Telur Ayam, Sumber Nutrisi Serbaguna Yang Mudah Didapat

Telur merupakan salah satu bahan pangan hewani yang populer dikonsumsi di seluruh dunia selain daging, ikan dan susu. Telur yang paling populer untuk dikonsumsi mungkin adalah telur ayam. Telur ayam menjadi populer untuk bahan makanan karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan daging, mudah didapatkan, sangat mudah diolah, dan juga dapat diolah menjadi banyak sekali jenis masakan. Banyak sekali cara agar telur ayam dapat dinikmati kelezatan dan nutrisinya. Telur ayam dapat dimasak secara langsung seperti digoreng dan direbus. Telur ayam juga dapat dijadikan campuran penting untuk masakan lain seperti roti, kue, dan sebagai perekat alami untuk makanan. Beberapa orang juga mengkonsumsi telur secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Kandungan Nutrisi Pada Telur Ayam

 

Selain berbagai manfaat yang sudah kami sebutkan tadi, telur ayam ternyata meiliki kandungan nutrisi yang bermacam-macam. Banyak dari kita yang mungkin menganggap telur ayam hanya sekedar sebagai sumber protein, namun ternyata telur ayam mengandung nutrisi lain yang baik bagi tubuh seperti :

Vitamin B2

Vitamin B2 yang juha dikenal sebagai Riboflavin ternyata terkandung dalam telur ayam. Vitamin B2 memiliki banyak manfaat bagi tubuh di antanyara adalah :

  • Menunjang pertumbuhan
  • Perkembangan sel darah merah
  • Manjaga kesehatan fungsi sistem saraf
  • Antioksidan

Vitamin B2 tidak dapat disimpan oleh tubuh manusia, oleh karena itu sebaiknya kita selalu mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung Vitamin B2, salah satunya adalah telur ayam. Mengkonsumsi 2 butir telur ayam dapat mencukupi 24 persen kebutuhan vitamin B2 harian.

Vitamin D

Beberapa manfaat Vitamin D bagi tubuh antara lain adalah :

  • Berperan penting dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor sehingga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Memelihara fungsi otot
  • Memelihara sistem kekebalan tubuh

Kuning telur ayam merupakan salah satu sumber Vitamin D yang mudah didapat, dengan mengkonsumsi 2 butir telur ayam sudah mencukupi 82 persen kebutuhan Vitamin D yang dianjurkan.

Vitamin E

Sifat Antioksidan dari Vitamin E dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi Vitamin E juga dapat menurunkan tingkat penyakit jantung, mencegah kanker, dan mengurangi efek penuaan dalam hal gangguan mata dan penuruan kognitif. 2 butir telur dapat mencukupi 20 persen kebutuhan vitamin E harian.

Vitamin B5

Vitamin B5 atau Asam Pantotenat berperan untuk mengubah makanan menjadi energy dan juga memecah lemak. Vitamin B5 juga membantuk dalam produksi virtamin D. Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kelelahan dank ram otot. 2 butir telur dapat mencukupi 22 persen kebutuhan vitamin B5 harian

Vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, berkurangnya nafsu makan, pusing, dan berbagai masalah lain. 2 butir telur ayam dapat memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin B12 harian

Vitamin A

Selain dikenal untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam menjadag kesehatan kulit dan daya tahan tubuh. 2 butir telur setiap hari dapat memenuhi 14 persen kebutuhan Vitamin A

Zat Besi

Merupakan mineral penting bagi tubuh, zat besi berperan dalam menghasilkan hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kekurangan hemoglobin sehingga tubuh tidak menerima cukup pasokan oksigen. 14 persen kebutuahn zat besi harian dapat dipenuhi oleh 2 butir telur ayam.

Fosfor

Fosfor memiliki peran penting dalam perkembangan dan pemeliharaan tulang, gigi, dan juga membran sel. Fosfor juga berperan dalam metabolism energy dan pertumbuhan otot. 2 butir telur ayam dapat memenuhi 21 persen kebutuhan fosfor harian.

Folat

Bagi wanita yang sedang mengandung, folat merupakan nutrisi yang sangat penting karena dapat membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru sehingga dapat melindungi bayi dari cacat lahir dan juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. 2 butir telur dapat mencukupi 49 persen dari kebutuhan folat harian (untuk wanita hamil mungkin memerlukan lebih banyak).

Yodium

Yodium merupakan mineral yang penting untuk kelenjar tiroid. Yodium diperlukan untuk menghasilkan hormon yang bekerja untuk mengatur laju metabolisme tubuh. Yodium juga berguna untuk perkembangan otak dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan Yodium dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid atau yang lebih kita kenal dengan penyakit gondok. 2 butir telur ayam dapat memenuhi 29 persen kebutuhan yodium yang dianjurkan.

Selenium

Selenium penting dibutuhkan untuk tubuh, walaupun tidak diperlukan sebanyak dengan vitamin dan mineral lainnya. Selenium berfungsi untuk menjadi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh. Selenium juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi kelenjar tiroid, dan memelihara kuku dan rambut. 2 butir telur ayam dapat mencukupi 41 persen kebutuhan selenium yang diperlukan tubuh tiap harinya.

Olahan Telur Ayam Yang Mudah Dimasak

 

Tidak hanya merupakan sumber nutrisi, telur ayam juga merupakan bahan makanan yang serbaguna. Banyak sekali makanan yang dapat diolah dengan menggunakan telur ayam. Tidak hanya di Indonesia, telur ayam juga dikonsumsi oleh orang-orang di sleuruh dunia karena mudah didapat, kelezatan, nutrisi, dan pengolahannya yang mudah dan beragam. Apabila Anda ingin mengkonsumi telur, berikut adalah beberapa masakan telur ayam yang mudah dimasak.

  1. Telur Ceplok

 

Telur Ceplok atau mungkin yang Anda kenal sebagai Telur Mata Sapi bisa dibilang merupakan olahan telur ayam yang paling sederhana dan mudah dibuat. Untuk memasaknya hanya diperlukan telur ceplok, minyak, dan sedikit garam, sehingga menu ini dapat menjadi pilihan jika Anda sedang malas atau tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

  1. Telur Dadar

 

Telur dadar atau omelet merupakan telur ayam yang dimasak dengan cara dikocok terlebih dahulu sehingga kuning dan putih telurnya tercampur kemudian digoreng. Telur Dadar dapat digoreng menggunakan mentega jika Anda tidak ingin menggunakan minyak goreng.

  1. Scrambled Egg

 

Scrambled Egg atau Telur orak arik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan telur dadar, akan tetapi telur orak arik, seperti namanya, diaduk saat dimasak sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Berbagai pelengkap seperti merica dan potongan sayur juga dapat ditambahkan dalam memasak telur orak arik.

  1. Telur Rebus

 

Seperti namanya, telur rebus merupakan telur yang direbus. Biasanya untuk memasak telur rebus, telur direbus bersama dengan kulitnya walaupun ada juga versi telur rebus yang dimasak setelah dipecahkan dari kulitnya yang dikenal sebagai poached egg.

Itulah beberapa olahan telur ayam yang sangat mudah sekali untuk dibuat. Telur memanglah bahan makanan yang sangat hebat mudah didapat, mudah diolah, tetapi mengandung banyak nutrisi. Apabila Anda menginginkan makanan yang mudah didapat dan mengandung banyak nutrisi tidak ada salahnya untuk Anda mengkonsumi telur ayam.

Leave a Comment