Cara Pasang Wifi dirumah Tanpa Kabel dan Telepon Rumah

Sekarang ini, sudah tidak diragukan lagi kalau yang namanya internet bisa dikatakan adalah kebutuhan primer bagi banyak orang untuk Cara Pasang Wifi dirumah. Dan, sekarang ini mungkin Anda tahu kalau sekarang yang namanya memasang internet di rumah merupakan hal yang sangat lumrah, apalagi disaat pandemic seperti ini yang memaksa para pekerja untuk WFH dan para pelajar untuk belajar online.

Dengan menggunakan paket data, tentunya akan semakin boros untuk pengeluaran internet jika hanya dipakai untuk bekerja atau belajar di rumah. Bayangkan saja, jika dalam rumah ada 5 anggota keluarga, katakanlah 4 orang yang aktif menggunakan internet selama seharian untuk digunakan bekerja atau belajar, per-orang harus mengeluarkan 100 ribu, kira-kira per-rumah bisa mengeluarkan sekitar 450 ribu, itu pun bisa lebih.

Maka dari itu, Cara Pasang Wifi dirumah adalah pilihan yang sangat tepat. Namun, banyak orang yang mengira untuk memasang wifi rumah, harus berlangganan telepon rumah, sedangkan sekarang ini telepon rumah sudah sangat jarang yang menggunakannya.

Tenang saja, sekarang ini Anda bisa memasang wifi rumah tanpa kabel dan bisa pasang wifi dirumah tanpa telepon rumah. Memangnya bisa? Tentu saja bisa. Berikut ini adalah bagaimana cara menggunakan wifi rumah tanpa kabel dan tentunya dengan wifi rumah unlimited tanpa kabel.

Gunakan Modem Wifi (MiFi) di Rumah

Cara pertama untuk menggunakan wifi rumah tanpa kabel adalah menggunakan modem wifi atau MiFi dirumah. Memang, dengan menggunakan MiFi ini akan menjadi sangat mudah, namun ada yang menjadi masalah untuk MiFi, adalah jangkauan sinyalnya yang tidak sebagus router.

Oke, sekarang adalah cara-cara bagaimana cara menggunakan wifi rumah tanpa kabel dengan menggunakan MiFi.

  • Cari Posisi Paling Pas Untuk Menaruh Modem Wifi

Cara pertama untuk menggunakan modem Wifi di tempat tinggal adalah mencari posisi paling pas. Untuk apa? Tentunya untuk menyimpan modem Wifi milik Anda. Modem Wifi ini sekarang memang telah canggih. Sebenarnya Anda tidak mesti kembali punya router Wifi untuk menyambungkan access point ke beberapa ruangan di rumah. Alasan utamanya adalah modem Wifi sekarang telah punya tanda kuat untuk bisa menggapai perangkat kamu.

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan MiFi yang terbaru untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

  • Lakukan Instalasi Modem Wifi

Jika sudah menemukan posisi paling pas, saatnya melaksanakan instalasi modem Wifi. Untuk proses instalasi terbilang cukup mudah. Anda tinggal mengikuti semua panduan yang sudah diberikan. Dengan begitu, modem Wifi yang kamu miliki bisa segera dipakai.

  • Menyalakan Modem Wifi

Selanjutnya Anda sudah bisa menyalakan modem Wifi. Biasanya di modem Wifi terdapat lebih dari satu lampu. Kalau lampu yang terlihat berwarna hijau, sudah bisa dipastikan modem tersebut bekerja dengan baik dan telah mampu Anda sambungkan ke perangkat Anda. 

Namun sebaliknya, kalau ternyata terlihat lampu menyala berwarna merah, itu artinya masih ada masalah di modem tersebut. Cek lagi sistem instalasi yang sudah dilewati. Apakah ada yang keliru atau tidak. Kalau perlu, kamu mampu mengulang sistem instalasi dari awal lagi.

  • Sambungkan ke Perangkat

Kalau lampu di modem Wifi sudah berwarna hijau, Anda dapat menyambungkannya ke perangkat layaknya laptop dan smartphone. Selain itu jangan lupa cek jangkauan sinyal modem tersebut. Apakah bisa mencapai sebagian titik di rumah atau tidak. Jika memang tidak dapat tercapai sebagian titik, kamu dapat memindah posisi modem Wifi tersebut atau bisa menggunakan router.

  • Tes Kecepatan Wifi

Cara terakhir yang harus Anda lakukan untuk gunakan menggunakan Wifi rumah tanpa kabel menggunakan MiFi adalah tes kecepatan Wifi. Ada beberapa aplikasi atau website yang sanggup melaksanakan hal ini. Anda bisa langsung melakukan tes agar sadar apakah kecepatan yang sudah dijanjikan sebelumnya sesuai atau tidak.   

Pasang Wifi dirumah dan Menggunakan Hotspot di HP

Mungkin cara yang satu ini memang terdengar klasik, tapi untuk keluarga yang mungkin dalam satu rumah hanya ada 3 orang saja, mungkin pilihan jika ingin menggunakan Wifi rumah tanpa kabel adalah yang sangat efisien.

Di satu HP, tinggal hanya membeli paketan internet yang unlimited untuk satu bulan. Namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan FUP-nya. Sebaiknya menggunakan paket internet yang agak mahal agar supaya device yang terkoneksi yang lain bisa berjalan dengan lancar. Inilah cara yang sangat mudah untuk mendapatkan wifi rumah unlimited tanpa kabel.

Pasang Wifi dirumah dan Gunakan WiFi dengan Router USB

Cara yang satu ini adalah salah satu menggunakan Wifi rumah tanpa kabel yang sangat dianjurkan karena menggunakan router yang sudah jelas bisa mendapatkan jangkauan sinyal internet yang lebih luas dan juga dengan kecepatan yang lebih stabil.

Untuk device yang sangat dianjurkan, mungkin menggunakan merk TP-Link dengan serial MR3420. Alasannya adalah karena terbilang cukup mudah untuk instalasinya dan juga ada fitur bandwidth control sehingga administrator bisa mengalokasikan untuk setiap device yang terhubung ke koneksi internet.

Gunakan WiFi di Rumah dengan Tower Internet

Ini adalah cara yang sangat tepat untuk Anda yang ingin menggunakan wifi rumah tanpa kabel, namun rumah Anda tidak terjangkau oleh berbagai ISP seperti Indihome, Biznet, dan juga MNC. Menggunakan Wifi rumah unlimited dengan menggunakan tower adalah salah satu cara yang sangat bisa Anda lakukan jika ingin internet yang sangat cepat kecepatannya.

Jika Anda masih bingung mencari ISP yang dianjurkan, Anda bisa mencoba tower internet yang disediakan oleh Internet Service Provider layaknya CitraNet. Ini mampu dilakukan di daerahmu ada tower internet atau tower triangle.

Tower ini merupakan menara yang digunakan untuk memasang antena atau alat pemancar apapun. Sehingga anda mampu meraih gelombang telekomunikasi layaknya internet. 

Sayangnya, biaya pakai WiFi satu ini cenderung lebih mahal ketimbang IndiHome atau penyedia internet yang umumnya lain.

Leave a Comment