Cara Menjaga Kesehatan tubuh Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting namun sering sekali dilupakan oleh sebagian orang di Indonesia.

Apalagi jika cuaca tidak bersahabat, pancaroba banyak sekali penyakit yang siap menyerang siapa saja yang tidak terbiasa dengan hidup sehat.

Kadang orang lalai atau malas menjaga kesehatan tubuh walaupun dengan hal yang paling sederhana sekalipun seperti misalnya cuci tangan.

Selain cuci tangan ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh menyesuaikan kebutuhan, usia, aktivitas, dan juga kemampuan seseorang.

Namun asupan gizi untuk tubuh yang tepat merupakan syarat penting dalam menjaga kesehatan tubuh tubuh dari dalam.

Berikut ini adalah beberapa contoh cara untuk menjaga kesehatan tubuh tubuh yang lengkap namun mudah dilakukan sehari-hari :

Menjaga Berat Badan Ideal Untuk Kesehatan tubuh

Berat badan juga menunjukan tingkat kesehatan tubuh tubuh Anda. Semakin ideal berat badan Anda maka Anda di cap semakin sehat.

Dalam menjaga kesehatan tubuh tubuh Anda bisa menerapkan pola makan yang teratur dan juga sehat. Jangan lupa juga melakukan rutinitas gerak sehingga bisa menjaga tubuh dari obesitas ataupun berat tubuh yang terlalu rendah.

Dilansir dari sebuah situs kesehatan tubuh bahwa kelebihan berat badan ini bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, stroke, kanker, hingga sakit jantung.

Tidur yang Cukup Untuk Kesehatan tubuh

Kebutuhan waktu tidur memang berbeda setiap usianya. Hal ini para pakar kesehatan tubuh sepakat bahwa orang pada umumnya tidur kurang dari 6 jam setiap malam, akan sangat beresiko mengalami flu karena virus dibandingkan dengan orang yang sudah tidur 7 jam atau lebih.

Berdasarkan penelitian untuk orang yang tidur minimal 8 jam setiap hari selama 2 minggu menunjukan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Hal ini disebabkan sitokin yang akan lepas selama tidur, sitokin ini adalah sejenis protein yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan imun.

Sering Mencuci Tangan dengan Sabun

Untuk cara menjaga kesehatan tubuh tubuh yang mana yang sangat diprioritaskan kali ini adalah mencuci tangan dengan sabun.

Apakah tidak cukup cuci tangan menggunakan hand sanitizer? Ternyata tidak karena virus memang mati namun masih meninggalkan bekasnya.

Jika mencuci tangan dengan sabun maka virus atau bakteri yang mati ini akan larut bersama dengan air dan sabun.

Bersosialisasi

Selain menjaga kesehatan tubuh diri sendiri ternyata bersosialisasi juga bisa mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Mengapa dengan sosialisasi saja bisa terhindar dari penyakit karena biasanya seseorang yang sakit bisa ditimbulkan dari rasa kesepian.

Dengan bersosialisasi maka seseorang yang tadinya stress menjadi tidak stress dan bisa meningkatkan imun tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit yang dialaminya.

Olahraga Rutin, Minimal 5 Menit Per Hari Untuk Kesehatan tubuh

Selain asupan gizi yang baik cara menjaga kesehatan tubuh tubuh selanjutnya adalah bergerak aktif. Selain itu olahraga juga baik dalam mencegah sekaligus mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, seperti misalnya depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, diabetes, stroke, radang sendi, hingga kanker.

Sebagai permulaan Anda juga bisa melakukan yoga dan olahraga ringan selama 5 menit saja setiap harinya, yang bisa Anda tingkatkan setiap hari hingga 30 menit.

Disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu atau dibagi rata-rata 20 hingga 30 menit setiap harinya untuk olahraga.

Hindari Junk Food dan Kurangi Soda Untuk Kesehatan tubuh

Cara menjaga kesehatan tubuh tubuh yang paling sederhana yang bisa diterapkan adalah menghindari makan makanan sampah atau junk food. Ketahui bahwa Anda bahwa junk food ini memiliki kadar lemak dan yang tinggi.

