Makanan Terenak Di Dunia dan Tak Terlupakan

Makanan Terenak Di Dunia

Makanan sebenarnya berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bertahan hidup. Namun lama kelamaan orang mengkonsumsi makanan tidak hanya untuk mengenyangkan dan bertahan hidup. Orang-orang menambahkan bumbu untuk memberikan rasa pada makanan agar makanan tersebut terasa lezat sehingga orang-orang mendapatkan kenikmatan lain selain kenyang.

Bahan yang digunakan pada makanan mungkin beragam pada setiap daerah sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada pada daerah tersebut dan selera dari masyarakatnya. Oleh aarena itulah setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Tidak hanya satu, suatu daerah mungkin juga memiliki ratusan jenis masakan. Sudah tidak dapat dibayangkan, ada berapa jenis makanan yang ada di dunia ini.

Dalam era modern seperti sekarang ini, globalisasi mulai mengilangkan batas yang ada pada tiap daerah. Kita sekarang bisa mendapatkan apa yang pada awalnya hanya bisa didapatkan pada daerah tertentu dengan mudah. Salah satunya adalah makanan, tidak hanya bahan yang bisa Anda import dari luar daerah, berbagai resep makanan pun sudah bisa Anda temukan melalui internet.

Daftar Peringkat Makanan Terenak Di Dunia

Lalu sebuah perdebatan mulai muncul, dari berbagai jenis masakan dari seluruh dunia yang tidak terhitung jumlahnya tersebut,” manakah yang paling enak?”. Jawabannya mungkin berbeda-beda tiap orang, sesuai dengan selera orang tersebut, namun berdasarkan voting di media social, CNN memberikan kita daftar peringkat makanan terenak di dunia. Apa sajakah itu? Berikut adalah daftarnya.

Rendang, Indonesia

Masyarakat Indonesia patut berbangga hati karena makanan terenak di dunia adalah Rendang. Rendang merupakan masakan daging dari Minangkabau. Rendang dimasak dalam waktu yang lama dalam suhu rendah dan menggunakan aneka rempah-rempah dan juga santan. Karena proses memasak yang lama dan berbagai rempah-rempah tersebut, Rendang memiliki rasa yang sangat enak dan kuat, tekstur yang lembut, dan juga tahan lama. Masakan ini bisa Anda jumpai di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Rendang juga telah ditetapkan secara resmi menjadi salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Nasi goreng, Indonesia

Masih dari Indonesia, makanan terenak pada peringkat ke dua ditempati oleh Nasi Goreng. Sudah jelas dari namanya, nasi goreng adalah nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak. Bumbu yang biasa digunakan pada nasi goreng adalah kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada, dll. Telur, suwiran ayam, dan kerupuk juga menjadi tambahan favorit pada nasi goreng, Anda juga dapat menambahkan variasi lainnya seperti sosis atau ikan asin sesuai dengan selera Anda. Nasi goreng sangat populer karena mudah dimasak dan juga dapat dijumpai di berbagai tempat, mulai dari warung di pinggir jalan hingga restoran berbintang pun menyediakan nasi goreng dalam menu masakannya.

Sushi, Jepang

Tidak hanya bagi pecinta kuliner, sushi mungkin sudah sangat dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Sushi adalah masakan dari Jepang yang terbuat dari nasi yang diberi cuka (sushi-meshi), biasanya dengan sedikit gula dan garam, yang dibentuk bersama lauk atau neta berupa makanan laut, daging, atau sayuran sehingga sushi mempunyai rasa masam yang lembut. Pada awalnya sushi sendiri merupakan teknik pengawetan ikan yang disebut  gyoshō yang dilakukan dengan membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake.

Sushi memiliki beragam jenis dan digolongkan berdasarkan oleh bentuk nasi, seperti nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, dan narezushi.

Tom yam goong, Thailand

Tom yam atau tom yum adalah sup pedas dan masam yang berasal dari Thailand. Nama tom yam berasal dari 2 kata Thailand, Tom mengacu pada proses merebusnya, sedangkan yam mengacu pada salda Thailand yang pedas dan masam. Tom yum memiliki karakter pedas dan masam nya yang khas, dengan bumbu rempah dan herbal yang harum yang digunakan pada kuahnya. Tom yam goong adalah tom yam yang paling populer, dengan bahan dasar udang sungai.

Pad thai, Thailand

Pad thai atau phat tai merupakan hidangan kwetiau goreng yang biasa dijual di pedagang kaki lima di Thailand. Masakan ini dibuat dengan cara merendam kwetiau atau mi beras dalam air, lalu ditumis dengan asam jawa, kecap ikan, ebi, bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan juga gula jawa. Pad thai biasanya disajikan dengan irisan jeruk limau dn irisan kacang tanah goreng. Toge, kucai, duan ketumbar, acar lobak, serta bunga pisang mentah juga dapat ditambahkan pada pad thai.

Som tam, Thailand

Masih dari Thailand, peringkat ke-6 jatuh pada Som tam. Som tam yang merupakan salad pepaya mentah ini adalah salad dengan bumbu agak pedas ayng terbuat dari pepaya mentah yang diiris tipis.

Dim sum, Hongkong

Dim sum yang artinya “makanan kecil “ adalah masakan China yang dihidangkan dalam porsi kecil yang disajikan dalam keranjang kukus kecil atau piring kecil. Dim sum memiliki berbagai macam variasi, beberapa diantaranya adalah, dumpling, roll, bun, kue, daging, seafood, sayuran, nasi, dan juga dessert. Dim sum biasa disantap bersama dengan teh.

Ramen, Jepang

Walaupun terkenal sebagai masakan Jepang, Ramen sebenarnya adalah masakan mi kuah yang berasal dari China. Ramen memiliki cirri khas rebusan mi hasil buatan tangan atau mungkin sekarang juga buatan mesin, diceburkan ke dalam mangkuk yang berisi kuah yang terbuat dari bermacam-macam jenis kaldu. Biasanya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan sebagi topping. Ramen dari tiap daerah di Jepang biasanya memiliki cirri khas tersendiri, sehingga jika Anda sedang berada di Negri Sakura tersebut, Ramen yang Anda rasakan di tiap daerah mungkin akan terasa berbeda.

Bebek peking, China

Bebek peking merupakan masakan tradisional di China yang berasal dari Beijing. Untuk membuat masakan ini, daging bebek yang digunakan khusus diternakkan untuk masakan ini. Bebek diberi makanan bergizi sehingga menjadi gemuk. Kayu bakar yang digunakan pun khusus sehingga akan menambah aroma daging bebek yang telah dibakar.

Massaman curry, Thailand

Kaeng matsaman atau Massaman curry adalah masakan kari dari Thailand yang memiliki cita rasa gurih, kaya, dan lembut. Kari Massaman ini memiliki akar pada hukum pangan Islam, sehingga kari Massaman yang umumnya ditemui menggunakan bahan-bahan yang Halal, walapun beberapa warga non-Muslim mungkin juga menggunakan daing babi sebagai bahannya.

Itulah 10 makanan terenak di dunia versi CNN. Setuju atau tidaknya tergantung pada pribadi masing-masing. Sebenarnya masih banyak lagi makanan enak yang dapat Anda temui. Tidak harus berkeliling dunia untuk mencicipinya, Anda mungkin bisa menemukan rumah makan yang menjual makanan dari luar daerah di daerah Anda, atau Anda juga dapat memasaknya sendiri sesuai dengan seleran Anda. Setelah itu Anda bisa memilih sendiri manakan mana yang menurut Anda dalah makanan terenak di dunia.

Give a Comment