Makanan Khas Surabaya Paling Favorit

Makanan Khas Surabaya

Surabaya, adalah salah satu kota yang memiliki luas wilayah yang sangat besar dan menjadi ibukota dari provinsi Jawa Timur. Berkunjung ke kota yang satu ini memang sangat menarik. Ada berbagai tempat pariwisata yang dapat kamu kunjungi untuk berlibur melepas penat selama seminggu bekerja. Sangat banyak sekali juga berbagai tempat wisata kulinernya.

Tentunya, mencoba makanan khas dari daerah yang kamu kunjungi sangat menarik bukan? Siapa taju kamu jadi suka akan makanan khas daerah tersebut dan ingin kembali lagi ke daerah tersebut hanya karena ingin memakan makanan yang kamu sukai. Begitupun Surabaya, ada berbagai makanan khas Surabaya yang menjadi favorit warganya sendiri bahkan masyarakat lain yang datang dari luar daerah Surabaya.

Nah, kali ini kita akan membahas makanan yang berasal dari Surabaya. Baik itu secara karakteristiknya dan juga rekomendasi tempat makan yang sangat wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Surabaya.

Karakteristik Makanan Surabaya

Kalau berkunjung ke suatu daerah yang berbeda tempat yang jauh dari daerah kamu berasal, tentunya kamu akan mendapati ada berbagai perbedaan. Salah satu halnya adalah dalam masalah makanannya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Surabaya, ada karakteristik makanan Surabaya yang sangat khas, atau bisa dibilang khas masakan Jawa Timur-an. Diantasnya adalah:

  1. Banyak menggunakan terasi atau petis sebagai pelengkap atau pemberi rasa yang kuat
  2. Untuk tingkat kepedasan, masakan khas dari Surabaya tentunya tidak terlalu pedas
  3. Untuk proses masaknya, lebih sering direbus, digoreng, dipepes, dan juga dibakar

Untuk saya sendiri yang memang sangat menyukai petis, masakan khas dari Surabaya adalah masakan yang sangat menggugah selera makan saya. Jika sudah tahu karakteristik makanan khas Surabaya, inilah beberapa rekomendasi makanannya yang sangat nikmat.

Makanan Khas Surabaya: Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

 

Diantara, kalian pasti sangat familiar dengan yang namanya sate. Sate sendiri adalah irisan daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk ke batang bambu lalu dimatangkan dengan cara dibakar dengan berbagai macam bumbu. Kalau kamu berkunjung ke Surabaya, cobain deh, Sate Klopo Ondomoyen yang dimiliki oleh Ny. Asih. Kamu pastinya akan tertarik dengan sate yang tidak biasa ini.

Kalau kamu yang masyarakat Jawa, tentu akan berpikir “Lha kok kelapa dijadiin sate”. Itu adalah pikiran yang sangat wajar jika mendengar nama warungnya yang mengandung unsur Klopo atau Kelapa. Padahal faktanya, bukan begitu Sate Klopo yang satu ini.

Sate Klopo memang mengandung kelapa dalam pengolahannya, namun hanya sekedar lumuran saja. Jadi, daging sapi yang sudah ditusuk ke tusukan sate akan dilumuri dengan lumuran kelapa parut dan lalu dibakar sampai matang. Kalau masalah rasa? Kamu datang sendiri aja deh buat nyobain!

Sate Klopo Bu Asih

LokasiJl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Genteng, Surabaya

Harga: Mulai dari 17,000 hingga 18,000 IDR per porsi

Makanan Khas Surabaya: Sego Sambel Mak Yeye

 

Warung makan yang satu ini memang sangat eksis di Kota Surabaya, bahkan sekarang ini membuka berbagai cabang yang tersebar di berbagai kota di pulau Jawa. Yang saya tau, Semarang juga sudah ada warung Sego Sambel Mak Yeye. Jadi, kalau masalah rasa sudah pasti dong kamu ga akan ragu.

