18 Makanan Khas Solo Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo – Bingung akan korona yang tak kunjung usai? Bingung juga apa kuliner yang akan disantap setelah corona selesai ? jagan kawathir, disini anda diberikan berbagai macam informasi tentang kuliner khas Solo yang senantiasa menggugah selera jikalau anda mencoba menyantapnya.

Kalau anda sudah merencanankan liburan ke Solo, tidak ada salahnya anda mencoba berbagai macam kuliner yang aakan disajikan di Solo ini. Kuliner ini tidak akan menguras isi dari dompet anda akan tetapi memenuhi perut serta hawa lapar akan makanan enak dan murah.

Daftar Makanan Khas Solo

Bakso Solo

Siapa sih disini yang tak kenal atau tak pernah menjumpai Bakso? Makanan enak dikala hati sedang sedih maupun senang, makanan ini memiliki berbagai macam citarasa tergantung dari tempat mana anda memebelinya.
Salah satunya ialah bakso yang ada di Solo ini, bakso ini memiliki berbagai macam rasa yang akan lumer atau enak jika disantap saat masih hangat – hangatnya. Di Solo sendiri Bakso yang menjadi rekomendasi Selerabangsa ialah

Bakso Solo Alex

Lokasi :

Bakso Kadipolo

Lokasi :

Bakso Titoti

Lokasi :

Brambang Asem

Makanan yang kaya akan aroma bawang, serta memiliki karakter rasa pedas. Mklanan ini adalah salat satu makanan khas yang bias anda jumpai di Solo. Kamu bias saja menemui ini di Pasar Gede.

Lokasi:

Brem

Siapa yang tak suka dengan oleh – oleh? Apalagi oleh – oleh dari Solo, Biasanya kalua keluarga maupun kerabat yang dari Solo pasti akan membawa salah satu makanan ataupun jajanan khas dari Solo. Anda bias menjumpai oleh- oleh ini di sepanjang jalan Solo.

Bubur Tumpeng

Sudah bosan akan bubur yang hanya biasa saja? Tak usah kawatir, di Solo anda bias menjumpai bubur yang beda dari lainnya, yaitu bubur Tumpeng yang khas di Solo.

Cabuk Rambak

Salah satu makanan khas dari Solo yang lainnya ialah cabuk rambak. Makanan yang berisi ketupat, karak dan juga sambal wijen.
Makanan yang biasanya disajikan pagi hari ini tidak akan kehilangan kenikmatannya jika disantap siang maupun malam.

Gudeg Ceker

Gudeg? Iya walaupun sering kali jika membahas makanan gudeg kita akan berpikiran dari jogja, gudeg yang satu ini berasalh dai Solo.. Gudeg ceker namanya, jika gudeg jogja terkenal akan kemanisannya beda cerita akan gudeg ceker Solo yang terkenal akan kegurihannya.

Lokasi :

Kue Lapis Mandarin

Bingung memilih oleh – oleh dari Solo? Anda bias mencoba jajanan satu ini, kue lapis mandarin. Jajanan ini sudah terkenal akan kelezatannya dati decade silam dikarenakan rasa yang lembut dan manis.

Lokasi :

Kupat Tahu

Ingin makanan yang Segar disantap pagi siang dan sore? Anda bias mencoba Tahu Kupat. Makanan yang terdiri dari tahu goring serta irisan ketupat. Tauge, kol, mie sebagai pelengkapnya menjadikan makanan ini sering dgemari oleh para traveler.

Lenjongan

Kangen akan jajanan masa kecil dulu? Tidak ada salahnya anda mencoba jajanan ini, Lenjongan. Gabungan dari berbagai sejumlah cemilan manis khas Solo, seperti tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon.

Lokasi :

Nasi Liwet

Sarapan khas Solo yang berupa nasi gurih dengan sayur, ayam, dan areh. Santen menjadi bahan tambahan dalam pembuatan nasi, menjadikan nasinya berbeda dengan nasi pada umumnya.

Lokasi :

Sate Buntel

Sudah tidak heran lagi, sate kambing yang dicacah dan dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar ini menjadi salah satu makanan favorit dari dua orang berpengaruh di Indonesia, yaitu Bapak Soeharto dan juga Bapak Jokowi.
Aroma dari sate dan juga bumbunya membuatmu tidak akan kuat untuk tidak segera menyantap sate buntel ini.

Lokasi :

Selat Solo

Mkanan khas lainnya yang tak kalah enak dan segar ialah selat Solo. Dari namanya saja kita akan tahu bahwa makanan ini berasal dari Solo. Bistik Daging sapi yang dilengkapi dengan berbagai macam sayuran.

Warung Selat Mbak Lies

Lokasi :

Selat Warung Tenda Biru

Lokasi :

Omah Selat Solo

Lokasi :

Serabi Notosuman

Bingung memilih makanan yang bias menjadi makanan penutup di Solo. Ini dia anjda bias mencicipi Serabi khas Solo yang sudah terkenal akan keenakannya di kalangan pecinta kuliner. Kue tradisional yang legendaris akan rasanya dan juga tekstur yang lembut.

Lokasi :

Soto Kwali

Siapa yang tidak tahu akan masakan ini? Soto salah satu makanan yang sudah sering anda jumpaidi berbagai daerah Indonesia. Akan tetapi Soto kwalidari Solo ini memiliki aroma serta kelezatan yang mungkin saja melebihi dari soto lainnya.
Lokasi:

Tahok

Memiliki tekstur yang lembut seperti pudding dan rasa manis sebagai perpaduannya. Mkanan ini akan lebih terasa lezat jika disantap dengan kuah gula Jawa yang hangat. Maknan ini mungkin sdah pernah anda jumpai di tempat selain Solo, ditempat lain makanan ini diberi nama kembang tahu.
Lokasi :

Tengkleng Kambing

Suka akan olahan kambing? Tapi sudah bosan dengan olahan yang biasa – biasa saja. Tidak ada salahnya anjda mencoba tengkleng Kambing khas Solo ini.
Sebuah Sup yang berisi tulang kambing serta rasa yang sedap jika disantap beserta maupun tidak dengan nasi.

Timlo

Makanan yang berisi dengan mi soun bihun, suwiran ayam, telur semur, potongan sosis serta wortel. Untuk menambah rasa serta aromanya biasanya Timlo ini ditaburi bawang goring serta hati ayam maupun juga telor dadar.

Wedangan

Tidak kalah dengan makanan khas Solo lainnya, wedangan merupakan tempat atau bias dsijuluki sebuah kedai wedangan. Tempat ini biasanya disebut dengan “kucingan” di berbagai wilayah.
Ada berbagai macam wedangan diSolo dan juga memiliki khasnya sendiri – sendiri. Tapi disini akan saya sajikan rekomendasi dari tempatnya.

Lokasi :

Itulah beberapa dari makanan khas Solo yang bias anda jumpai maupun hampiri jika anda sedang berada di Solo.

Give a Comment