8 Makanan Khas Aceh Beserta Keunikan Rasanya

Aceh merupakan provinsi di Negara Indonesia yang dimana ibu kotanya yaitu Banda Aceh. Aceh juga adalah salah satu provinsi yang mendapatkan status sebagai daerah istimewa dan serta diberi kewenangan otonomi khusus. Selain itu, kota Aceh penuh akan ragam keunikan dan kekayaannya, baik itu kekayaan tentang pengetahuan, budaya, makanan khas Aceh serta agama yang selalu dihormati dan di junjung tinggi.

Aceh sangat dikenal dengan sejarahnya yang cukup panjang, awal mula dari sejarah kerajaan, penjajahan dan sejarah modern. Aceh terletak di ujung utara pulau sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Negara Indonesia. Aceh juga memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, termasuk minyak bumi dan juga gas alam. Menurut para ahli, Aceh merupakan tempat cadangan gas alam merupakan yang terbesar di dunia.

Daerah yang terkenal dengan sebutan serambi Makkah ini, terdapat menyimpan banyak pesona alam yang sangat memanjakan mata.Salah satu pesona alam yang indah di Aceh yaitu pantai yang cantik dan gugusan pulau weh. Tak hanya pesona alam saja dan kekayaan akan sejarah yang dimiliki oleh Aceh, tentu saja makanan khas Aceh juga menjadi sorotan yang tentunya memiliki beragam keunikan sendiri dalam makanannya.

Kemudian apa saja sih makanan khas Aceh? Pada sesi mengulik makanan khas Aceh kali ini, Selerabangsa kali akan memberikan informasi yang menarik tentang beberapa kuliner khas aceh yang tentunya unik dan pastinya lezat. Inilah beberapa daftar makanan khas Aceh yang nikmat dan wajib kamu coba jika berkunjung.

Daftar Makanan Khas Aceh

1. Mie Aceh

 

Makanan Khas Aceh - Mie Aceh

Dari namanya saja kalian pasti sudah tahu, jika makanan ini berasal dari Aceh. Tentu saja, mie Aceh merupakan jenis makanan yang sangat terkenal dan hampir diseluruh kota-kota yang ada di Indonesia terdapat Mie Aceh ini. Mie Aceh disajikan dengan tambahan lauk mulai dari seafood dan bisa juga dengan daging sapi.

Mie Aceh biasanya disajikan dengan digoreng atau kuah, selain itu kalian juga bisa memesan mie aceh dalam beberapa rasa yang diantaranya dengan rasa pedas ataupun gurih sesuai dengan selera kamu masing-masing. 

2. Dendeng Khas Aceh

 

Baca Juga :   Pecinta Kuliner Medan? Wajib Ke Sini !

Tak kalah dengan mie Aceh yang terkenal dengan rasa  pedas gurihnya, dendeng Aceh juga merupakan makanan khas aceh yang bisa digunakan untuk oleh-oleh khas Aceh. Dendeng Khas Aceh terbuat dari daging sapi yang sudah diiris tipis kemudian dikeringkan lalu dicampur dengan berbagai macam bumbu dan rempah pilihan agar menciptkan cita rasa dan juga aroma yang kuat dan memikat.

Dendeng Aceh terdiri dari beberapa rasa yang diantaranya gurih dan manis. Dendeng ini sangat nikmat dimana, disajikan hanya dengan nasi putih. Kalian bisa mendapatkan dendeng aceh di berbagai toko yang tersebar di wilayah Aceh.

3. Boh Rom Rom Khas Aceh

 

Boh rom rom merupakan salah satu jenis makanan yang cocok bagi kalian yang ingin membawa buah tangan ketika berkunjung ke Aceh. Boh rom rom ini hadir dengan rasa serta bentuk yang unik yang memiliki cita rasa yang legit. Boh rom rom juga dikenaldengan sebutan kue boh duek beudeh yang disajikan dengan rasa manis dan juga memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut.

Dengan taburan parutan kelapa, boh rom rom semakin terlihat waow dan menggugah selera makan kalian. Boh rom rom dibuat dengan tepung ketan, garam, gula jawa atau gula merah, air dan lainnya. Proses untuk pembuatan kue ini bisa dibilang cukup mudah lho, dimana kalian hanya perlu mencampurkan tepung ketn dan air panas dan cara selanjutnya yaitu dengan mengaduknya sampai rata.

