Polda Jateng jamin lalin Solo tetap lancar saat resepsi Kaesang-Erina

Polda Jateng jamin lalin Solo tetap lancar saat resepsi Kaesang-Erina

selerabangsa.com – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menjamin lalu lintas di Kota Solo tetap lancar karena telah disiapkan rekayasa arus dan tim urai pada rangkaian acara resepsi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, pada 11 Desember mendatang.

“Kami menjamin pada seluruh rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina, kelancaran arus di kota Surakarta tetap terjaga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, usai mendampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dalam rapat Anev pengamanan, di Mapolresta Surakarta, Sabtu.

Menurut Iqbal, pihaknya untuk hal tersebut telah menyiapkan sejumlah tim urai lalu lintas di lima Polsek yang ada di Polres Kota Surakarta.

Tim urai tersebut , kata Iqbal, akan terhubung dengan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta yang akan menginformasikan titik-titik kemacetan yang membutuhkan pengaturan lalu lintas.

“Tim ini akan memantau perkembangan informasi dan siap membantu mengarahkan pengguna jalan bila terjadi crowded sehingga tidak menimbulkan kemacetan serius di jalan raya,” kata Iqbal.

Pihak kepolisian pada saat rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina nanti, akan menerapkan rekayasa lalu lintas terutama pada pelaksanaan kirab yang akan mengambil start di Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Pura Mangkunegaran.

“Rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada momen kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Adapun rute kirab diawali mulai depan Loji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu Simpang tiga Sriwedari, Simpang tiga Pengadilan Negeri, simpang empat Hotel Novotel dan seterusnya hingga nanti finis di Gapura Mangkunegaran,” katanya.

“Kami prediksi ribuan warga akan memenuhi jalan untuk menyaksikan kirab pasangan pengantin Kaesang-Erina. Seluruh warga masyarakat diimbau kerja sama dan partisipasinya agar rangkaian kegiatan berjalan lancar,” katanya.

“Polda Jateng sudah menyiapkan personil dan strategi pengamanan. Namun, untuk kesuksesan seluruh rangkaian acara, kami mohon doa restu, kerja sama serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat,” tegasnya

Dia mengatakan, personel yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan berasal dari seluruh satuan kepolisian di Jawa Tengah. Sebanyak 2.188 personel itu akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab serta Pura Mangkunegaran.