Yuk Kenali Kucing Anggora Agar Tahu Cara Merawatnya

kucing anggora

Kucing Anggora merupakan hewan peliharaan yang paling populer di Indonesia karena mungkin mayoritas orang di Indonesia adalah muslim yang lebih memilih kucing daripada hewan anjing. Selain itu juga kucing juga termasuk hewan yang cocok untuk dipelihara dengan sifatnya yang manja, lucu dan juga menggemaskan bagi sebagian orang. 

Jenis dari kucing sendiri ada bermacam-macam dan juga memiliki ciri khasnnya masing-masing salah satunya adalah kucing anggora. Jenis kucing ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali yakni memiliki bulu yang lebat, panjang, dan juga lembut. Dengan ciri khas ini kucing berbulu lebat ini sering disebut juga dengan dengan kucing persia, padahal kucing anggora dan persia jelas jauh berbeda. 

Perbedaan kucing anggora dengan kucing persia dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Kucing persia memiliki badan yang gemuk sedangkan kucing anggora memiliki ukuran badan yang sedang. Selain tubuh, bentuk kepala dari kucing anggora lebih runcing seperti singa dan hidung yang mancung. Yang paling membedakan dengan kucing lain adalah bulunya yang lebat hingga leher mirip seperti singa.

Buat kamu yang sedang cari hewan peliharaan mungkin kucing anggora lucu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena memang kucing ini selain lucu juga bisa di lepas dan tidak akan meninggalkan rumah tuannya. 

Untuk kamu yang minat harus siap dengan harganya, karena harga kucing anggora ini cukup mahal antara 1-2 juga rupiah perekor. Selain harganya yang mahal kamu juga harus merawat kucing ini dengan biaya yang cukup mahal juga.

Mengenal Jenis Kucing Anggora

Yuk Kenali Kucing Anggora Agar Tahu Cara Merawatnya

Dalam pengenal jenis kucing anggora kita harus tahu sejarahnya terlebih dahulu, nama anggora sendiri berasal dari sebuah kota yang ada di negara Turki yakni Ankara. Kucing ini memiliki ciri khas dengan bulu yang panjang pertama di eropa. Bahkan dulu kucing ini dijadikan sebagai hadiah ataupun cinderamata dari pengunjung Turki atau bagi para penjajah. 

Karena keberadaannya yang cukup terkenal di dunia, kucing ini semakin langka dan juga sulit untuk didapatkan. Namun pemerintah Turki membuat sebuah program di kebun binatang Ankara untuk melestarikan kucing anggora asli ini. Maka hingga saat ini kucing semakin populer hingga keseluruh dunia.

Di Indonesia sendiri jenis kucing sebagai hewan peliharaan sudah menjadi trend. Banyak orang yang menginginkan kucing ini untuk dipelihara, tetapi ternyata di Indonesia banyak jenis yang tidak asli. Melainkan hasil perkawinan silang dengan kucing lokal. Namun begitu jenis kucing anggora ini masih saja di minati hingga sekarang.

Kepribadian

Yuk Kenali Kucing Anggora Agar Tahu Cara Merawatnya

Untuk jenis kucing satu ini memang dikenal dengan tampilan yang elegan. Namun tahukah Anda bahwa kucing satu ini juga memiliki tingkat kecerdasaan yang cukup tinggi. Kucing ini bisa menyelesaikan masalah yang ia temukan lebih cepat ketimbang kucing jenis lain. Selain pintar kucing juga atletis, kucing ini pernah terlihat memanjat rak buku yang tinggi dengan mudah.

Anda suka kucing yang aktif dan juga manja? Maka kucing sangat cocok jadi peliharaan Anda, karena memang kucing akan berusaha untuk dekat dengan Anda sekaligus mencari perhatian walaupun kamu sedang sibuk. Jadi jangan marah jika kamu diganggu pas lagi kerja di depan komputer ya hehe.

Selain manja dan juga pintar bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Contohnya saja jika ada tamu yang datang kerumah maka kucing ini tidak segan-segan untuk mendekati tamu tersebut untuk bermain. Tidak hanya dengan manusia, kucing juga mudah berteman dengan hewan perliharaan lain yang ada dirumah seperti anjing dan kucing jenis lain.

Namun perlu diperhatikan pada tingkat kecerdasaan kucing ini yang sering kali menjadi tantangan tersendiri. Tak jarang dengan tingkat kepintarannya kucing ini berbuat gaduh tak terkendali. Sehingga Anda harus memiliki kesabaran yang ekstra untuk menghadapinya. Itulah mengapa merawat kucing anggora tidak membosankan. 

Cara Perawatan

Yuk Kenali Kucing Anggora Agar Tahu Cara Merawatnya

Cara memelihara kucing dan merawatnnya memang memerlukan komitmen yang tinggi. Kamu harus meluangkan waktu ekstra dalam perawatannya minimal seminggu sekali menyisir bulunya. Dengan cara ini bulu kucing anggora akan selalu rapi dan terlihat cantik, tidak hanya supaya rapi saja, bulunya akan selalu lembut dan tidak mudah rontok. 

Gigi kucing anggora juga perlu di sikat loh, seperti halnya manusia bahwa kucing juga akan membutuhkan perawatan gigi agar giginya tidak rusak. Menyikat gigi juga bisa Anda lakukan cukup seminggu sekali saja.

Kuku kucing anggora juga perlu dirawat dengan cara memotong kuku dan menyeka sudut mata dengan kain yang lembut. Karena jika kukunya terlalu panjang akan mengganggu aktivitasnya, sedangkan kebersihan mata pada kucing akan membuat pengelihatan kucing akan selalu terjaga. Caranya membersihkan sudut mata kucing cukup dilakukan perlahan saja hindari penggunaan kapas karena dapat melukai bagian dalam telinga. 

Untuk makanan kucing anggora juga harus diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata, kelincahan hingga keindahan bulunya. Untuk makanannya bisa dibedakan berdasarkan umur karena untuk anakan kucing anggora memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan kucing yang sudah dewasa. Dimana bayi kucing yang baru berusia 0 hingga 4 minggu masih memerlukan ASI dari induknya. Pada umur 3 bulan sebaiknya diberikan makanan yang basah karena pencernaannya masih belum kuat untuk mengkonsumsi makanan yang kering. Jika sudah berusia minimal 1 tahun maka kucing bisa diberikan makanan yang basah maupun kering. 

Kita pasti suka sekali melihat tingkah laku kucing yang sedang bermain. Ya benar sekali Anda juga bisa memberikan mainan kucing anggora agar kucing tidak jenuh. Selain itu Anda juga bisa ikut bermain dengan kucing kesayangan Anda dikala senggang.

Berbicara soal kucing tentu setiap hewan peliharaan akan membutuh tempat untuk kotorannya. Maka usahakan Anda menyiapkan kotak pasir yang cukup sesuai dengan jumlah kucingnya. Dan usahakan kotak pasir tersebut selalu Anda bersihkan agar bulu kucing kamu selalu bersih dan terhindar dari penyakit. Selain itu Anda juga harus perhatikan keberadaannya yang sebaiknya tetap berada didalam rumah, karena selain rawan hilang, kucing ini juga bisa terkena penyakit dari luar rumah yang tentunya tidak ingin terjadi kepada kucing kamu kan. 

Itulah beberapa pembahasan seputar kucing anggora dan perawatannya yang mungkin bisa menjadikan referensi untuk Anda yang berminat untuk memelihara si kucing lucu ini. Semoga bermanfaat.

Give a Comment