Ubah Setting Bandwidth Wifi dan Solusi Wifi Lemot

Internet menjadi sebuah teknologi yang banyak digunakan banyak orang setiap harinya dan penyebab wifi lemot itu terjadi karena harus dilakukan Setting Bandwidth. Mulai dari sekedar hanya untuk melihat social media hingga digunakan untuk mengunduh file. Tak jarang ada saja yang mengeluh bahwa koneksi internetnya lambat.

Tentu hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda, apalagi jika Anda sedang melaksanakan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Dengan internet yang memiliki akses yang lama maka akan membuat pekerjaan Anda menjadi semakin lama selesainya. Adapun beberapa solusi yang dapat membuat koneksi internet Anda menjadi lebih cepat.

Dengan mengubah pengaturan bandwidth wifi Anda adalah salah satu solusinya namun sebelum kesitu kita harus mengetahui apa saja penyebab wifi Anda menjadi lemot.

Penyebab Wifi Lemot Dengan Cara Setting Bandwidth

Untuk mempercepat koneksi wifi kita perlu melihat kendala apa saja yang dialami oleh komputer atau perangkat yang Anda miliki.

Anda bisa melakukan beberapa pemeriksaan dan solusi sederhana terhadap koneksi internet pada komputer atau perangkat Anda yang lemot seperti dibawah ini.

Penyebab Wifi Lemot Di Laptop

Lakukan Network Reset & Flushing DNS

Flush DNS berfungsi untuk mereset cache DNS client komputer agar dapat menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada suatu domain, name server, DNS dengan data yang baru.

Caranya :

  • Buka Command Prompt dengan klik kanan, dan pilih Run As Administrator.
  • Ketik ipconfig /flushdnslalu tekan Enter pada keyboard.
  • Jika sudah selesai, ketik ipconfig /renewlalu Enter.
  • Selesai, kemudian cobalah mengakses internet.

Pilih Tempat dengan Sinyal WiFi Kuat

Penyebab wifi lemot pada komputer biasanya terletak pada area router wifi yang jauh dari Anda menggunakannya atau juga terhalang dinding atau yang lainnya. Dan juga jauhkan penggunaan wifi dari berbagai perangkat yang memancarkan sinyal seperti bluetooth.

Ubah Pengaturan QoS

Bagi pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 8 keatas, biasanya Windows mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows Update, dan 80% bandwidth yang tersedia untuk internet Anda.

Untuk mengatur QoS ini agar bisa 100% adalah sebagai berikut :

  • Klik Start > Run > ketik gpedit.msc (tanpa tanda kutip).
  • Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
  • Klik Network > QoS Packet Scheduler.
  • Klik dua kali Limit Reservable Bandwidth.
  • Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  • Klik Apply.
  • Restart

Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara meningkatkan koneksi Wifi lainnya adalah dengan cara mengatur IRPStackSize lebih tinggi. Apabila Anda meningkatkan nilai tersebut maka kita bisa mendapatkan kecepatan internet yang lebih optimal.

Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, sedangkan maksimal bisa dinaikan hingga 50.

Caranya :

  • Klik Start > Run > ketik “regedit” untuk membuka Registry Editor.
  • Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Di folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.
  • Jika file tersebut tidak ditemukan, buat file DWORD baru dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.
  • Klik OK, dan tutup Registry Editor.
  • Restart

Penyebab Wifi Lemot Di HP

Selain perangkat komputer, smartphone atau ponsel pintar juga bisa menggunakan koneksi wifi untuk menggunakan layanan internet.

Seperti halnya komputer, ponsel juga bisa juga mengalami kendala internet lemot. Solusi internet lemot juga tidak jauh dengan komputer namun ada beberapa hal yang mungkin tidak Anda ketahui. Berikut adalah penjelasan tentang penyebab internet lemot di HP sekaligus solusinya:

Menggunakan Aplikasi Speed Up Internet

Anda bisa menginstal aplikasi bernama Speed Up Internet yang memiliki kemampuan untuk bisa menaikan kecepatan internet mencapai 50%.

Hapus atau Disable Aplikasi dan Widget Tak Terpakai

Selain menginstal aplikasi Anda bisa melakukan hapus atau disable aplikasi dan widget yang sudah tidak terpakai untuk mempercepat koneksi internet.

