Kuliner Cirebon Yang Wajib Kamu Cicipi

Kuliner Cirebon

Dalam mengunjungi sebuah tempat saat kamu traveling, tentunya tak terlepas dari yang namanya menjelajah makanan yang khas untuk daerah tersebut bukan? Kali ini, saya akan membagikan berbagai tempat kuliner Cirebon yang sangat wajib kamu kunjungi ketika kamu berkunjung di kota Cirebon!

Kuliner di Cirebon sendiri memang sangat beragam. Ada yang buka saat pagi hari, siang hari, bahkan sampai yang larut malam sekalipun memiliki daya Tarik sendiri yang membuat para warga local maupun para pelancong menjadi penasaran. Kamu bisa pilih sendiri, tapi, sangat saying sekali bukan kalau melewatkan semuanya?

Berikut ini adalah kuliner Cirebon yang sangat wajib kamu kunjungi dan kamu cicipi:

1.      Empal Gentong Batik Kitchen

 

Ini nih, salah satu kuliner Cirebon yang sangat wajib kamu coba, adalah empal gentong! Makanan yang terdiri dari daging dan jeroan sapi lalu degan guyuran kuah yang sangat gurih sangat cocok untuk disantap di siang hari saat jam makan siang. Rasanya memang sangat nikmat, banyak juga orang-orang selain masyarakat kota Cirebon yang menyukainya.

Salah satu tempat makan empal gentong yang sangat terkenal adalah di Batik Kitchen. Memang sih, pada sepanjang jalan yang menuju kampung Trusmi sebagai pusat belanja batik kamu nantinya akan menemui berbagai rumah makan empal gentong yang merupakan makanan khas Cirebon. Namun Batik Kitchen ini yang memiliki rasa nikmat dan selalu ramai pengunjung. Bagaimana tidak, empal gentongnya disajikan langsung dengan gentongnya juga yang membuatnya unik.

Kuliner di Cirebon yaitu Batik Kitchen beralamat di Jalan Trusmi Kulon No. 148, Plered, Weru Lor, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154.

2.      Kuliner Cirebon: Nasi Jamblang Ibu Nur

 

Nasi jamblang, salah satu makanan khas dari kota Cirebon yang memiliki daya Tarik tersendiri. Nasi jamblang sendiri tidak ada bedanya dengan warung yang menjual nasi dengan berbagai macam lauk pauk. Namun, nasi jamblang ini berbeda. Nasinya dibungkus dengan daun jati dan dinamakan nasi jamblang karena memang disajikan dengan sambal jamblang yang tidak terlalu pedas namun sangat nikmat.

Tempat nasi jamblang yang sangat sering saya kunjungi saat berkunjung di kota Cirebon adalah di Nasi Jamblang Ibu Nur. Warung ini memang sangat ramai pada saat pagi hari dan juga sore hari. Ini karena Nasi Jamblang Ibu Nur buka dari jam 7 pagi hingga pukul 7 malam.

Kuliner di Cirebon yang sangat saya sukai ini berada di Jalan Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123.

3.      Nasi Lengko Haji Barno

 

Sebenarnya, nasi lengko ini merupakan makanan yang cukup sederhana dan namun memiliki rasa yang sungguh nikmat. Ciri khas dari nasi lengko ini terletak pada daun kucai yang diteburkan diatas sepiring nasi lengko. Nasi lengko terdiri dari nasi, potongan tahu dan tempe goreng, timun segar dan tauge rebus. Yang menjadi nikmat dari hidangan yang sangat simple itu adalah terletak pada sambal kacangnya.

Sambal kacang untuk nasi lengko berbeda, ia menggunakan kecap yang memang khas dari kota Cirebon, jadi cita rasanya berbeda jika Anda bandingkan kecap yang biasa dijual di supermarket dengan kecap yang ada di campuran nasi lengko. Untuk kuliner di Cirebon yang satu ini, saya sangat suka Nasi Lengko Haji Barno. Selain nikmat, harganya pun murah, cukup sepuluh ribu saja untuk seporsi nasi lengko.

Kuliner di Cirebon yang sudah pasti semua orang Cirebon tau ini berada di Jl. Pagongan nomor 15b. Ada juga di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo.

4.      Ayam Bahagia 71

 

Meskipun telah berdiri sejak 1946, namun kelezatan ayam goreng di sini tidak lekang oleh waktu. Tidak heran banyak orang yang kembali datang ke sini untuk bernostalgia dengan menyantap ayam goreng. Daging ayam kampungnya yang empuk dengan bumbu yang meresap sempurna ditambah sambalnya yang tidak terlalu pedas, dijamin akan membuat Anda semakin bahagia.

Ayam goreng ini walaupun bukan masakan khas dari Cirebon, namun wajib kamu coba juga ketika beerkunjung ke Kota Udang ini. Walaupun hanya ayam goreng, namun sambalnya yang menggoda sangat sayang jika kamu lewatkan.

Lokasi kuliner di Cirebon ini terletak di Jalan Bahagia No. 69/71, Cirebon 45112.

5.      Kuliner Cirebon: Tahu Gejrot Wardi

 

Kamu yang mengunjungi kota Cirebon, pastinya sering menemui orang yang menjual dengan gerobak di pinggir jalan atau terkadang membopong gerobaknya dengan motor yang menjual menu tahu gejrot. Sangat banyak sekali memang orang yang menjual tahu gejrot di Cirebon. Ibaratnya banyak sekali penjual cilok di Bandung. Kuliner di Cirebon ini memang sudah menjadi ikonik nya pengganjal perut di Cirebon.

Bagi kamu yang ingin kuliner di Cirebon yang unik dan dengan rasa pedas yang menyegarkan di siang hari, maka tahu gejrot adalah jawabannya. Tahu yang digoreng dengan rasa yang hambar lalu dipotong-potong tahu dan diberi bumbu mentah yang membuat rasa tahu ini jadi unik. Campuran rasa asam, manis, pedas yang ditawarkan memang bisa bikin ketagihan. Apalagi ciri khasnya yang disajikan pada cawan tanah liat dan tusuk gigi untuk memakannya.

Saya sering mengunjungi Tahu Gejrot Wardi ketika berkunjung ke Pasar Kanoman untuk membeli oleh-oleh untuk teman-teman saya. Terkadang jika saya sudah suntuk untuk mencari oleh-oleh, saya mampir ke Tahu Gejrot Wardi untuk mengganjal lapar saya di siang hari dengan seporsi bahkan kadang dua porsi tahu gejrot yang pedas.

Kuliner Cirebon ini terletak di Kanoman, Jalan. Pecinan pengkolan, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45116.

Give a Comment