Tips Membuat Umpan Ikan Bawal Yang Jitu dan Mudah

Umpan Ikan Bawal

Umpan Ikan Bawal – Ikan bawal, merupakan salah satu jenis ikan yang memang terkenal sangat rakus. Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memang sangat digemari banyak orang. Biasanya ada yang mengkonsumsinya atau juga bisa jadi sebagai ikan hias pada kolam maupun pada aquarium karena memiliki warna dan bentuk yang persis seperti ikan piranha. Padahal, faktanya tidak.

Ikan bawal merupakan ikan yang memakan segalanya, bahkan yang sudah mati pun ikan bawal sangat suka. Itulah mengapa ikan bawal dikatakan ikan yang sangat rakus dan termasuk ikan predator persis seperti ikan GT. Berkoloni, memakan apa saja, membuat ikan bawal sangat mudah untuk dipancing atau dijala. Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu.

Pada ikan bawal kolam galatama, jenis umpan bisa jadi berbeda. Bahkan pada lokasi satu dengan yang lainnya, umpan pada jenis ikan ini bisa berbeda-beda. Tergantung habitat mereka suka makan apa dan terbiasa mendapatkan umpan apa. Jadi, ada 2 jenis tipe umpan jitu ikan bawal yang bisa kamu terapkan. Berikut sudah dirangkum dengan jelas dan padat.

Umpan Alami Ikan Bawal Liar

Oke, yang pertama untuk membuat umpan jitu ikan bawal terbaru dan juga ampuh ini memang cukup mudah. Ya, sudah jelas kalau memancing ikan bawal liar malah lebih mudah daripada memancingnya di empang atau kolam. Berikut ini adalah beberapa umpan mancing ikan bawal besar:

Umpan jitu ikan bawal air tawar: Cacing

umpan ikan bawal

Cacing merupakan umpan yang jitu pada ikan bawal air tawar yang sangat mantap. Dengan ini merupakan salah satu umpan yang paling umum untuk memancing ikan air tawar. Pada dasarnya memang seperti itu. Ikan bawal juga suka dengan cacing tanah. 

Saat memakai cacing tanah sebagai umpan, usahakan untuk tidak memotongnya. Kaitkan terhadap kail dan biarkan lebih dari satu tubuh lainnya menggantung untuk menarik perhatian ikan mas.

Cacing juga bagus untuk ikan bawal siang hari atau malam hari yang dijamin jitu, sebab miliki aroma yang lumayan kuat untuk merangsang ikan. 

Jangkrik

Tips Membuat Umpan Ikan Bawal Yang Jitu dan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan pertama tadi, ikan bawal adalah salah satu jenis ikan yang sangat rakus. Jangkrik pun dilahapnya kalau dijadikan umpan. Selain memang umpan jangkrik adalah umpan yang ampuh, jenis umpan ini juga mengeluarkan aroma yang kuat untuk memancing ikan.

Tipsnya adalah jangan buang sayap dari jangkrik, lalu bakar sebentar dengan korek api jangkriknya agar aromanya keluar.

Ulat

Tips Membuat Umpan Ikan Bawal Yang Jitu dan Mudah

Umpan ini memang terkadang sangat digemari bagi para pemancing yang tempat tinggalnya dekat dengan pasar burung. Ya, ulat memang biasa dijual di berbagai pasar hewan terutama pasar unggas untuk pakan burung. 

Caranya sama seperti memancing dengan umpan cacing. Jangan potong ulat, dan biarkan ukurannya melebihi kail.

Resep Umpan Ikan Bawal Galatama Jaminan Babon!

 

Tips Membuat Umpan Ikan Bawal Yang Jitu dan Mudah

Kalau memancing ikan bawal di kolam, sudah pasti sangat sulit. Ini memang dialami oleh banyak pemancing yang memancing ikan bawal di kolam. Ini karena ikan bawal sudah terbiasa dengan umpan banyak pemancing yang diberikan ke kolam. 

Namun jangan khawatir, ini lah umpan ikan kolam air tawar yang sangat ampun dan dijamin babon!

Umpan ikan bawal kolam: Ikan Kukus

Tips Membuat Umpan Ikan Bawal Yang Jitu dan Mudah

Terdengar aneh? Namun bisa dicoba kok untuk umpan ikan harian yang dijamin jitu. Bisa untuk mancing ikan bawal di empang pada musim hujan juga karena baunya yang sangat khas dan menyengat bisa memancing ikan bawal untuk mendekat.

Bahan

  • Ikan 1Kg
  • Daun Salam / Pandan
  • 1 batang daun sereh

Cara Membuat

  • Bersihkan sisik pada ikan
  • Kukus Ikan manfaatkan daun pandan selama 20 menit
  • Setelah 20 menit, membuang bagian kulit dan tulang ikan.
  • Cara Menggunakan Resep Sisir Ikan Untuk Umpan
  • Gunakan mata kail no 4 atau 6
  • Tancapkan kail bersama dengan umpan yang dibikin tadi bersama dengan cara disisir bukan dipadatkan seperti pelet.

Cara Memancing

  • Kamu bisa manfaatkan trik lempar dan sentak-sentak untuk melewatkan umpan berasal dari kail, sesudah itu pasang umpan ulang mengulangi hingga 3 atau 4 kali. Hal tersebut adalah trik untuk menyatukan ikan pada satu titik lemparan pancing kamu.
  • Lempar ulang pancing yang sudah diberi umpan tadi, tunggulan lebih dari satu saat hingga umpan disambar bersama dengan tarikan menakjubkan berasal dari ikan bawal.

Catatan : Pada resep diatas, kamu bisa memanfaatkan ikan mas, betok atau gabus. Resep diatas mampu digunakan sebagai umpan bawal harian pada siang atau malam hari.

Umpan ini tergolong bobotnya amat ringan, untuk meminimalisir pemanfaatan pemberat yang amat besar yang mampu menakuti ikan, sebaiknya kamu manfaatkan senar pancing kecil dan kuat agar lemparan mampu jauh dan kuat menghambat beban dan tenaga tarikan ikan bawal.

Nasi dan Essen Tengiri

Tips Membuat Umpan Ikan Bawal Yang Jitu dan Mudah

Kalau yang satu ini memang tergolong agak ribet cara membuatnya. Tapi gak ada salahnya buat kamu coba. Karena terbukti ampuh untuk umpan galatama babon.

Bahan

  • Plastik 1/5 kg
  • Nasi hangat
  • Essen Tenggiri

Cara Membuat

  • Masukkan nasi hangat dalam plastik
  • Haluskan nasi hangat dalam plastik manfaatkan tangan
  • Teteskan essen tenggiri sekurang-kurangnya 3 dan maksimal 5 tetes.
  • Aduk hingga rata bersama dengan cara haluskan seperti pada point no 2.

Cara Memancing

  • Gunakan kail no 4 hingga 6, benamkan kail dalam plastik umpan yang sudah dibikin hingga tidak terlihat sesudah itu angkat dan padatkan seukuran jempol tangan. 

Mudah sekali bukan untuk membuat umpan jitu ikan bawal? Yuk, langsung berangkat mencari umpan atau membuat umpannya dan praktekkan sendiri. Dijamin dapat ikan bawal ukuran besar!

Give a Comment