Karena aplikasi dan widget yang tidak terpakai tetap berjalan di belakang layar dan menggunakan koneksi internet Anda.

Pastikan Matikan Tethering atau Hotspot

Periksa fitur tethering atau hotspot pada ponsel Anda karena jika masih menyala dan tersambung ke beberapa device maka bisa memakan internet Anda yang tak heran menjadi lemot.

Hal ini bisa menurunkan kecepatan internet menjadi drastis. Walaupun hal ini terlihat sepele namun masih saja sering ada orang yang lupa mematikannya.

Reset Pengaturan Jaringan

Apabila ponsel Android Anda mengalami gangguan untuk tersambung ke jaringan wifi maka ada kemungkinan terjadi masalah dengan pengaturan jaringan Anda.

Cara untuk melakukan reset pengaturan jaringan ini adalah dengan masuk ke menu system atau general management tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan.

Lalu pilih reset atau reset options kemudian pilih reset Network settings.

Solusi Wifi Lemot Dengan Cara Setting Bandwidth

Selain dari sisi perangkat yang menggunakan sinyal wifi, kini kita akan lebih berfokus dalam perangkat yang memancarkan sinyal wifi antara lain adalah router. Mari kita simak penjelasan berikut ini :

Setting Bandwidth

Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan sinyal dalam mentransmisikan data. Berikut ini cara mengatur bandwidth komputer Anda :

  • Buka RUN dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan kemudian muncul jendela RUN.

cmd

  • Pada open Run, ketik gpedit.msc pada kolom lalu klik OK.

Setting Bandwidth terbaru

  • Pada jendela yang baru terbuka Anda langsung Double klik pada bagian Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed

Setting Bandwidth router

  • Setelah klik QoS Packet > Limit Reservable Bandwidth > Previous Setting

Setting Bandwidth mikrotik

  • Pilih menu enable > pada Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (awalnya 20), kemudian klik OK

Solusi Wifi Lemot

  • Jika sudah maka restart komputer Anda, kemudian Anda langsung coba koneksinya.

Gunakan Wifi Switcher

Wifi switcher merupakan sebuah aplikasi gratis yang bisa Anda unduh di Google Play Store. Aplikasi ini cukup memiliki rating yang bagus dan juga developer yang cukup dikenal. Setelah mengunduh dan menginstalnya maka klik izinkan untuk mengizinkan akses koneksi internet.

Cek Posisi Antena Router

Yang ketiga adalah letak dari posisi antena router yang bisa mempengaruhi sinyal wifi Anda. Posisi antena router yang baik adalah dalam keadaan berdiri sejajar. Karena pada posisi ini router bisa lebih optimal dalam memancarkan sinyal internet ke semua perangkat yang terhubung.

Pilih Provider Yang Terkenal

Cara terakhir untuk mengatasi internet Anda yang lemot adalah memilih layanan internet dari provider yang terpercaya.

Disarankan Anda memilih provider dengan track record yang bagus menawarkan layanan yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Provider terpercaya ini biasanya memiliki koneksi internet yang stabil, kencang, dan juga jarang sekali mengalami gangguan.

Seperti FiberStream yang merupakan provider internet broadband yang menawarkan berbagai paket internet berkecepatan tinggi dengan harga yang terjangkau.

FiberStream menggunakan jaringan serat optik generasi terbaru sehingga memberikan Anda kecepatan internet yang stabil tanpa takut gangguan.

Layanan internet FiberStream menjangkau banyak pelanggan di beberapa kota besar di Indonesia, dan memberikan kemudahan dalam akses media berkualitas tinggi baik untuk mengakses sosial media, streaming berkualitas tinggi, akses kuota tak terbatas, dan saluran streaming TV IP.

Kesimpulan

Dari bahasan tentang bandwidth internet dan internet yang lemot diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa internet ini memang sangat penting bagi kehidupan kita dan tidak ingin mengalami gangguan walaupun hanya sedikit.

Maka dari itu Anda jangan tanggung-tanggung untuk memilih provider internet yang memang memiliki layanan berkualitas dan stabil. Karena dengan memilih provider yang berkualitas Anda akan jarang sekali menemukan gangguan internet yang dapat mengganggu produktivitas Anda.

Jangan ragu berlangganan FiberStream sekarang juga dan nikmati kelancaran berinternet ria bersama keluarga dengan nyaman.

Leave a Comment