Ini Dia Kuliner Kediri Yang Wajib Kamu Coba !

Wisata kuliner tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan dilakukan bersama orang tercinta maupun bersama kerabat. Wisata kuliner saat ini kita akan membahas tentang kota Kediri. Ya benar sekali bahwa kota Kediri ini juga terkenal dengan kulinernya yang lezat loh. Kota Parisnya orang Indonesia ini memiliki banyak sekali jenis kuliner yang sangat beragam dan juga penuh dengan rempah asli Indonesia.

Maka dari itu buat kalian yang sedang berkunjung ke kota Kediri alangkah baiknya Anda mampir kebeberapa tempat kulineran yang ada di kota tersebut. Kota Kediri ini terkenal akan monumen simpang lima gumul yang maka digadang-gadang terlihat mirip seperti bangunan asal Prancis yakni tepatnya bangunan kota Paris.

Ada banyak sekali kuliner khas Kediri yang wajib kamu coba. Yang pasti beberapa kuliner khas Kediri ini sudah terkenal akan kelezatannya dan juga keunikannya dikalangan para pecinta kuliner ataupun warga lokal asli Kediri. Makanya terasa kurang afdol jika kamu tidak mampir kebeberapa tempat kuliner Kediri yang akan disebut dibawah ini.

Soto Bok Ijo Kediri

Kuliner Kediri yang pertama adalah datang dari spesies soto hehe. Soto ini bukan sembarang soto, dimana soto ini memiliki campuran yang tidak ada di soto lainnya. Soto Bok Ijo yang satu ini dilenkgapi kuah santan ditambah dengan Kol, kecambah, caberawit, jeruk nipis dan kecap serasa segar jika disantap siang hari.

Selain jualan soto, warung ini memiliki banyak makanan andalan lainnya seperti misalnya ayam bakar kecapnya yang tak kalah lezatnya loh. Ayam bakar ini dibakar diatas tungku arang yang sambil diolesi kecap manis. Kecap manis ini di buat beserta bumbu rahasia yang dijamin meresap dan membuat kamu ngiler hehe.

Sate Emprit Kediri

Sate emprit, ya tidak salah bahwa sate ini terbuat dari daging burung emprit yang banyak ditemui di sawah-sawah. Biasanya mereka memakan padi milik petani sehingga bisa dianggap sebagai hama.

Burung emprit ini ditangkap sekaligus dijadikan sebuah kuliner Kediri yang khas. Di Kediri kamu dapat menemukan sate emprit ini di sekitar jalan Wahidin coba kamu cari di google maps pasti ketemu kok. Sate emprit ini dilumuri dengan bumbu seperti garam, kacang, kecap, dan penyedap rasa, kamu juga bisa menambahkan sambal pedas bagi yang suka pedas.

Nasi Pecel Sambal Tumpang

Ngomong-ngomong soal wisata kuliner Kediri tak lengkap jika tidak memasukan Nasi Pecel Sambal Tumpang. Nasi tumpeng ini sudah menjadi salah satu primadona favorit para pecinta kuliner maupun warga lokal.
Pecel ini memang sekilas tidak jauh beda dengan pecel pada umumnya seperti terdapat telur, daging ayam suwir, tauge, dan sayuran lainnya.

Namun yang membuat pecel ini spesial adalah sambal tumpangnya yang berasal dari fermentasi tempe. Rasa yang pedas juga gurih ini lengkap pula di santap bersama rempeyek yang renyah.

Bakso Barokah 313

Nah bagi kamu yang suka sekali bakso maka bakso Barokah 313 adalah kuliner Kediri legendaris yang wajib kamu coba. Bakso ini menggunakan kuah rempah yang lezat dan gurih hingga melegenda di kalangan para pecinta kuliner loh.
Selain kuah yang mantap kamu juga akan merasakan tekstur bakso yang empuk dan lembut dijamin membuat lidah mu bergoyang!.

Soto Ayam Depot Podjok Kediri

Soto depok Podjok Kediri ini merupakan tempat kuliner yang usianya sudah cukup tua loh ia dibangun pada tahun 1926 tepatnya di perempatan jalan Dhoho, Kediri. Warung makan ini selalu ramai para pengunjung yang rela antri untuk merasakan kelezatan soto ayam legendaris ini.

