan daya listrik yang Anda butuhkan

Misalnya saja Anda menggunakan genset untuk menjalankan sebuah pabrik Anda akan membutuhkan genset dengan kapasitas daya yang besar. Namun saran saya Anda menyiapkan genset dengan daya listrik 30% lebih dari daya listrik yang Anda butuhkan.

Mengapa demikian? Karena kelebihan daya listrik ini dibutuhkan agar dapat menghindari kesalahan dari perhitungan yang kita lakukan sebelumnya. Lebih baik kelebihan daya daripada kekurangan yang malah akan mengganggu operasional pabrik Anda.

  • Memilih jenis bahan bakar untuk genset

Genset ini memiliki beberapa jenis bahan bakar yang bisa Anda pilih misalnya genset bensin, solar, dan gas.

Saran saya carilah bahan bakar yang memang memiliki harga yang murah dan juga mudah untuk didapatkan misalnya adalah solar.

  • Pilih tipe generator yang sesuai dengan kebutuhan

Dalam memilih tipe generator bisa tergantung dari lingkungan tempat genset tersebut. Ada dua tipe genset yakni open dan silent.

Genset tipe open ini memiliki karakter yang berisik sehingga cocok untuk ditaruh diluar gedung yang jauh dari orang. Biasanya genset ini memiliki daya yang sangat besar sehingga memiliki mesin yang besar dan berisik

Genset tipe silent ini memiliki suara yang tidak terlalu berisik sehingga bisa ditaruh di dalam ruangan. Tipe silence ini biasanya memiliki daya yang tidak terlalu besar dan hanya mampu menyalakan lampu atau beberapa perangkat elektronik saja.

Distributor Genset

Dari bahasan kita tentang Kegunaan Listrik hingga pentingnya genset untuk bisnis Anda maka Anda tidak perlu lagi pusing-pusing menemukan genset yang cocok untuk kebutuhan Anda semuanya ada di Genset Mania.

Genset Mania menyewakan genset untuk kebutuhan bisnis Anda baik itu memasok listrik untuk perkantoran, pabrik, ataupun acara-acara penting.

Mengapa lebih memilih sewa genset ketimbang membelinya? Keuntungan dari menyewa genset antara lain.

  • Dapat menghindari kesalahan dalam membeli genset yang Anda butuhkan.
  • Tidak perlu merekrut staff listrik tambahan hanya untuk maintenance genset.
  • Tidak membutuhkan pengetahuan lebih untuk menggunakan genset karena akan dioperasikan oleh orang yang ahli.
  • Hemat biaya dibandingkan dengan membeli genset yang sangat mahal.
  • Dapat memilih kapasitas genset yang Anda butuhkan.

Bagaimana Anda tertarik bukan? Maka segeralah Anda sewa genset di distributor genset Genset Mania.

Leave a Comment