Uji Ketangguhan Honda BR-V Libas Lintas Timur Sumatera Menuju Jambi

Uji Ketangguhan Honda BR-V Libas Lintas Timur Sumatera Menuju Jambi

selerabangsa.com – Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 kembali lanjutkan perjalanan dari Palembang menuju Jambi pada Senin (21/11/2022). Berbeda dari rute sebelumnya, tim akan lewat jalan non tol, tepatnya Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera.

Perlu diketahui, jarak dari Jambi ke Palembang kalau melihat pada aplikasi navigasi adalah sejauh 270 Km dan estimasi waktunya sekitar tujuh jam perjalanan. Namun tentu itu cuma perkiraan, karena kondisi di jalanan tidak bisa diduga, bisa ada kendala atau hal lain.

Tim berangkat sekitar pukul 08.00 WIB, langsung masuk ke Jalan Lintas Sumatera. Bentuk jalannya tergolong sempit dan cuma diisi dua jalur, selain itu kondisinya penuh dengan jalan berkelok dan diisi dengan truk yang berjalan lambat.

Ketika masuk di Jalintim, di sini keandalan Honda BR-V akan kami uji. Tentu mesin 1.500 cc yang menghasilkan 119,3 TK di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm sangat bisa diandalkan.

Tenaga dan torsi yang dialirkan ke roda depan dengan transmisi CVT ini bisa dirasakan dengan mulus dan responsif. Ketika jalanan kosong, BR-V punya akselerasi yang baik, apalagi buat menyalip truk yang berjalan lambat.

Lalu ketika bertemu kemacetan, BR-V ini enak diajak stop & go karena penyaluran tenaganya yang mulus, tidak terasa entakan yang berarti. Jadi perjalanan di kemacetan pun tetap terasa nyaman.

Kondisi Jalintim secara mayoritas memang diisi dengan jalanan yang mulus, cuma banyak juga titik yang penuh dengan jalan berlubang. Jadi ketika sedang berakselerasi, kadang harus mengerem dengan keras karena ada jalanan yang rusak dan melaluinya dengan aman.

Secara bantingan suspensi, BR-V bisa dikatakan cukup nyaman. Selama perjalanan non tol yang berkelok dan penuh lubang, tim yang berada di BR-V tidak merasa mual karena gejala limbung yang terbilang minim.

Selain itu, BR-V juga punya ground clearance yang tinggi, tepatnya 220 mm. Selama melewati jalanan yang berlubang, kami tidak mengalami kendala sama sekali, tidak gasruk.

Tim pun sampai di Jambi sekitar pukul 20.00 WIB, artinya menempuh 12 jam perjalanan. Memang cukup jauh dari estimasi, tetapi kami juga lakukan istirahat untuk makan siang dan berhenti untuk keperluan shooting.

Menurut data MID, BR-V yang kami kemudikan menempuh jarak 287 Km dan konsumsi bahan bakarnya ada di 13,5 kilometer per liter. Jadi satu liter BBM dengan RON 92 bisa menempuh Jalintim sejauh 13,5 Km.

Bisa dibilang hasil tersebut cukup baik, mengingat kami banyak melakukan akselerasi yang cukup mendadak untuk menyalip truk. Selain itu, kami juga sering mengerem dengan keras agar menghindari lubang, jadi hasilnya sudah baik.

Tim akan beristirahat semalam dan kembali lanjutkan perjalanan ke Pekanbaru lewat Jalintim. Jarak yang ditempuh akan lebih jauh, namun kabarnya kondisi jalan jauh lebih baik.

Penasaran seperti apa kelanjutan dari perjalanan kami, tunggu terus artikel kami yang bisa dibaca lewat liputan khusus Merapah Trans-Sumatera 2022.

Leave a Comment