Dan juga minuman bersoda biasanya menjadi pelengkap junk food yang ternyata didalamnya terkandung gula tambahan yang meningkatkan resiko terkena diabetes tipe-2 sebesar 26 persen lebih tinggi.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengelola stres dengan baik

Stress adalah hal yang memang sering sekali sering terjadi namun penting sekali bahwa Anda harus mengelola stres ini dengan baik.

Stress yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh.

Stres merupakan hal yang sering terjadi, namun penting bagi Anda untuk mengelolanya sebaik mungkin. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, stres termasuk bisa menaikkan risiko Anda terkena bermacam penyakit. 

Dalam mengelola stres, cobalah untuk berolahraga, berjalan-jalan di alam, mempraktikan teknik pernapasan, melakukan meditasi, atau berkumpul dengan teman-teman. 

Akan tetapi, jika stres yang Anda rasakan tak termasuk berkurang atau tambah memburuk, sebaiknya segera cari perlindungan psikolog.

Itulah lebih dari satu cara memelihara kesehatan tubuh tubuh simpel yang bisa Anda cobalah terapkan tiap-tiap hari. Semoga kesehatan tubuh selamanya menyertai tiap-tiap langkah

Menjaga Kebersihan Untuk Kesehatan tubuh

Selain menjaga kesehatan tubuh tubuh Anda juga menjaga kebersihan, baik kebersihan tubuh dan juga lingkungan.

Karena dengan bersih maka bakteri atau virus tidak suka dan akan mati dengan sendirinya. Hal sederhana yang bisa dilakukan seperti misalnya rajin mandi, membersihkan kamar tidur, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun setelah beraktivitas dari luar rumah.

Hindari Alkohol dan Kurangi Merokok Untuk Kesehatan tubuh

Dalam menjaga kesehatan tubuh Anda juga harus meninggalkan kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi alkohol dan merokok. Ternyata menurut penelitian bahwa alkohol dan rokok ini dapat merusak sel dendritik yakni yang merupakan komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh kita.

Banyak dokter sepakat bahwa vaksin ini bisa tidak efektif bagi orang yang memiliki kebiasan minum alkohol.

Selain itu sebaiknya mulai mengurangi merokok atau paparan rokok. Seiring berjalannya waktu Anda yang perokok harus mulai dari sekarang menguranginya.

Berpikiran Positif (Positive Thinking)

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, pasti Anda sering mendengar kalimat tersebut karena memang kondisi gangguan mental seperti stress dan depresi bisa mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Maka dari itu kita sebaiknya terus berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi untuk mengganggu kesehatan tubuh.

Pikiran positif terlampau mutlak bagi kehidupan dan kesegaran kita. Karena terkecuali kita kerap menganggap buruk, energi yang tidak baik akan menyelimuti tubuh dan mengakibatkan stress agar kita mesti menghindarinya.

Kita terhitung mesti jauhi orang-orang dengan pola pikir negatif. Sikap mental yang positif merupakan anggota mutlak berasal dari hidup sehat. Ini tentu menjadikan kita tidak mesti untuk mendekati Orang-orang menganggap negatif yang akan meracuni anggapan kita dengan segala asumsi yang mampu mengakibatkan stres yang berdampak tidak baik untuk kesegaran Anda.

Kenali bahasa tubuh

Bahasa tubuh, ya ternyata tubuh kita bisa berbicara seolah-olah kita mengalami sesuatu seperti misalnya kelelahan, lapar, hingga sakit.

Jika tubuh mengalami  beberapa hal tersebut alangkah baiknya kita tanggapi sesuai tanda yang terjadi misalnya saja jika tubuh kelelahan maka kita harus tanggapi dengan beristirahat.

