Deretan Makanan Enak Di Indonesia Wajib Kamu Coba

Makanan khas setiap negara tentu berbeda – beda yang mana tidak lepas dengan selera masyarakat sehari-hari. Misalnya saja di negara Jepang kamu akan sering melihat makanan olahan berupa makanan ikan mentah yang bernama sushi. Kemudian di Italia kamu akan melihat banyak sekali makanan pizza atau pun pasta. Lalu bagaimana kalau di Indonesia? Tentu ada banyak sekali makanan enak khas Indonesia yang bisa kamu coba.

Selera Bangsa akan memberikan 10 makanan khas Indonesia yang mungkin sering atau pernah kamu makan bahkan menjadi salah satu makanan favorit setiap hari. Yuk simak beberapa makanan enak khas Indonesia di bawah ini.

Nasi goreng

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng ini. Bahkan warna manca negara tahu bahwa nasi goreng adalah makanan khas Indonesia yang menjadi ikon negara kita. Dimana nasi goreng ini memiliki rasa yang khas setiap daerahnya dan juga mudah sekali memasaknya loh.

Setiap daerah memang memiliki makanan enak nasi goreng ini dengan nama yang berbeda-beda misalnya saja yakni dengan nasi goreng Surabaya yang memiliki warna khas merah cerah dari saus tomat dengan tambahan ayam suwir, telur dadar, acar mentimun, dan kerupuk yang nikmat. Selain itu ada juga nasi goreng padang yang memiliki cita rasa pedas dan menggunakan bumbu rendang.

Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan enak khas Indonesia yang masuk peringkat pertama World’s 50 Best Food yang dirilis oleh CNN di tahun 2011 lalu. Hal ini tentu akan membuat banyak sekali warga Indonesia yang bangga akan makanan khas Indonesia yang semakin di kenal dunia. Tidak heran karena memang rendang ini memiliki cita rasa yang gurih dan kaya akan rempah sehingga orang Indonesia bahkan orang mancanegara pun sangat menikmatinya.

Rendang memang bukan merupakan makanan yang setiap hari dimakan oleh orang Indonesia. Dimana rendang ini dapat kita temukan di berbagai restoran atau rumah makan Padang. Tentu hal ini memiliki alasan bahwa rendang cara memasaknya membutuhkan waktu yang lama juga memiliki banyak sekali bahan-bahan yang harus disiapkan sehingga harganya juga sedikit lebih mahal dan juga harus dimasak dengan benar agar rasannya nikmat.

Nasi uduk

Nasi uduk adalah salah satu makanan yang cocok buat sarapan. Dimana nasi uduk ini tidaklah seperti nasi putih biasa yang mana dimasak dengan menggunakan bumbu rempah khusus seperti air santan, daun salam, daun jeruk, laos, serai, dan garam. 

Dengan nasi yang dimasak dengan bumbu khusus ini tentu akan menciptakan cita rasa gurih dan wangi yang khas. Cara penyajiannya juga nasi uduk ini di temani dengan berbagai lauk lezat seperti ayam goreng, telur iris, bihun goreng, sambal, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

Nasi uduk ini merupakan makanan khas Betawi. Tak heran bahwa kamu bisa menemukan nasi uduk ini di daerah Jakarta terutama pas jam-jam pagi waktu sarapan. Kebon kacang merupakan kawasan yang banyak sekali penjual nasi uduk didaerah Jakarta bahkan banyak yang bilang bahwa kawasan ini adalah pelopor nasi uduk di Jakarta.

Rawon

Rawon, dari tampilannya yang berawarna hitam pekat dengan potongan daging dan kentan gini mungkin kurang menarik dimata kita. Namun cita rasa rawon yang menggoyang lidah ini tidak akan cukup bila kamu makan satu porsi saja. Makanan enak ini berasal dari Surabaya yang biasanya di sajikan dengan tauge, sambal, telur asin, dan sepiring nasi hangat.

Warna hitam dari rawon ini berasal dari keluak dan kluwek yang merupakan bumbu khas Indonesia. Keluak ini berasal dari pohon kepayang dan memiliki bentuk bulat segitiga dengan kulit yang keras. Sebelum dimasak keluak ini difermentasikan dulu dengan cara di kubur dalam tanah selama kurang lebih 40 hari.

