Izin – Izin Operasi Genset yang Wajib Kalian Ketahui

Izin Operasi Genset

Penggunaan genset memang harus ada izin operasi genset. Karena jika tidak ada perizinan operasi genset, maka akan dikenakan sanksi teguran bahkan sampai pembekuan operasional.

Undang-Undang yang mengatur izin operasi genset dimuat dalam pasal berikut:

UU Nomor 30 Tahun 2009:

  • Kapasitas sampai dengan 25 KVA berupa laporan usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan sendiri.
  • Kapasitas 25-200 KVA harus mendapatkan surat keterangan terdaftar dari Dinas ESDM dengan masa berlaku sampai genset tersebut rusak.
  • Kapasitas di atas 200 KVA harus memiliki izin operasi dari Dinas ESDM dengan masa berlaku 5 tahun.

Pendataan dan perizinan generator pembangkit listrik itu sesuai Permen ESDM No 29 Tahun 2012 tentang Kapasitas Pembangkit Listrik untuk Kepentingan sendiri yang dilaksanakan berdasarkan Izin Operasi.

Baca Juga : Tempat Sewa Genset di Beberapa Kota di Pulau Jawa

PP No 14 Tahun 2012 tentang Penyediaan Tenaga Listrik.

UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah, izin operasional generator saat dikeluarkan oleh Dinas ESDM Provinsi.

Masalah Pada Genset

Dalam sebuah kegiatan, pasti ada yang namanya gangguan atau masalah, ini berlaku juga untuk penggunaan genset, ada masalah yang biasanya terjadi saat menggunakan genset.

Genset Saat Dinyalakan Dan Tiba-Tiba Mati

Ini mungkin salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan genset. Untuk masalah seperti ini, cara penanganannya cukup mudah. Biasanya hal ini kerap terjadi dikarenakan adanya air pada tangki bahan bakar genset anda tersebut.

Baca Juga :   Paket Internet Murah Unlimited Tanpa FUP

Yang perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan air yang ada pada anggota tangki bahan bakar dan terhitung pada seluruh anggota saluran bahan bakar yang mengakses langsung dengan bagian mesin genset.

Genset Tidak Bisa Di Starter

Starter dalam genset mungkin saat ini sudah banyak yang menggunakan auto starter, jadi lebih mudah distarter daripada manual starter yang masih harus menggunakan banyak tenaga. Tapi banyak yang menggunakan manual karena harganya yang lebih terjangkau. Biasanya masalah ini sudah pasti terletak pada aki.

Jika masih bagus, isi ulang saja air akinya, namun jika memang aki sudah terlalu buruk kondisinya, sudah sebaiknya diganti dengan yang baru.

Daya Mesin Mulai Menghilang

Terkadang masalah pada genset yang satu ini sangat menjengkelkan. Karena dengan daya yang sesuai spesifikasi asli saat genset baru malah bisa berkurang dayanya, yang biasanya bisa untuk mengangkat listrik pada satu rumah, sekarang tidak bisa.

Hal ini dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan pada bagian pompa, sesudah itu Anda dapat melakukan penyetelan ulang. Jika Anda sudah melakukan penyetelan ulang namun masih kesulitan, maka anda dapat melakukan penggantian dengan plunger pompa yang baru untuk memudahkan Anda.

Gangguan Arus Yang Berlebihan

Kalau masalah yang satu ini, harus secara cepat ditangani, karena bisa membahayakan arus listrik pada bangunan yang dialiri dari genset.

Hal ini seringkali berjalan akibat ada suatu hubungan pada generator yang sangat singkat dan termasuk ada beban yang berlebihan sehingga generator bekerja sangat keras dan membawa dampak gangguan tersebut.

Anda mesti manfaatkan alat tambahan yang sanggup digunakan untuk menjaga generator dan menghambat ada arus yang berlebihan dalam jangka panjang.

Baca Juga :   Area Layanan Pada Sewa Genset

Ketidakseimbangan Beban Yang Ada

Gangguan yang terjadi semacam ini akan menyebabkan ada suatu arus yang membawa alurĀ  negatif akan akan berkumpul pada bagian penghantar yang punya nilai nol.

Jika terjadi masalah ini, amankan dulu genset Anda agar nantinya tidak terjadi kerusakan yang berat dan dapat merugikan Anda tentunya.

Gangguan Tegangan Yang Berlebihan

Tegangan yang berlebihan diakibatkan oleh adanya putaran yang berlebihan juga karena terjadinya proses pelepasan beban yang sangat cepat dan mendadak. Hal ini akan menyebabkan daya kejut pada genset.

Sering-sering melakukan pengecekan pada bagian governor secara rutin, guna mencegah terjadinya kondisi seperti ini.

Karena Gangguan Isolasi

Jika genset mengalami kegagalan pada sementara isolasi, maka hal yang ditimbulkan seperti gangguan-gangguan dikarenakan jalinan yang terlampau singkat (yang tersedia di dalam kumparan, antar kumparan, dan terhitung pada kumparan bersama dengan inti besi) akan sangat mungkin terjadi.

Sering lakukan pemanasan genset meskipun tidak dipakai setidaknya seminggu sekali dan lakukan treatment berkala supaya gangguan sanggup dideteksi sejak dini.

Leave a Comment