Ada lagi hal yang kecil yang sering tidak kita sadari seperti bekerja di depan komputer yang terlalu lama sehingga mata kita berair dan perih. Tanda ini adalah tubuh kita sudah lelah dan butuh istirahat sehingga jangan terlalu dipaksakan sehingga bisa mengalami gangguan pada mata.

Istirahat merupakan kondisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh yang mengembalikan stamina yang sudah lelah.

Istirahat ini menjadi kunci sehat yang harus dilakukan seperti misalnya tidur yang cukup 7 hingga 8 jam perhari terpenuhi.

Jangan kurang atau juga jangan berlebihan karena benar bahwa kebanyakan tidur juga dapat menimbulkan banyak penyakit.

Karena Banyak orang yang terkena penyakit sebab jam tidur mereka teledor dan tidak berkualitas. Mereka banyak yang tidur sudah larut malam kemudian bangun terlampau pagi. 

Alasan pekerjaan menyebabkan mereka melakukan pola hidup yang tidak sehat. Setelah seharian bekerja, tubuh kami mesti istirahat agar organ yang ada di didalam tubuh termasuk tidak bekerja terlampau keras. 

Ada banyak sekali penyakit akibat tidak cukup tidur yang mengintai orang dengan jam tidur yang tidak cukup.

Dan terhadap sementara tidur, alangkah baiknya jika tidur dengan lampu tidak menyala dan meningkatkan kualitas tidur kami dengan tidur tanpa bantal. Tidak hanya terhadap malam hari saja, tidur di siang hari pun akan terlampau memberi manfaat bagi tubuh kita.

Cukupi kebutuhan vitamin Untuk Kesehatan tubuh

Kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan cara mencukupi kebutuhan vitamin tubuh dan gizi yang seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Semua makanan yang Anda konsumsi lebih baik mengandung komposisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi dan vitamin yang kita butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C: Terdapat dari sayuran brokoli, kiwi, jeruk, paprika merah, dan bayam.

Vitamin E: Terdapat dari biji kuaci, sayur bayam, dan kacang almond.

Vitamin B6: Terdapat dalam ikan salmon, dada ayam, ubi, dan tahu.

Vitamin A: Terdapat dalam tanaman ubi.

Omega-3: Terdapat dalam berbagai jenis ikan salmon dan tuna.

Flavonoid (antioksidan): Terdapat dalam blueberry, bayam, dan green tea.

Menjaga Pola Makan

Salah satu menjaga kesehatan tubuh yakni dengan cara menjaga pola makan Anda. Pola makan ini bisa sarapan, makan siang, dan makan malam yang tidak boleh ditinggalkan.

Jika salah satu pola makan yang ditinggal maka akan bisa menyebabkan penyakit maag seperti perut yang melilit dan dapat mengganggu aktivitas.

Maka untuk menghindari masalah seperti ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menjaga pola makan yang baik :

Mengkonsumsi Gizi Seimbang

Makanan gizi yang seimbang yakni 4 sehat dan 5 sempurna. Memang faktor ekonomi banyak orang yang tidak bisa melakukan pola makan ini.

Pola makan mereka biasanya dilengkapi dengan sayur yang mungkin tidak memakai lauk sama sekali.

Nah maka dari itu bisa juga sesekali melengkapi makanan dengan segelas susu dan juga perbanyak sayur-sayuran.

Hindari Makan Berlebihan atau kurang

Makan berlebihan ternyata bisa membuat kita menjadi obesitas dan dapat menimbulkan banyak sekali penyakit misalnya penyakit jantung hingga stroke.

Lalu sebaliknya juga bahwa kurang makan akan beresiko kekurangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu makanlah sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Caranya adalah dengan makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Hal ini dapat kita terapkan untuk mengubah jadwal makan yang tidak teratur.

Jika terbiasa dengan porsi yang besar maka Anda bisa makan 2 atau 3 kali sehari. Maka jika dibagi maka dengan porsi yang sedikit bisa dilakukan 4 sampai 5 kali sehari.

Tujuannya adalah agar tubuh terhindar dari terlalu banyak menerima makanan yang harus dicerna dalam waktu yang sama.