Selain memberikan warna hitam pekat keluak ini juga memberikan rasa yang gurih dan segar kepada rawon.

Martabak

Makanan enak selajutnya adalah martabak dimana makanan ini memang termasuk kategori cemilan bukan makanan berat. Ada 2 jenis martabak yang populer di Indonesia yakni martabak manis dan martabak telur, keduanya tentu sama-sama nikmat jika di hidangkan saat hangat. 

Kita mengetahui bahwa jenis martabak manis dan juga telur ini memiliki banyak sekali modifikasi mulai dari penambahan bahan utama hingga varian topping yang bervariasi. Jika kamu ingin menggunakan topping martabak manis yang nikmat bisa menambahkan selai cokelat Nutella, biskuit Oreo, green tea, red velvet dan lain-lain. Sedangkan martabak telur, salah satu varian baru yang banyak peminat adalah martabak telur dengan lelehan keju mozzarella.

Soto

Soto mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita yang mana banyak sekali hidangan soto yang ada disekitar kita dengan berbagai varian sesuai dengan nama kotanya baik itu soto Padang, Betawi, dan Lamongan.

Soto identik dengan makanan yang berkuah dengan campuran potongan daging ayam atau sapi dan ditaburi dengan bawang goreng diatasnya. Soto ini memiliki banyak varian sesuai dengan daerahnya misalnya soto betawi yang kuahnya yang kental bersantan atau soto lamongan dengan bubuk koyanya yang gurih dan lezat dan masih banyak lagi varian soto nusantara yang bisa kamu nikmati.

Gorengan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan berminyak yang satu ini. Dimana gorengan menjadi salah satu makanan yang disukai oleh orang di Indonesia. Gorengan ini menjadi salah satu cemilan sejuta umat yang bisa kamu sajikan kapan saja dan dimana saja. Gorengan ini cocok buat disajikan bersama keluarga dengan ditemani secangkir teh hangat.

Gorengan jenisnya ada banyak yakni tempe, tahu, ubi, pisang, singkong, cireng, dan lumpia. Selain gorengan biasanya di sajikan dengan cabai hijau untuk penambah rasa pedas yang nikmat.

Sate

Sate adalah salah satu sajian nusantara yang terkenal dimancanegara. Potongan daging yang ditusuk lalu dibakar di bara api ini menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Sate ini bisa kamu temui di berbagai rumah makan hingga restoran mahal sekalipun.

Bagi kamu yang ingin sekali mencicipi sate yang khas bisa darang mencicipi sate di Yogyakarta. Di Jogja kamu bisa mencicipi sate khlatak pak Pong, sate ini berbeda dengan sate pada umumnya yang mana ditusuk dengan menggunakan besi yang bertujuan agar dapat menghantarkan panas hingga kedalam dagingnya sehingga rasanya lebih nikmat, tidak hanya itu saja sate ini dilengkapi dengan garam dan merica, lalu disajikan bersama nasi hangat dan kuah gulai.

Bubur ayam

Bubur ayam merupakan makanan enak yang nikmat disantap untuk sarapan. Bubur gurih yang ditaburi ayam suwir, cakwe, bawang goreng, irisan daun bawang, emping, juga telur sangat nikmat cocok buat perut kosong dipagi hari. Selain itu ada juga lauk pendamping seperti sate usus, hati ampela ayam yang dapat dijadikan pelengkap tambahan.

Bakso

Bola berisi daging sapi ini sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia. Di sajikan dengan kuah yang hangat dan juga bihun dan sawi sebagai pelengkapnya. Untuk kamu yang suka pedas bisa menambahkan sambal. Untuk bakso ada satu bakso yang terkenal akan kelezatannya yakni bakso malang yang mana memiliki cita rasa yang tak tertandingi. 

Itulah 10 daftar makanan enak yang bisa kamu nikmati di nusantara. Apakah ada makanan favorit kamu? selamat makan!.

Leave a Comment