Kalau berbicara sambel, tentunya kamu akan disuguhkan sambelnya yang khas dari Mak Yeye yang pastinya akan menggugah selera makan kamu. Makanan khas Surabaya ini sebenarnya hanya simple. Lauknya merupakan Ikan Pari yang sudah diolah mereka, lalu diberi sambel dan juga nasi hangat yang pastinya sangat menggugah selera.

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner malam. Bukanya pun menjelang tengah malam hingga menjelang subuh. Tapi ingat, saran saya sih datang lebih awal, kalau tidak, kamu ada 2 opsi. Antri yang sangat panjang dan juga sudah kehabisan.

Sego Sambel Mak Yeye

Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo, Surabaya

Harga: Mulai dari 15,000 IDR untuk seporsi nasi sambel dengan ikan pari, telur dan tempe goreng

Makanan Khas Surabaya Legend: Lontong Balap Garuda Pak Gendut

 

Nah, yang wajib kamu coba ketika kamu berkunjung ke Surabaya adalah dengan memakan Lontong Balap Garuda milik Pak Gendut sebutannya. Ini adalah warung makan yang memang menjadi legenda. Menuntut karier dari tahun 1958 hingga sekarang ini masih bukan dan juga ramai menjadikan tempat ini adalah makanan khas Surabaya yang melegenda.

Uniknya, dari tahun 1958 rasa dari Lontong Balap Garuda tidaklah berubah. Kualitasnya juga selalu dipertahankan untuk menjaga supaya makanan ini akan terus ada hingga bahkan kamu mempunyai anak ingin bernostalgia disana dan mengajak anak kamu makan disana mungkin juga bisa dilakukan kelak.

Lontong Balap Pak Gendut

Lokasi: Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya

Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

Rujak Cingur Ahmad Jais

 

Kalau berbicara tentang makanan yang khas dari Jawa Timur, tentu kamu tidak akan bisa lepas dari bayangan Rujak Cingur. Rujak Cingur sendiri adalah makanan yang bisa kamu temui di berbagai kota di Jawa Timur. Namun, menurut saya yang paling mantap adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang dijamin akan membuat kamu antri untuk menikmati sepiring Rujang Cingur buatan dia.

Rujak cingur memang sama seperti rujak pada umumnya. Dengan menggunakan berbagai macam sayuran dan lumuran saos kacang yang nikmat. Namun, untuk rujak cingur pastinya kamu akan mendapati irisan moncong sapi yang sudah diolah dengan cara direbus. Sesuai namanya, “cingur” yang berarti “mulut”.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Lokasi: Jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Peneleh, Genteng, Surabaya

Harga: Mulai dari 45,000 per porsi

Tahu Campur Kalasan

 

Surabaya tak lepas memang dari berbagai tempat makannya yang ada di pinggiran jalan. Salah satu makanan khas Surabaya yang ada di pinggiran jalan dan sangat terkenal adalah Tahu Campur Kalasan yang dijamin sangat nikmat dan bisa menjadi makanan kamu saat malam hari yang ringan saja atau bahkan bisa jadi makanan utama.

Tahu campur terdiri dari rebusan tauge, tahu goreng dipotong dadu, dan selada. Uniknya, untuk Tahu Campur Kalasan ini menggunakan tambahan daging dan juga perkedel ubi yang biasanya disebut “Lentho”. Kebayang kan nikmatnya? Seporsi? Mana cukup!

Tahu Campur Kalasan

Lokasi: Jl. Kalasan No.16, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya

Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

Itulah beberapa makanan khas Surabaya yang menjadi favorit banyak orang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Ibukota Jawa Timur yang kaya akan berbagai wisatanya dan juga kulinernya. Dijamin deh, beragam makanan tadi akan membuat kamu kangen Surabaya lagi dan nagih untuk mencicipi makanan yang nikmat dengan harga yang tidak mahal tersebut!

Give a Comment