Hindari Makanan Sampah

Tadi kita sebenarnya sudah menyebutkan bahasan tentang junk food yang harus dihindari.

Karena junk food sendiri merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Junk food ini penuh dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi yang bisa mengakibatkan jantung koroner.

Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat juga dapat dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh tubuh. Kita memerlukan makanan berserat ini untuk menjaga tubuh agar menjadi tetap sehat dan bugar. 

Makanan yang berserat ini berfungsi untuk menyehatkan organ pencernaan dan terhindar dari sembelit.

Dengan makanan berserat akan membantu mengeluarkan racun yang menempel di usus besar. Apabila racun yang menempel di usus besar tidak dikeluarkan maka akan beresiko terkena kanker usus.

Salah satu sumber makanan berserat yang terbaik adalah brokoli, apel, wortel dan kacang-kacangan.

Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin D

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin D merupakan cara yang terbaik untuk tubuh agar menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin D antara lain kuning telur, jamur, hati sapi, ikan salmon, dan ikan tuna.

Dan juga Anda bisa menggunakan suplemen vitamin D dan juga pilih suplemen yang khusus mengandung vitamin D3 yang secara langsung dapat meningkatkan Vitamin D dalam tubuh.

Konsumsi Probiotik

Daya tahan tubuh bisa semakin kuat dengan menjaga kesehatan tubuh yang artinya akan lebih tahan terhadap penyakit. Hal ini sangat penting sekali Anda menerapkan hidup sehat.

Terlebih dari musim hujan dimana banyak sekali orang yang terkena penyakit flu. Adapun beberapa upaya agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya yakni mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Apa itu probiotik?

Apa sih itu probiotik? Biasanya probiotik ini terdapat dalam jenis makanan tertentu yang telah mengalami proses fermentasi.

Probiotik ini terbentuk dalam makanan yang sudah difermentasi dengan bakteri tertentu yang dapat membuat makanan bergizi.

Probiotik ini merupakan bakteri baik yang bisa membantu dalam meningkatkan bakteri baik dalam usus kita.

Beberapa jenis probiotik yang paling umum adalah bakteri asam laktat baik itu lactobacillus dan bifidobacteria. Probiotik juga bisa Anda temukan di dalam makanan yogurt, tempe, kimchi, sauerkraut, kefir, dan masih banyak lagi.

Banyak manfaat yang dapat diberikan bakteri baik dalam usus

Di dalam usus Anda, hidup banyak sekali bakteri, hampir berjumlah 100 triliun bakteri. Bakteri-bakteri ini menopang tubuh didalam menambah kesehatan tubuh saluran cerna. 

Juga, menopang di dalam memecah makanan sehingga makanan dapat lebih gampang diserap tubuh. Tanpa terdapatnya bakteri ini didalam usus, saluran pencernaan Anda tidak dapat bekerja.

Tak cuma memecah makanan, probiotik terhitung menopang membunuh bakteri, virus, kuman, dan jamur yang terdapat didalam makanan yang Anda makan. 

Dengan cara ini, bakteri didalam usus dapat menjaga tubuh Anda dari segala model mikroorganisme yang dapat membahayakan tubuh.

Bakteri didalam usus terhitung jadi alat untuk mengirim tanda dari usus langsung ke otak. Bakteri ini menginformasikan langsung ke otak berkenaan apa saja yang sedang berjalan didalam tubuh. Contohnya saja jika Anda sedang gugup, Anda mungkin dapat merasa sakit perut. Nah, bakteri lah yang berperan dalam menjalin komunikasi antara otak dan usus, sehingga membawa dampak perihal selanjutnya terjadi.

Bagaimana probiotik meningkatkan daya tahan tubuh?

Ada banyak penelitian yang menunjukan bakteri yang ditemukan di yogurt atau makanan fermentasi lainnya dapat memperkuat daya tahan tubuh dan bisa mencegah infeksi dalam usus hingga keseluruh bagian tubuh.