4. Meuseukat

 

Makanan Khas Aceh - Meuseukat

Meuseukat merupakan jenis makanan tradisional khas Aceh yang terkenal dengan visual yang memanjakan mata dan tentu saja dong, dengan rasanya yang legit dan enakk. Kebanyakan, meuseukat inimemiliki bentuk yang mirip dengan dodok Aceh. Bahan utama  yang digunakan untuk membuat meuseukat adalah tepung terigu, dan campuran nanas. Tetapi kue meusukat agak sulit didapatkan, karena harus melalui proses pemesanan terlebih dahulu.

5. Timphan Aceh

 

Baca Juga :   Makanan Terenak Di Dunia dan Tak Terlupakan

Makanan Khas Aceh - Timphan Aceh

Makanan khas Aceh ini berbentuk kue. Timphan adalah kue yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Kue dengaan rasa manis ini memang sangat pas ketika digunakan sebagai oleh-oleh ketika kita ingin berkunjung ke Aceh. Berkunjung ke Aceh akan sangat kurang lengkap jika kalian tidak mencicipi kue timphan ini serta membawa pulang bagi keluarga di rumah.

Untuk rasanya, kue timphan memiliki cita rasa yang legit serta dibuat dengan menggunakan bahan utama yaitu tepung ketan yang sudah diisi dengan nangka,buah pisang raja, selai, ubih sampai dengan labu. Isian itu kemudian dibalut dengan menggunakan tepung serta dibungkus dalam kulit daun pisang. Yang membuat kita tertarik dengan kue Khas Aceh ini, karena kue timphan ini mampu bertahan sammpai dengan tiga hari dengan aroma yang wangi.

6. Kue Bhoi

 

Makanan Khas Aceh - Kue Bhoi

Kue bolu dengan bentuk yang bervariasi dari Aceh ini bernama kue Bhoi. Bentuk dari kue ini memang sangat beragam seperti bentuk ikan, bunga, bintang dan lainnya. Kue bhoi ini memiliki tekstur yang lembut dengan bagian luarnya yang agak kering dan bagian dalam yang sangat lembut. Bahan baku untuk kue bhoi ini bisa dibilang sederhana lho, yaitu tepung terigu, telur dan juga gula dengan perbandingan satu banding satu dengan ketiga bahan itu. 

Selai itu cetakan untuk kue Bhoi juga dibuat khusus dari kuningan agar adonannya tidak lengket saat dipanggang. Kue Bhoi bisa kalian temukan di Pasar Aceh dan pasar Seutui dengan harga yang berkisar Rp.1.000 – Rp.2000,-/buah.

7. Tasak Telu

Makanan Khas Aceh - Tasak Telu

Masakan khas dari daerah Aceh selanjutnya yaitu Tasak Telu, makanan ini biasanya berada di daerah tanoh Alas atau Aceh Tenggara. Tasak berarti memasak dan telu dalam bahasa Tanoh Alas yaitu tiga.

Jadi, tasak telu adalah masakan dengan tiga jenis. Karenanya pada zaman dahulu, bumbu masak yang ada didalam tasak telu hanya tiga jenis aja yaitu, cabe rawit, batang serai dan bawang merah.

Tasak Telu juga sebenarnya adalah masakan khas suku karo, sumut. Bedanya, jika di tanah Karo menggunakan daging ayam kampung, tetapi di Tanoh Alas menggunakan daging bebek.

Tasak telu bisa kalian beli di Lesehan Mbak Pia atau restoran Makanan Khas Aceh dengan harga Rp.10.000 – Rp.15.000,-/porsi.

8. Bubur Kanji Rumbi

Makanan Khas Aceh - Bubur Kanji Rumbi

Makanan selanjutnya yaitu warisan leluhur khas Aceh yang memiliki cita rasa lezat dan gurih ini bernama Bubur Kanji Rumbi. Selain gurih dan lezat, ternya bubur kanji rumbi juga menyehatkan lho, dan bisa menghangatkan badan.

Bubur Kanji Rumbi banyak dipengaruhi oleh budaya pendatang pada zaman dahulu yaitu, kuliner India. Terutama dari rempah-rempah yang digunakan. Misalnya yaitu penggunakan kapulaga dan minyak samin yang digunakan pada bubur kanji Rumbi.

Kuliner bubur ini biasanya ramai dijajakan dan disajikan pada saat bulan puasa di masjid-masjid. Selain itu, kebanyakan Bubur ini biasanya yang masak yaitu pria dengan porsi yang sangat besar. Bubur kanji Rumbi bisa kalian dapatkan di Bubur Jagung atau Ulee Kareng Aceh dengan harga yang terjangku yaitu Rp.8000 – Rp.13.000/porsi.

Itulah 8 makanan khas aceh beserta keunikan rasanya. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mengetahui informasi-informasi kuliner di tempat yang lain.

Leave a Comment