Resep soto kuliner Kediri ini sudah turun temurun dari keluarga dari Jogja. Yang mana soto ini memiliki kuah yang sangat menyegarkan yang dipadu oleh suwiran ayam, jeroan, serta telur asin dijamin bikin kamu ngiler. soal harga tidak perlu khawatir karena satu porsi soto ini hanya di banderol 15 ribu saja.

Kedai Kawan Lama Kota Kediri

Jika kamu ingin wisata kuliner sekaligus hunting foto instagram maka kedai kawan lama di Kediri ini cocok buat kamu. Kedai makan ini merupakan salah satu kuliner Kediri yang sedang hits. Warung makan ini didesain sedemikian rupa agar memiliki nuansa tahun 90-an yang mana bagi kamu anak 90-an akan merasa bernostalgia.

Tempat ini berlokasi di Jalan Veteran Nomor 9B, lokasinya cukup mudah ditemukan karena masih berada ditengah kota. Tempat ini buka di jam 13.00 hingga 22.00. tempat ini terdiri dari 2 bilik ruangan yang mana sangat cocok buat kamu yang ingin nongkrong bersama kawan-kawan sekaligus ditemani dengan dekorasi kuno ala 90-an seperti komik,game, mainan, dan aksesoris tempo 90-an dulu.

Sate dan Keripik Bekicot Kediri

Kuliner Kediri yang satu ini memang sedikit ekstrim yakni sate dan keripik bekicot atau siput. Apa kamu berani makan makanan ekstrim macam bekicot? Bagaimana kalau dibuat sate atau pun keripik?

Ya pasti kebanyakan orang sudah jijik mendengar kata bekicot ini. Namun buat kamu yang terlanjur berada di Kediri sangat rugi jika tidak mencoba kuliner yang satu ini.

Kuliner sate dan keripik bekicot ini dijual di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kediri. Pasti tidak bisa dibayangkan bahwa sate bekicot ini memiliki daging yang enak apalagi dilengkapi dengan bumbu siram dan sambal kacang.

Jika kamu datang ke tempat ini kamu hanya tinggal memesan sate 02 dan juga keripik 02. Karena 02 ini adalah code bekicot yang mana bisa mengganti kata bekicot bagi yang jijik mendengarnya. Di jamin gak nyesel deh.

Kopi Pancal Khas Kediri

Tak selamanya kuliner itu berbentuk makanan ataupun jajanan, namun kuliner itu juga berupa minuman yang khas dari kota tersebut. Berbicara soal minuman yang khas kopi pancal ini merupakan kuliner khas Kediri. Ya kopi ini memang tidak jauh beda dari kopi pada umumnya yang membedakan adalah nama unik dari kopi ini yakni kopi pancal.
Pancal ini merupakan bahasa jawa yang artinya adalah mengayuh. Tidak, kamu tidak perlu mengenjot sepeda kok buat minum kopi ini. Melainkan kata pancal ini menggambarkan bahwa penjualnya berjualan menggunakan gerobak.
Buat harga kopi ini sangatlah murah yakni percangkirnya hanya 2 ribu rupiah saja. Menunya juga tidak banyak ada juga kopi susu dan juga es kopi jeruk. Warung kopi ini biasanya buka di jam 9 malah hingga dini hari. Cocok buat kamu yang ingin menghabiskan malam di kota Kediri.

Balungan Pecok Pedas

Kuliner Kediri yang terakhir adalah Balungan Pecok Pedas. Balungan artinya adalah tulang sapi yang dimasak menggunakan bumbu kuah pedas yang kaya rempah dan memiliki cita rasa yang khas.

Kamu bisa “menyeruput” sumsum tulang yang gurih ditambah dengan lezatnya cita rasa pedas dari kuahnya membuat kamu melayang. Buat kamu yang suka dengan sumsum tulang maka kamu wajib coba kuliner satu ini.

Demikianlah beberapa daftar kuliner khas Kediri yang disajikan oleh selerabangsa.com, gimana sudah menentukan tujuan kulineran belom? Selamat jalan-jalan dan selamat wisata kuliner!.

Leave a Comment