Salah satunya adalah penelitian menemukan bahwa seorang atlet yang mengkonsumsi probiotik lebih tahan 40% dari pilek dan infeksi saluran cerna daripada atlet yang tidak mengkonsumsinya.

Probiotik meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

Semakin banyak bakteri baik dalam usus maka tubuh akan semakin kuat dalam melawan penyakit. Bakteri baik akan melapisi usus sehingga usus dapat meningkatkan daya cerna nutrisi menjadi semakin baik. 

Beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa probiotik menaikkan kekuatan tahan tubuh secara total dengan cara menyeimbangkan limfosit B dan T di dalam tubuh. Di mana, limfosit B dan T ini dapat bekerja serupa di dalam melawan bakteri yang mampu membahayakan tubuh.

Perlu diketahui, tiap tiap style sel imun (kekebalan) tubuh mampu dipengaruhi bakteri di dalam banyak cara. 

Di mana, sel imun ini terkandung didalam kuantitas yang lebih banyak di usus daripada di anggota tubuh lain. Bakteri baik didalam usus mampu merangsang sistem imun tubuh untuk bekerja selagi memahami terdapatnya mikroorganisme yang mampu membahayakan tubuh.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Pasti semua orang tahu bahwa tubuh manusia terdiri dari air yang mana jika tubuh kekurangan air maka akan mengalami lemas.

Cairan tubuh bisa berkurang jika kita buang air kecil, berkeringat, dan bernapas, sehingga perlu di isi lagi lewat air minum.

Sebuah penelitian memperlihatkan kuantitas air yang kami butuhkan adalah tergantung pada bermacam faktor. Seperti suasana iklim dan cuaca, kesibukan fisik yang kami lakukan, dan juga berat badan. Tetapi kebanyakan kami perlu 2,7 sampai 3,7 liter asupan air. 

Atau setidaknya kami minum 8 gelas air per hari peranan memenuhi kebutuhan cairan tubuh tiap tiap harinya. Jangan kurang, jangan pula berlebihan. 

Alih-alih menghendaki meraih hasil maksimal berasal dari fungsi minum air, jangan mengkonsumsi air secara terlalu berlebih karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jika keluar gejala layaknya misalnya; urine kami berwarna atau agak kekuningan, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu gejala yang keluar karena tubuh kami merasa kekurangan cairan.

Dan sebaiknya kamu jangan mengkonsumsi cairan tak sekedar air putih, karena air putihlah yang paling baik untuk menghindarkan kami berasal dari bahaya dehidrasi. 

Air putih juga bisa sebabkan tubuh kami menjadi bugar karena aliran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. 

Karena jika aliran darah dan oksigen tidak lancar kami akan mudah lelah, lesu, lunglai dan lain sebagainya.

Cairan tubuh yang cukup maka dapat menjaga kesehatan tubuh tubuh agar tidak mudah sakit. Adapun bahayanya timbul jika kekurangan cairan tubuh maka bisa menyebabkan aliran darah dan kandungan oksigen dalam darah menjadi terganggu sehingga darah menjadi kental.

Maka organ dalam yang membutuhkan darah ini maka akan mengalami gangguan terhadap fungsi organ.

Minum Cukup Air Putih dan Teh Hijau

Memperbanyak dalam mengkonsumsi air putih setiap hari ini salah satu langkah dalam menjaga kesehatan tubuh.

Jumlah air putih yang harus dikonsumsi tergantung dengan kebutuhan berat badan Anda, misalnya saja berat Anda 40 kg x 30 ml yang mana Anda harus 1200 ml air putih.

Selain air putih Anda juga bisa meminum teh hijau yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tubuh Anda, karena teh hijau ini mengandung tinggi akan antioksidan yang disebut dengan flavonoid sehingga bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Demikian bahasan kita tentang cara menjaga kesehatan tubuh tubuh yang penting untuk mencegah berbagai macam penyakit, semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Perbedaan Rapid Test dan Swab

Leave a Comment